[CES 2017] Panasonic Desktop Companion Robot: Robot Berwujud Telur yang Bisa Jadi Teman Sejati Anda di Masa Depan

CES 2017 menjadi debut perdana Panasonic memamerkan sebuah konsep robot pintar yang diberi nama Desktop Companion Robot.

svg%3E

Mengambil wujud telur, Desktop Companion Robot diotaki chipset quad core ARM Cortex-A53 yang menjalankan sistem operasi UNIX. Robot ini telah dilengkapi dengan kamera 8 megapixel dan 5 sensor infra merah.

Selain itu tersedia juga proyektor terintegrasi berkekuatan 50 lumens yang mampu menyajikan visual di resolusi 852 x 480 pixel. Untuk memberinya tenaga, tersedia baterai Lithiom ion berkapasitas 6600 mAH yang bisa digunakan hingga sekitar 6 jam.

Lewat koneksi WiFi, Desktop Companion Robot bisa mengakses tekologi pengolahan bahasa alami yang berbasis pada AI (Artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Jadi Anda tidak perlu heran jika Desktop Companion Robot mampu berkomunikasi, berinteraksi dan bergerak secara natural seperti manusia. Robot ini pun mampu mengakses dan menggunakan data di komputasi awan.

“Proyek ini dibangun lewat inovasi Panasonic di bidang robotik termasuk baterai dan solusi daya, visi dan penginderaan, solusi navigasi dan kontrol gerak dalam desain baru,” kata Takahiro Iijima, Panasonic Director of the North American Design Strategy Office. “Ini adalah upaya terbaru Panasonic dalam menunjukkan layanan jaringan dalam satu paket yang ramah.”

Panasonic Desktop Companion Robot memang sangat menarik meski saat ini masih sekedar konsep. Belum ada info lanjut kapan produk ini akan secara resmi tersedia di pasaran.

Verified by MonsterInsights