Quantcast
Mobile GadgetPilihanSmartphoneTips

7 Tips dan Trik Oppo F1s Yang Wajib Kamu Ketahui

Beberapa smartphone hadir dengan banyak fitur menarik yang tidak semua pengguna mengetahuinya. Padahal, fitur-fitur tersebut biasanya memiliki fungsi yang sangat berguna untuk pemakaian sehari-hari.

OPPO F1s (2)

Salah satunya adalah Oppo F1s. Smartphone berjuluk ‘Camera Phone’ dengan kamera depan 16 megapixel ini tidak hanya jago untuk urusan selfie, fitur-fitur ‘tersembunyi’ yang tersedia pun ternyata mampu membuatnya menjadi sebuah perangkat yang lebih praktis.

Jika kamu termasuk pengguna Oppo F1s, simak 7 tips dan trik berikut ini:

Mengambil screenshot dengan tiga jari

Di smartphone Android pada umumnya, untuk mengambil screenshot Anda bisa menekan tombol Volume down dan tombol Power secara bersamaan selama 2 detik. Oppo F1s punya cara yang lebih mudah untuk dilakukan.

Berkat fitur Gesture pada ColorOS yang dimilikinya, kamu bisa mengambil screenshot hanya dengan menyentuh layar dengan tiga jari, lalu menggesernya dari atas ke bawah. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa masuk ke Settings -> Gesture & Motion -> Quick Gesture -> lalu aktifkan Gesture Screenshot.

Kamera dengan mode Double Exposure

Dari hasil review kami beberapa waktu yang lalu, Oppo F1s memang memiliki kamera yang bisa diandalkan untuk berbagai kondisi. Namun perlu diketahui, Oppo ternyata juga membenamkan fitur menarik lainnya pada kamera, yakni mode Double Exposure.

Ketika mode Double Exposure aktif, setelah mengambil gambar kamu akan diminta untuk memotret kembali. Setelah itu, kedua hasil foto tersebut akan dikombinasikan. Untuk mengaktifkan mode ini, langsung saja masuk ke aplikasi kamera.

Menghemat baterai dengan Simple Mode

Oppo F1s hadir dengan Simple Mode yang ketika diaktifkan akan memmbuat tampilan user interface menjadi sangat sederhana. Simple Mode hanya akan menampilkan beberapa fitur utama dari smartphone saja, misalnya menelepon, mengirim pesan, membuka Kontak, mengakses foto, dan Emergency Call.

Nah, bagi kamu yang sering kehabisan baterai di tengah jalan, mode ini sangat berguna untuk menghemat konsumsi daya Oppo F1s, lho! Dalam keadaan penting saat kamu butuh menelepon dan mengirim pesan tapi daya baterai mulai menipis, langsung saja aktifkan Simple Mode.

Memblokir nomor yang tidak dikenal

Kamu termasuk orang yang merasa terganggu dengan panggilan telepon masuk dari nomor yang tidak Anda kenal? Jika ya, maka fitur ini akan sangat berguna. ColorOS pada Oppo F1s menyediakan cara mudah untuk memblokir nomor-nomor tidak dikenal.

Caranya adalah dengan masuk ke Settings -> Call -> aktifkan Block Unknown Numbers. Setelah aktif, kamu tidak akan lagi menerima panggilan dari nomor-nomor yang tidak ada di daftar kontak kamu.

Mengakses aplikasi dari kondisi layar mati

Seperti pada beberapa smartphone Android lainnya, Oppo F1s juga dibekali fitur Gesture yang memudahkan kamu untuk mengakses aplikasi tertentu dengan cepat. Misalnya, Double Tap untuk menghidupkan layar, menggambar huruf ‘O’ untuk masuk ke kamera, menggambar huruf ‘V’ di layar untuk menyalakan senter, dan sebagainya.

Fitur ini sangat bermanfaat karena bisa langsung dilakukan di kondisi smartphone terkunci dan layar dalam keadaan mati. Artinya, kamu tidak perlu repot-repot membuka kunci, lalu mencari-cari aplikasi yang kamu inginkan. Serunya lagi, kamu bisa menambahkan Gesture buatan kamu sendiri!

Caranya mudah. Masuk ke Settings -> Gesture & Motion -> Screen-off Gestrues -> lalu aktifkan yang kamu mau. Jika ingin menambahkan sendiri, tekan Add a Screen-off Gesture.

Mode Quiet Time jika tidak ingin diganggu

Misalkan kamu sedang berada di sebuah meeting yang sangat penting, tentunya adanya notifikasi seperti pesan atau panggilan yang masuk akan mengganggu konsentrasi. Tentunya kamu bisa saja mengatur smartphone ke kondisi silent.

Tapi dengan fitur Quiet Time, kamu bisa memilih antara Notifikasi, Panggilan Masuk, atau SMS yang tetap ingin kamu terima. Fitur ini bisa aktif secara otomatis sesuai waktu yang kamu tentukan. Untuk mengaktifkan Quiet Time, masuk ke Settings -> Quiet Time.

Backup SMS dan kontak penting

o-cloud

Oppo menyediakan layanan bernama O-Cloud untuk memudahkan backup hal-hal penting seperti SMS dan Contacts. Jika terjadi apa-apa dengan Oppo F1s kamu, melalui O-Cloud kamu bisa mengembalikan data-data tersebut ke perangkat Oppo yang kamu gunakan selanjutnya. Fitur O-Cloud bisa kamu temui di Settings.

Jadi tip mana yang paling berguna buat kamu? Silakan mencoba ya!!

Back to top button