Review Astell & Kern AK70

Kemunculan Astell & Kern AK Jr memang cukup menggebrak dalam dunia audio portabel di tahun lalu. Performa audio yang jempolan, desainnya yang paling kecil dan harga yang paling terjangkau dibandingkan produk Astell & Kern yang lain berhasil membawa angin segar kepada para penikmat audiophile. Tepat setahun kemunculan AK Jr, di penghujung 2016 ini Astell & Kern kembali memperkenalkan produk baru yaitu Astell & Kern AK70. Dengan mempertahankan formula sukses yang sama apakah AK70 bisa melanjutkan sukses AK Jr? Temukan jawabannya di review berikut ini.

astell-kern-ak70-9

Desain khas Astell & Kern
AK Jr dan AK70 hadir menyasar segmen yang sama yaitu kelas entry. Kendati demikian keduanya, menganut desain yang berbeda. Masih sejalan dengan produk Astell & Kern lain, AK70 tetap tampil modern dengan tarikan garis desain yang tegas.

Jika AK Jr hadir dengan desain memanjang mengedepankan dimensi yang lebih kecil dan langsing, AK70 tidak demikan. AK70 hadir dengan desain yang sedikit melebar dan lebih bongsor. Untunglah Astell & Kern tetap bisa merancangnya dengan ketebalan bodi yang lumayan langsing dan bobot yang ringan.

Ini menjadikannya masih ideal untuk diajak berpergian. Dimensinya pun pas digenggam tangan, walau tidak terlalu nyaman digenggam mengingat sudut-sudut bodi yang agak tajam.

Satu poin yang membuat AK70 sangat memikat adalah warna bodinya. Astell & Kern tidak melapisinya dengan warna-warna mainstream seperti silver, hitam, emas atau rose gold seperti kebanyakan gadget premium lain. Dengan lapisan warna hijau mint pastel di bodinya, AK70 tetap berhasil terlihat premium dan elegan.

astell-kern-ak70-3

Seperti produk Astell & Kern yang lain, AK70 hadir dengan tombol putar untuk mengatur volume suara yang ukurannya cukup besar. Tombolnya ini ditempatkan tepat di samping kanan atas bodinya. Di sisi kiri bodi terdapat 3 buah tombol yaitu tombol untuk memilih lagu dan tombol play/pause. Segaris dengan 3 tombol tersebut di bagian bawah terdapat slot kartu microSD yang bisa dipasang kartu microSD hingga kapasitas 256GB. Di bagian bawahnya terdapat port microUSB dan port audio jack 3.5mm ditempatkan di bagian atas.

Layar lebar, Antarmuka lebih responsif
Di bagian muka, AK70 membawa layar sentuh LCD 3.3 inci yang resolusinya 480 x 800. Tampilan di layarnya cukup terlihat tajam, responnya dengan sentuhan jari juga amat baik.

Navigasi di layarnya juga semakin nyaman dengan dukungan antarmuka baru yang dibawanya. Dibandingkan produk Astell & Kern yang lain, patut diakui AK70 hadir dengan antarmuka yang paling responsif dan nyaman digunakan.

Selain lebih responsif, antarmukanya juga tetap dirancang dengan sederhana. Akses dan pencarian semua judul serta folder lagu yang tersimpan di dalam memori internalnya bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Fitur lengkap, mendukung ragam format audio
Menjawab kebutuhan para penikmat audio, AK70 disiapkan dengan sederetan fitur yang menarik. Didukung DAC CS4398 dari pabrikan Cirrus Logic, ragam format audio resolusi tinggi (Hi-res audio) 24bit/192kHz bisa diputar lewat perangkat ini. Sebut saja seperti format WAV, FLAC, WMA, MP3, OGG, APE, AAC, ALAC, AIFF, DFF, DSF. Bahkan, format audio DSD pun bisa didukungnya lewat konversi.

