Review Kamera ASUS ZenFone 3 (ZE520KL)

svg%3E
Review Kamera ASUS Zenfone 3 (ZE520KL)
Dengan fitur yang lengkap untuk fotografi mobile yang kreatif, ASUS Zenfone 3 (ZE520KL) mampu diandalkan sebagai kamera ponsel untuk berbagai kebutuhan.
Ergonomi desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Hasil Video
Reader Rating7 Votes
4.3
Kamera ASUS Zenfone 3 (ZE520KL)

Fitur kamera pada smartphone saat ini masih menjadi prioritas utama konsumen saat ingin meminang sebuah smartphone idamannya. Alhasil, persaingan teknologi kamera pada smartphone kian memanas. Setiap vendor punya jurus jitunya masing-masing untuk menarik minat konsumen.

ASUS pun menanggapi persaingan ini dengan sangat serius. Pembuktiannya bisa terlihat lewat smartphone jagoan terbarunya, ZenFone 3. Hadir dengan jargon Built For Photography, ZenFone 3 tidak hanya membawa pembaruan dari sektor desain dan spesifikasi. Fitur kameranya kini juga tampil dengan teknologi kamera yang lebih canggih dari sebelumnya.

Di ulasan ini, kami secara khusus mencicipi kehebatan kamera ASUS ZenFone 3 ZE520KL yang merupakan varian ZenFone 3 paling terjangkau di berbagai skenario pemotretan. Penasaran dengan hasilnya? Simak ulasannya berikut ini.

Antarmuka sederhana, fitur lengkap
asus-zenfone-3-ui-1

Untuk mempermudah pengguna memotret, mode kamera ASUS ZenFone 3 dilengkapi dengan antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami. Anda bisa memotret dengan mode manual atau otomatis.

Beragam mode memotret lain juga tersedia di sini untuk membantu Anda memotret. Pilihannya sangat lengkap dari HDR PRO, Low Light, Depth of Field untuk memotret makro, effect untuk memotret dengan sejumlah efek foto, panorama, GIF, time lapse hingga Super resolution yang memungkinkan Anda memotret dengan hasil foto resolusi tinggi yang lebih tajam dan detil juga tersedia di sini.

asus-zenfone-3-mode-foto-1

Opsi HDR bisa diatur on/off atau auto. Fitur HDR miliknya juga sangat membantu karena kini hasil HDR bisa langsung terlihat di layar saat sebelum memotret. Kemampuannya mengolah foto HDR juga sangat cepat, nyaris tanpa jeda.

Untuk Anda yang gemar memotret secara manual, ZenFone 3 memiliki opsi pengaturan manual yang tergolong lengkap. Pengaturan manualnya mencakup kecepatan rana kamera, fokus, eksposur, ISO hingga White Balance (WB). Untuk Anda yang gemar memotret eksposur panjang (long exposure), kecepatan rana kamera ZenFone 3 kini bisa diatur hingga 32s. Jadi, hanya perlu bermodalkan tripod Anda sudah bisa mengasah kreatifitas bereksperimen dengan cahaya.

Fokus cepat dengan teknologi TriTech
Mode pemotretan yang lengkap akan percuma jika tidak dilengkapi dengan kemampuan fokus kamera yang mumpuni. Untuk itulah ASUS menghadirkan teknologi autofocus terbarunya yang diberi nama TriTech yang diklaim mampu menemukan fokus dengan sangat cepat yaitu hanya dalam waktu 0.03 detik. Teknologi autofocus TriTech ini menggabungkan 3 teknologi autofocus, diantaranya, laser autofocus, phase detection, dan continuous autofocus dalam satu sistem.

asus-zenfone-3-kamera-test-2

Dari pengujian kami, kemampuan kamera Zenfone 3 untuk mencari dan mengunci fokus memang sangat cepat di kondisi pencahayaan ideal dengan akurasi yang baik. Kinerja fokus otomatisnya ini baru terasa melambat saat memotret di kondisi cahaya temaram atau dengan pengaturan kecepatan rana yang rendah. Selain lebih lambat, akurasinya untuk mengunci titik fokus juga menurun.

Fitur penyetabil sangat impresif
Kami yakin tidak banyak orang yang rajin membawa tripod saat memotret dengan kamera smartphone. Untuk itulah agar pengambilan foto dan video bisa tetap tajam dan minim goyangan, ASUS menghadirkan fitur penstabil yang terbukti cukup efektif membantu memotret di segala situasi tanpa perlu bantuan tripod.

