Mobile GadgetReviewSmartphone

Review ASUS ZenFone 3 (ZE520KL)

ASUS dengan sigap memperkenalkan semua varian ASUS ZenFone 3 untuk menjawab antusiasme penggemar gadget tanah air. Generasi teranyar ZenFone ini memang sudah sangat dinantikan menginggat sederetan teknologi dan desain baru yang diusungnya belum pernah ditemukan di generasi ZenFone sebelumnya.
Setelah mengulas dengan lengkap kemampuan kamera ASUS ZenFone 3, di review kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih jauh performanya.

asus-zenfone-3

Desain menawan
Keluarga ASUS ZenFone 3 memang hadir dalam beragam model dengan spesifikasi dan harga yang berbeda. Untuk review ini kami masih tetap menggunakan ASUS ZenFone 3 versinya yang paling terjangkau yaitu ASUS ZenFone 3 (ZE520KL).

Sebelum mengulas performanya lebih jauh, mari kita bahas kulit luarnya lebih dulu. Patut diakui ASUS ZenFone 3 berhasil memukau kami dengan rancangan desain barunya. Rombakan total desainnya ini memang patut diacungi jempol. Kualitas rancangan bodinya sangat baik, kesan premium pun sangat terlihat dengan paduan bodi logam dan material kaca yang diusungnya. Sebagai perlindungan tambahan, bagian depan dan belakang bodinya telah diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass 2.5D guna meminimalisir goresan atau benturan yang tidak di sengaja.

asus-zenfone-3-1

Dengan bentang layar 5.2 inci, profil bodi yang tipis dan bobot yang hanya 144 gram, ZenFone 3 nyatanya masih nyaman saat digunakan dengan satu tangan. Walau begitu, Anda wajib waspada mengingat bodinya ini terasa sangat licin. Bagian kaca dibelakangnya pun sangat mudah meninggalakan jejak sidik jari. Agar tampilannya tetap terlihat sedap dipandang bagian belakangnya ini harus sering dibersihkan. Atau, menggunakan casing tambahan sebagai perlindungan juga bisa jadi salah satu solusinya untuk Anda yang tidak ingin repot.

Di bagian muka, layarnya ditemani 3 buah soft botton yang terdiri back, home dan multitask, yang bisa ditemukan di bawah layarnya. Di samping kanan bodinya terdapat tombol volume dan power, bagian atas terdapat jack audio 3.5mm, sementara slot kartu SIM dan microSD bisa ditemukan di sisi kiri bodinya.

Slot kartu SIM miliknya bisa menampung 2 kartu SIM yaitu Micro SIM dan Nano SIM yang juga bisa dipasang microSD hingga kapasitas 256GB. Kedua slot kartu SIM ini mendukung jaringan 4G namun tidak bisa berjalan bersamaan. Anda harus memilih salah satu kartu SIM untuk berjalan di 4G.

Di paling bawah bodi terdapat koneksi USB Type-C untuk isi ulang baterai dan terhubung ke perangkat lain. Perlu dicatat, ZenFone 3 merupakan varian ZenFone pertama yang mengusung konektivitas ini. Belum banyaknya perangkat yang mendukung konektivitas USB Type-C juga menjadikan Anda wajib membawa kabelnya kemanapun Anda pergi.

asus-zenfone-3-7

Sebagai pegaman tambahan, ZenFone 3 telah dilengkapi sensor sidik jari. Sensor ini ditempatkan di bagian belakang bodinya tepat dibawah modul kamera. Sensor sidik jarinya cukup sensitif dan akurasinya juga baik. Sensornya ini bisa membuka kunci layar dengan lumayan cepat. Selain sebagai pengaman, sensor sidik jari ini juga bisa difungsikan untuk mengambil foto di mode kamera, membuka aplikasi kamera dan menjawab panggilan telepon.

Layar menawan, audio lantang
ZenFone 3 (ZE520KL) hadir dengan layar 5.2 inci yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Mengusung panel layar Super IPS dengan tingkat kerapatan pixel mencapai 424 PPI, tampilan yang tersaji di layarnya terlihat tajam dengan warna yang sangat sedap dipandang mata. Layarnya ini pun masih bisa terlihat optimal di bawah terik matahari.

Fitur ASUS Splendid pun juga tidak absen di ZenFone 3 yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur temperatur warna dilayarnya sesuai selera atau mengaktifkan mode filter Bluelight untuk mengurangi cahaya biru yang lebih aman untuk mata.

Tidak kalah dengan layarnya, sektor audio ZenFone 3 juga tergolong baik dikelasnya. Dilengkapi dengan 5 magnet speaker dan dukungan fitur ASUS SonicMaster 3.0, output suaranya terasa bertenaga dan lantang.

