Dyson Cu-Beam Duo: Lampu LED yang Bisa Tahan 22 Tahun

Keunggulan lampu dengan pencahayaan LED adalah lebih tahan lama dan hemat energi. Namun, Dyson berhasil menciptakan lampu bernama Cu-Beam yang diklaim mampu bertahan hingga 22 tahun tanpa perlu diganti bohlamnya.

dyson-cu-beam-duo-1

Cu-Beam Duo hadir dengan desain yang hanya membutuhkan 2 lampu LED. Kedua lampu ini dipasang di arah yang berlawanan, satu menghadap keatas dan satu kebawah. Selain itu tersedia juga lensa yang berguna untuk menyebarkan cahaya yang dihasilkannya agar bisa menerangi seluruh ruangan.

Lalu apa rahasianya Dyson Cu-Beam Duo bisa sangat tahan lama? Sang kreator, Jake Dyson, rupanya berhasil menemukan rahasia lain dari lampu LED. Menurut Jake Dyson, lampu LED mirip seperti mikrochip yang bisa menjadi terlalu panas jika digunakan. Untuk itulah diperlukan sebuah sistem pendingin untuk mendinginkan lampu LED tersebut.

Dengan menambahkan sebuah heatsink, lampu LED di Cu-Beam Duo bisa tetap dingin dan menghindarinya dari kerusakan sehingga bisa digunakan dengan jangka waktu yang lebih lama.

Dyson belum mengungkap lebih detil kapan dan berapa banderol harga Cu-Beam Duo nantinya di pasaran. Yang pasti Cu-Beam saat ini hanya akan tersedia untuk solusi pencahayaan di segmen komersial atua perusahaan dan tidak dihadirkan untuk pengguna rumahan.