Di mode foto, kamera Asus Zenfone 3 telah dilengkapi teknologi Optical Image Stabilization 4 sumbu. Fitur OIS miliknya ini memungkinkan Anda memotret dengan kecepatan rana kamera hingga 4 stop lebih lambat. Ini akan membantu meminimalkan efek guncangan tangan yang menyebabkan gambar kabur jika Anda tidak menggunakan tripod.

Hasil foto malam hari tanpa menggunakan tripod berikut ini.
P_20161015_200712_vHDR_On

Sementara di mode video, ASUS ZenFone 3 didukung teknologi EIS (electronic image stabilization). Teknologi penstabil inilah yang menurut kami amat menarik dari ASUS ZenFone 3. Dengan dukungan EIS, kami cukup terpukau dengan hasil rekaman video kami yang diambil secara handheld. Tanpa menggunakan bantuan stabilizer hasil rekaman video dari ASUS ZenFone 3 bisa cukup stabil dan terlihat minim efek guncangan tangan. Berikut hasil videonya.

Hasil foto memuaskan
Dibekali sensor Sony IMX298 16 megapixel dan lensa berdiafragma F/2.0, ASUS ZenFone 3 berhasil memukau kami dengan hasil fotonya. Untuk merekam video, kamera ASUS Zenfone 3 bisa merekam video hingga resolusi 4K.

P_20160910_153218_vHDR_On

Dari hasil pengujian kami, kamera ASUS ZenFone 3 tergolong mumpuni digunakan memotret beragam subyek dan obyek di berbagai situasi. Hasil fotonya di luar maupun dalam ruangan termasuk dapat diandalkan, dengan foto yang tajam dan reproduksi warna yang tergolong baik.

svg%3E

P_20160908_171948_vHDR_Auto

P_20161015_161430_vHDR_On

P_20160913_084738_vHDR_On

Di mode HDR foto yang dihasilkan juga bisa tetap terlihat natural dengan kontras warna dan detil yang tetap terjaga.

Berikut perbandingan memotret dengan mode HDR dan tanpa HDR
Tanpa HDR
TANPA HDR

Dengan HDR
Dengan HDR

Hasil foto makro ZenFone 3
P_20161015_161025_SRES

Jika Anda penggemar selfie, hasil foto kamera depannya dengan sensor kamera 8 megapixel juga cukup baik. Beragam opsi untuk mempercantik hasil foto selfie pun telah tersedia dan bisa dipilih sesuai selera.
P_20160915_100346_BF

Performa lowlight amat baik
Memotret di kondisi temaram pun bukan masalah bagi ASUS ZenFone 3. Hasil fotonya di kondisi pencahayaan yang minim cukup baik. Kemampuannya mengendalikan noise di ISO tinggi juga tergolong lumayan walau kualitas ketajaman foto agak menurun dan kinerja fokusnya terasa agak lambat. ASUS ZenFone 3 juga menyediakan mode Lowlight yang juga bisa diandalkan untuk memotret di kondisi sangat gelap tanpa menggunakan tripod.

Hasil foto di mode Lowlight
P_20160917_220157_LL

Jika memotret dengan tripod, Anda dapat memanfaatkan mode manual kamera Zenfone 3 untuk mengatur kecepatan rana kamera hingga 32 detik. Ini tentunya berguna bagi Anda yang ingin menciptakan foto dengan long exposure atau kecepatan rana yang sangat lambat.

P_20161014_221007_vHDR_On

P_20161014_225020_vHDR_On

P_20161014_223041_vHDR_On

Untuk hasil foto ASUS ZenFone 3 yang lain tanpa proses penyuntingan, langsung kunjungi akun resmi Flickr YANGCANGGIH.COM di sini.

Kesimpulan
Usaha ASUS untuk menghadirkan smartphone dengan kamera yang andal semakin terbukti dengan hadirnya ASUS ZenFone 3. Hasil fotonya yang baik di berbagai kondisi cahaya bisa menjadikan smartphone ini senjata untuk mengabadikan momen liburan Anda yang hanya ingin membawa ponsel.

ASUS ZenFone 3 juga berhasil memukau kami dengan teknologi EIS miliknya yang sangat efektif menstabilkan perekaman video tanpa menggunakan bantuan stabilizer. Selain itu, kemampuannya merekam video hingga resolusi 4K juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri di kelas harganya.

Yang Canggih
+ Mode foto dan pengaturan manual lengkap untuk sebuah kamera ponsel
+ Hasil foto di kondisi cahaya ideal yang baik
+ Fitur penyetabil efektif mengurangi efek guncangan tangan
+ Kinerja fokus cepat di kondisi cahaya ideal

Yang Kurang
– Fokus agak lambat dan kurang akurat saat kondisi cahaya remang-remang

Verified by MonsterInsights