Microsoft Surface Studio: PC All-in-One Dengan Layar Tipis yang Akurat Untuk Pengguna Industri Kreatif

Lini Surface dari Microsoft kehadiran varian baru. Setelah tablet dan laptop, kini Microsoft mengumumkan PC All-in-one (AIO).

microsoft-surface-studio-1

Dirancang untuk industri kreatif
Diberi nama Surface Studio, AIO PC ini dirancang khusus untuk menyasar para profesional yang bergelut di industri kreatif. Tentunya ini akan sejalan dengan versi Windows 10 berikutnya yang diberi nama “Creator Update”.

Spesifikasi bertenaga
microsoft-surface-studio-6

Kehadiran Surface Studio diharapkan mampu menjawab kebutuhan penyuntingan video, desain grafis, olah foto, hingga gambar digital. Untuk itulah Microsoft menyiapkannya dengan spesifikasi yang sangat bertenaga. Untuk versi paling atasnya, AIO PC ini ditenagai prosesor Intel Core i7 yang dipasangkan dengan RAM 32GB dan GPU NVIDIA GeForce GTX 980M. Sementara ruang penyimpanannya hadir dengan kapasitas yang sangat lapang mencapai 2TB.

Untuk konektvitas, Surface Studio telah dilengkapi Mini DisplayPort, Ethernet, slot kartu SD, jack audio, dan 3 port USB 3.0. Selain itu, Microsoft juga telah melengkapinya dengna speaker terintengarasi dengan konfigurasi 2.1 channel.

Layar mutakhir
microsof-surface-studio-3
Di sektor layar, Surface Studio datang dengan panel layar sentuh yang sangat tipis berukuran 28 inci. Ketebalan layarnya hanya 12.5mm.

Layarnya ini mengusung teknologi PixelSense yang resolusinya 4500 x 3000 pixel dengan tingkat kerapatan pixel mencapai 192 PPI. Jadi, sudah bisa dipastikan visual yang tersaji di layarnya akan terlihat sangat tajam dan kaya warna.

Layar Surface Studio juga dirancang dengan engsel yang memungkinkan layarnya diatur hingga posisi rata dengan meja. Cocok untuk menulis atau menggambar yang tidak begitu memerlukan input keyboard dan mouse.

svg%3E

Akurasi warnanya pun diklaim sangat akurat berkat hadirnya dukungan teknologi TrueColor. Selain itu, berkat teknologi layar True Scale layarnya juga dijamin sangat akurat dalam hal ukuran/dimensi. Satu inci yang terlihat di layarnya akan sama persis seperti 1 inci di kehidupan nyata. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot melakukan preview saat ingin mencetak karena apa yang terlihat di layarnya akan sama seperti hasil cetaknya.

Aksesoris pendukung pintar
microsoft-surface-dial-4
Microsoft Surface Studio hadir dengan sebuah aksesoris pendukung pintar yang bernama Surface Dial. Alat ini bisa terhubung ke Surface Studio lewat Bluetooth dan akan memberikan cara baru untuk berinterakssi dengan layar sentuh Surface Studio.

microsoft-surface-dial-5

Tempatkan Surface Dial diatas layar Surface Studio, maka Anda akan dipermudah untuk mengakses shortcut dan tools saat bekerja. Seperti misalnya Anda menggunakan aplikasi olah grafis atau gambar digital, alat ini bisa membantu untuk membuka opsi pilihan warna, opsi ukuran kuas, hingga dijadikan penggaris. Menurut Microsoft, Surface Studio kompatibel dengan aplikasi Paint, Microsoft Photos, Sketchpad, dan aplikasi grafis lain. Selain itu, alat ini juga bisa difungsikan untuk mengatur volume suara, melakukan scroll saat berselancar di dunia maya, serta melakukan Zoom in dan Zoom out di peta Windows.

Kabar baiknya, Surface Dial ini tidak dirancang ekslusif untuk Surface Studio. Walau memang ada beberapa fitur Surface Dial yang memang khusus dirancang agar bisa bekerja dengan Surface Studio, Surface Dial masih bisa digunakan untuk para pengguna Surface Pro 3, Surface Pro 4, dan Surface Book.

microsoft-surface-studio-2

Selain Surface Dial, Surface Studio juga kompatibel dengan aksesoris lain seperti misalnya pena stylus dan kontroler Xbox wireless.

Hadirnya Microsoft Surface Studio kini bisa menjadi alternatif lain dari Apple iMac yang sangat diminati oleh para pekerja kreatif. Untuk membawanya pulang, Anda harus merogoh kocek US$4199 untuk model teratasnya yang ditenagai prosesor Intel Core i7 SKylake, 32GB RAM, 2TB, dan GPU NVIDIA GeForce GTX 980M. Versi lebih hematnya yang menggunakan Intel Core i5 Skylake, RAM 8GB, 1TB dan NVIDIA GeForce GTX 965M dibanderol dengan harga US$2999.

Verified by MonsterInsights