[CES 2017] Asus ZenFone AR: Dukung Tango, Pertama dengan RAM 8 GB

Asus memiliki lini produk menarik di kategori smartphone yang mereka pamerkan di ajang CES 2017 Las Vegas. Salah satunya adalah ZenFone AR, smartphone Android yang sudah mendukung Tango dan dibekali berbagai hardware papan atas.

Pertama dengan RAM 8 GB

svg%3E

Seperti disebutkan di atas, Asus ZenFone AR adalah smartphone yang siap mendukung teknologi Augmented Reality garapan Google yang disebut Tango. Sekilas mengenai Tango, teknologi ini memungkinkan smartphone untuk memindai lingkungan sekitarnya secara presisi, kemudian menggunakan hasilnya untuk membuat simulasi peta ruangan dalam bentuk 3D dan menambahkan benda atau efek secara virtual.

Yang lebih menarik, selain mendukung Tango ZenFone AR juga merupakan perangkat yang sudah mendukung Daydream, platform Virtual Reality garapan Google. Artinya, ZenFone AR nantinya cocok digunakan dengan headset Daydream VR.

svg%3E

Asus memang tidak main-main dalam menyajikan ZenFone AR ke pasaran. Pasalnya, pengguna akan menemukan berbagai hardware papan atas di smartphone ini. Sebut saja layar AMOLED 5,7 inci QHD dan SoC Qualcomm Snapdragon 821.

svg%3E

Bahkan, Asus ZenFone AR menjadi smartphone pertama di dunia yang mengusung RAM 8 GB. Perlu diketahui bahwa sebelumnya kapasitas RAM terbesar yang disisipkan pada beberapa smartphone high-end baru mencapai 6 GB. Memori internalnya memiliki opsi yang beragam mulai dari 32 GB hingga 256 GB, tentunya lengkap dengan slot microSD hingga 2 TB.

Kamera dengan sensor Sony IMX318 23 megapixel

svg%3E

Sektor kamera juga menjadi penawaran yang tak boleh dipandang sebelah mata di ZenFone AR. Asus membenamkan sensor Sony IMX318 23 megapixel yang telah dibekali Optical Image Stabilization, Electronic Image Stabilization, dan kemampuan untuk merekam video di resolusi 4K.

Terkait dengan dukungan terhadap Google Tango, ZenFone AR juga memiliki camera pendeteksi gerakan dan kamera fisheye untuk mendeteksi kedalaman ruang.

Sayang, Asus belum mau memberi bocoran soal berapa harga Asus ZenFone AR saat resmi dijual nantinya. Namun yang pasti, pengguna yang berminat harus menunggu kehadirannya di pasaran hingga kuartal kedua 2017 mendatang.