Kolaborasi layarnya yang menawan dan performa audionya ini, menjadikan ASUS ZenFone 3 bisa menjadi pasangan yang tepat untuk Anda yang gemar menonton film, bermain game atau menikmati konten multimedia lain. Bagi Anda yang lebih suka mendengarkan musik dengan headphone, ASUS ZenFone juga telah mendukung HiRes Audio. Dipasangkan dengan headphone yang tepat, ASUS ZenFone 3 masih cukup bisa diandalkan untuk para penikmat audiophile.

Antarmuka ZenUI 3.0
Seperti ASUS ZenFone yang lain, ZenFone 3 juga dilengkapi dengan antarmuka ZenUI. Memasuki generasinya yang ketiga, ZenUI 3.0 kini tampil dengan desain antarmukanya yang lebih minimalis dan sejalan dengan konsep desain Android 6.0 (marshmallow) yang dijalankannya.

Di tampilan Home Screen terbagi menjadi 3 bagian layar yang bisa diisi dengan shortcut aplikasi. Untuk akses ke kumpulan aplikasi bisa menekan tombol app drawernya. Sapu layarnya dari atas ke bawah, Anda akan menemukan ragam pengaturan smartphone ini. Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna, ZenUI 3.0 juga menawarkan fitur kustomisasi yang terdiri dari theme, paketan ikon, dan font yang bisa diubah jenis ataupun ukurannya.

Kamera Mumpuni
asus-zenfone-3-kamera-test-2
Di departemen kamera, ASUS ZenFone 3 (ZE520KL) didukung kamera belakang 16 megapixel dan kamera depan 8 megapixel. Dengan dukungan autotofokus berteknologi Tritech, OIS, EIS dan fitur kameranya yang lengkap, ASUS ZenFone 3 juga bisa diandalkan untuk memotret di beragam situasi. Hasil foto pun sangat memuaskan. Untuk mengetahui lebih jauh performa kameranya bisa dilihat ditautan berikut ini.

Performa lumayan
Diotaki SoC kelas menengah dari Qualcomm, Snapdragon 625 octa core dan RAM 3GB, ASUS ZenFone 3 berhasil menyajikan performa yang baik dikelasnya. Antarmuka ZenUI 3.0 yang dijalankannya bisa berjalan dengan sangat mulus tanpa terasa adanya lag saat membuka banyak aplikasi dan berpindah aplikasi. Saat digunakan untuk bermain game, beberapa judul game yang membutuhkan kinerja grafis yang cukup berat seperti misalnya Need for Speed: No Limits bisa dijalankannya dengan mulus. Bodinya pun relatif tidak terasa cepat panas saat diajak untuk bermain game. Berikut hasil benchmark ASUS ZenFone 3 (ZE520KL):

Baterai cukup tahan lama
Menjaga kerampingan bodinya, ASUS ZenFone 3 memang tidak dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar. Smartphone ini hanya ditenagai dengan baterai yang kapasitasnya 2.600 mAh. Walau tergolong kecil, performa baterainya ini nyatanya sangat baik. Benchmark baterainya dengan aplikasi PC Mark mencatatkan waktu 7 jam 33 menit. Untuk skenario penggunaan sehari-hari dengan satu kartu SIM 4G, cukup aktif chat dengan Whatsapp, dan push mail, baterainya masih bertahan hingga sekitar 9 jam. Walau begitu, sayangnya kemampuan baterai ZenFone 3 ini belum dilengkapi dengan fitur isi ulang cepat.

Kesimpulan
Lewat ZenFone 3, ASUS berhasil menaikkan standar smartphone ZenFone miliknya. Desain yang menawan, tampilan premium dan performanya yang mumpuni patut diapresiasi dan layak mendapat 2 jempol. ASUS pun berhasil membuktikkan ZenFone 3 kini semakin andal untuk foto dan video lewat hasil foto yang memuaskan dan kemampuannya merekam video 4K dengan dukungan sederetan teknologi canggih yang melengkapi fitur kameranya.

Menyasar segmen menengah, ASUS ZenFone 3 (ZE520KL) bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Jika Anda ingin meminang smartphone dengan tampilan premium dan fitur kamera mumpuni di rentang harga 3-5 juta Rupiah, ASUS ZenFone 3 (ZE520KL) wajib masuk dalam daftar belanja Anda.

Yang Canggih:
+ Desain Premium
+ Hasil foto memuaskan
+ Fitur kamera lengkap
+ Layar menawan
+ Speaker lantang
+ Mendukung HiRes Audio
+ Performa mumpuni
+ Baterai cukup tahan lama
+ USB Type C

Yang Kurang
– Bodi sangat licin
– Dukungan aksesoris belum banyak
– Belum dilengkapi fitur isi ulang cepat

ASUS ZenFone 3
ASUS ZenFone 3 (ZE520KL) bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Jika Anda ingin meminang smartphone dengan tampilan premium dan fitur kamera mumpuni di rentang harga 3-5 juta Rupiah.

Komentar

Beri komentar

Close