Smartfren dan ZTE Hadirkan Teknologi Massive MIMO, Persiapan Menuju 5G

Smartfren bekerjasama dengan ZTE tengah melakukan uji coba untuk teknologi terbaru mereka, Massive MIMO Base Stations dan Multi-Antenna Space Division Multiple Access (SDMA). Menurut Smartfren, langkah ini merupakan persiapan menuju era 5G.

Coverage area yang lebih baik

svg%3E

Disebut sebagai pre-5G Project, Massive MIMO mampu meningkatkan efisiensi spektrum nirkabel, memperluas cakupan jaringan dan kapasitas sistem, serta memaksimalkan penggunaan lokasi serta spektrum.

Keuntungan yang akan dirasakan oleh pelanggan salah satunya adalah coverage area yang lebih baik. Contohnya adalah di sebuah gedung tinggi yang terkadang ada lokasi dengan sinyal yang baik, tetapi ada pula bagian gedung lainnya yang tidak terjangkau sinyal dengan baik.

“Gedung tinggi biasanya menjadi tantangan. Dengan solusi ini (Massive MIMO) memungkinkan untuk meng-cover bangunan seluruhnya,” ujar Christian Daigneault, Chief Technology Officer Smartfren, dalam acara uji coba bersama media di Tangerang, Senin (16/1).

Berbeda dengan teknologi 4×4 MIMO, Massive MIMO terdiri dari 64 antena yang jangkauannya mampu mencapai 5 km. Untuk pengaplikasian di gedung tinggi, teknologi ini mampu meng-cover bangunan hingga 30 lantai.

svg%3E

Jaringan 4G LTE Advanced Smartfren yang lebih optimal

svg%3E

Menurut Christian, teknologi yang mereka hadirkan bersama dengan ZTE mampu mengoptimalkan jaringan 4G LTE Advanced Smartfren. Ketika teknologi ini diterapkan, para pelanggan akan memperoleh kestabilan jaringan yang lebih baik.

Jika diibaratkan dengan jalan tol, yang sebelumnya hanya dua jalur kini menjadi delapan jalur. Artinya, penumpukan trafik bisa dihindari karena masing-masing pelanggan akan memiliki jalurnya sendiri. Ini juga akan membuat konsumsi baterai pada smartphone pelanggan menjadi lebih irit.

Keuntungan lainnya dari Massive MIMO dibandingkan dengan 4×4 MIMO adalah pelanggan tidak perlu mengganti smartphone-nya. Untuk menikmati 4×4 MIMO pelanggan membutuhkan smartphone dengan spesifikasi tertentu, sementara dengan Massive MIMO bisa langsung dinikmati oleh smartphone yang ada saat ini.

Target di kuartal ketiga 2017

Saat ini teknologi Massive MIMO milik Smartfren dan ZTE sudah diterapkan di tiga lokasi, antara lain 2 di Surabaya, dan 1 di Mall TerasKota, Tangerang. Rencananya, Smartfren akan memperluas penerapan teknologi serupa di lebih banyak lokasi di Indonesia pada kuartal ketiga 2017 mendatang.

Verified by MonsterInsights