Selain format audio resolusi tinggi, AK70 juga menjadi perangkat Astell & Kern pertama yang mendukung output USB Audio. Jadi Anda bisa menghubungkannya langsung ke portabel AMP via USB. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai DAC untuk mendongkrak performa suara PC, laptop, atau MAC.

astell-kern-ak70-1

Menyesuaikan kebutuhan pengguna, AK70 didukung dengan konektivitas Bluetooth. Dengan demikian Anda bisa menghubungkannya ke headphone atau speaker portabel untuk mendengarkan musik. Menghubungkan AK70 ke speaker portabel juga bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

astell-kern-ak70-7
Selain Bluetooth, AK70 turut dilengkapi WiFi. Dengan dukungan fitur AK Connect, Anda bisa menghubungkannya ke jaringan untuk streaming musik.

Suara Jempolan
Untuk menguji performa suaranya, AK70 kali ini kami pasangkan dengan in-ear headphone BOSE SIE2i. Seperti prediksi kami, AK70 tetap bisa menghasilkan suara yang jempolan. Suara yang disajikan terasa sangat natural, jernih dan bertenaga dengan efek staging yang terasa luas.

Separasi suara vokal, backing vocal, dentingan suara piano dan alat musik pengiring di lagu Hello dari Adele bisa tersaji dengan sangat baik. Saat memutar lagu Coldplay yang berjudul Adventure of A Lifetime kami pun tetap bisa menikmati semua cabikan gitar, gebukan drum yang bertenaga dan suara Chris martin sang vokalis yang tersaji dengan komposisi bass, mid dan treble yang sangat pas dan berimbang. Untuk menyesuaikan telinga pendengar, AK70 juga menyediakan fitur EQ yang bisa diatur sesuai dengan selera telinga masing-masing.

Sektor baterainya juga amat menarik. AK70 dibekali dengan baterai yang kapasitasnya 2200mAH. Lebih besar dibandingkan AK Jr yang hanya ditenagai baterai 1450mAh. Dengan baterainya ini dari pengujian kami AK70 bisa digunakan untuk mendengarkan musik hingga sekitar 13 jam. Satu hal yang menarik, AK70 juga secara otomatis bisa nonaktif jika tidak digunakan. Ini sangat berguna untuk menghemat baterainya dan cocok untuk pengguna yang sering kali mendengarkan musik hingga ketiduran.

Kesimpulan
AK70 memang berhasil megungguli AK Jr lewat fitur dan performanya. Meski menyasar segmen yang sama, AK Jr dengan banderol harganya yang lebih terjangkau tentu saja cocok untuk para early adopter yang mulai kurang puas dengan kualitas suara dari smartphone atau hanya sekedar ingin mencoba HiRes Audio.

Sementara AK70 dengan kualitas suara yang tetap jempolan, antarmuka yang lebih responsif, layar sentuh yang lebih besar dan daya tahan baterainya yang lebih tahan lama, kami rekomendasikan untuk Anda yang mulai keracunan dengan HiRes Audio dan fokus mendengarkan suara indah lewat perangkat portabel. Harganya yang menyentuh angka US$699 atau sekitar Rp8.999.000 mungkin masih relatif tinggi bagi sebagian orang, namun masih cukup sepadan dengan kualitas suara dan fitur yang ditawarkannya.

Yang canggih:
+ Desain trendi
+ Suara sangat natural, detil dan bertenaga
+ Kompatibel dengan beragam jenis file audio resolusi tinggi
+ Antarmuka paling responsif diantara produk Astell & Kern lain
+ Wifi dan Bluetooth
+ Daya tahan baterai lama

Yang kurang
– Sudut bodi agak tajam
– Harga premium bagi sebagian besar pengguna

svg%3E
Review Astell & Kern AK70
Harganya yang mencapai sekitar Rp8.999.000 memang tergolong relatif tinggi bagi sebagian pengguna. Walau begitu, kualitas suara dan fitur yang ditawarkannya cukup sepadan bagi pengguna yang mencari kualitas suara terbaik.
4.5