Review JBL Clip 2

Speaker portable yang mengusung koneksi bluetooth memang selalu menjadi perangkat yang menarik, khususnya bagi mereka yang gemar melakukan kegiatan outdoor. Bentuknya yang mungil dan mudah dibawa menjadi alasan speaker jenis ini punya pasar tersendiri.

JBL adalah salah satu produsen di bidang audio yang rajin meluncurkan speaker portable. Salah satunya adalah JBL Clip 2, speaker bluetooth yang cocok dipasangkan dengan smartphone atau tablet untuk mendengarkan musik kapanpun dan di manapun. Penasaran seperti apa keunggulannya? Simak ulasan kami berikut ini:

Desain mungil dan anti air

jbl-clip-2-2

Kelebihan dari JBL Clip 2 adalah desainnya yang sederhana namun cukup tangguh. Bentuknya bulat dan dilengkapi built-in Carabiner untuk memudahkan Anda menggantungnya di manapun, misalnya di tas atau di tenda kemping. Tapi yang wajib menjadi sorotan, speaker ini memiliki sertifikasi IPX7.

Artinya, JBL Clip 2 didesain agar anti air, baik itu berupa percikan maupun tersiram, atau tenggelam hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Anda yang gemar berpetualangan ke alam bebas tidak perlu khawatir kenikmatan mendengarkan musik harus terhenti karena hujan. Meletakkan Clip 2 di pinggiran kolam renang pun bukan masalah.

jbl-clip-2-6

Bobot dari JBL Clip 2 pun tergolong ringan. Dengan berat hanya 184 gram, speaker ini tidak akan membebani Anda ketika digantung di tas. Carabiner-nya sendiri nampak kokoh sehingga Anda tak perlu takut JBL Clip 2 terlepas saat Anda aktif bergerak.

JBL Clip 2 memiliki beberapa tombol fisik. Di salah satu sisinya Anda akan menemukan tombol power, tombol pairing bluetooth, serta port microUSB. Sementara di sisi sebelahnya ada tombol pengaturan volume dan tombol untuk menjawab panggilan telepon.

Ya, ketika terhubung dengan smartphone melalui koneksi bluetooth, Anda bisa menjawab panggilan telepon yang masuk langsung melalui JBL Clip 2. Yang menarik, tombol ini juga memiliki fungsi lainnya. Misalnya untuk pause dan play, maupun untuk skip ke lagu selanjutnya dengan menekannya dua kali secara cepat. Sayangnya, tidak ada fungsi skip backward untuk mundur ke lagu sebelumnya di playlist.

Tak ketinggalan, JBL juga menyediakan koneksi kabel dengan jack 3.5mm jika Anda ingin menghubungkan langsung Clip 2 ke perangkat Anda, khususnya jika perangkat tersebut tidak memiliki koneksi bluetooth.

Performa mantap untuk sebuah speaker berukuran kecil

JBL memang dikenal memiliki lini produk audio dengan kualitas suara yang cukup baik. Karena itu, tak heran jika Clip 2 juga bisa diandalkan untuk menikmati berbagai jenis musik.

Kualitas suaranya jernih, kaya, dan cukup lantang. Ketika volume ditingkatkan, audio yang dihasilkan tetap terdengar detail tanpa distorsi yang mengganggu. Mid-nya mantap, dan bass-nya pun masih lumayan terasa.

jbl-clip-2-7

Meski begitu, jika Anda termasuk pencinta hentakan bass yang bertenaga, Clip 2 mungkin terasa kurang. Kami menilai speaker ini paling maksimal ketika digunakan untuk mendengarkan lagu-lagu akustik. Untuk jazz pun cukup baik.

Secara keseluruhan, Untuk sebuah speaker dengan ukuran kecil seperti ini, Clip 2 mampu menghadirkan performa treble, midrange, dan bass yang memuaskan di kelasnya.

Baterai tahan lama

Ketika memilih speaker portable, daya tahan baterai tentunya menjadi fitur yang wajib menjadi bahan pertimbangan utama. JBL pun sangat mengerti akan hal ini dan mengklaim bahwa Clip 2 memiliki baterai dengan daya tahan yang jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Dalam pengujian kami, menggunakan volume di pengaturan medium JBL Clip 2 mampu bertahan sekitar 8 jam. Angka yang sangat menggiurkan khususnya jika Anda berencana membawa speaker ini berpetualangan.

Kesimpulan

jbl_clip2_JBL patut mendapat acungan jempol karena mampu menghadirkan banyak peningkatan pada Clip 2 dibanding generasi sebelumnya. Desain tahan air, kualitas suaranya yang mumpuni, dan baterai yang tahan lama menjadi daya tarik utamanya.

Dibanderol 900 ribuan rupiah, JBL Clip 2 cocok bagi Anda yang mencari speaker bluetooth anti air dengan kualitas untuk menemani berbagai aktivitas outdoor Anda.

Yang canggih:

+ Anti air dengan sertifikasi IPX7
+ Carabiner yang kokoh untuk menggantung speaker
+ Ada fitur untuk menjawab panggilan telepon
+ Kualitas suara mantap di kelasnya
+ Baterai tergolong awet

Yang kurang:

– Tidak ada fungsi skip backward (mundur ke lagu sebelumnya)
– Kurang cocok untuk yang mencari dentuman bass bertenaga

JBL Clip 2
Dengan beberapa peningkatan dibanding generasi sebelumnya, JBL Clip 2 adalah pilihan yang menarik bagi yang mencari speaker bluetooth anti air
4.3
Baca juga
Sambut Ultah ke-24, Telkomsel Siapkan Hadiah Miliaran Rupiah untuk Pelanggan