Mencoba Smartfren 4G LTE Advanced dengan Teknologi Massive MIMO

Dalam acara yang digelar di Tangerang, Senin (16/1), Smartfren dan ZTE mengajak awak media untuk mencoba langsung teknologi Massive MIMO yang sedang mereka uji di Mall TerasKota. Menurut Smartfren, langkah penerapan teknologi baru ini merupakan persiapan menuju era 5G.

Bagi yang belum tahu, teknologi Massive MIMO mampu mengoptimalkan jaringan 4G LTE Advanced milik Smartfren sehingga lebih stabil untuk dinikmati di semua lokasi dari sebuah bangunan atau gedung, berkat jangkauan area yang lebih baik.

Perbedaan dengan 4×4 MIMO

svg%3E

Massive MIMO memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan teknologi 4×4 MIMO yang sebelumnya juga sempat diperkenalkan oleh salah satu operator di Indonesia.

Menurut Smartfren, 4×4 MIMO memiliki total 16 antena, sedangkan Massive MIMO mencapai 64 antena. Dengan Massive MIMO, masing-masing pengguna akan memiliki jalurnya sendiri sehingga tidak terjadi penumpukan trafik yang biasanya menyebabkan koneksi terhambat. Keunggulan tersebut diklaim Smartfren juga akan membuat baterai pada smartphone pengguna lebih awet.

Terkait jangkauannya, Massive MIMO mampu meng-cover area dengan radius 5 km. Untuk pengaplikasian di gedung tinggi, teknologi ini diklaim Smartfren dan ZTE mampu menjangkau seluruh bagian pada bangunan hingga ketinggian 30 lantai.

svg%3EPerbedaan lainnya adalah dari segi kompatibilitas dengan perangkat pengguna. 4×4 MIMO membutuhkan spesifikasi khusus yang saat ini masih sangat jarang ditemui pada smartphone kebanyakan. Sementara dengan Massive MIMO, smartphone yang ada sekarang bisa langsung menikmatinya, dengan catatan, menggunakan SIM-card Smartfren 4G.

Stabil dan cepat

Kami mencoba melakukan pengujian menggunakan aplikasi Speedtest di smartphone Android yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Tidak hanya di satu tempat saja, Smartfren dan ZTE beserta awak media mengelilingi Mall TerasKota dan mencobanya berkali-kali.

Hasilnya memang memuaskan. Di semua lokasi yang kami coba di dalam Mall TerasKota, kecepatan yang didapat selalu stabil di angka 20 hingga 30-an Mbps. Bahkan, sekali waktu sempat menyentuh angka 73.25 Mbps.

svg%3E

Untuk meng-cover sebuah Mall secara keseluruhan memang terbukti bisa diandalkan. Meski begitu, tentunya akan lebih menarik jika pengujian dilakukan ketika kondisi Mall sedang ramai dan banyak pengunjung yang menggunakan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced secara bersamaan.

Selain di Mall TerasKota, saat ini teknologi Massive MIMO sedang diuji coba di dua lokasi lainnya di Surabaya. Rencananya Smartfren akan memperluas penerapan teknologi serupa di lebih banyak lokasi di Indonesia pada kuartal ketiga 2017 mendatang.