Review Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016)

svg%3E
3.4
SKOR AKHIR
Cek Harga

Meski pasar tablet Android tidak semenarik smartphone, Samsung tetap setia meluncurkan produk-produk terbarunya di Indonesia. Baru-baru ini, produsen yang bermarkas di Korea Selatan itu membawa versi anyar dari Galaxy Tab A.

Penasaran seperti apa keunggulannya, simak ulasan kami berikut ini:

Desain khas tablet Samsung

Secara penampilan, sesungguhnya tidak ada perubahan berarti yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Tab A (2016). Desainnya sangat khas Samsung dengan sudut-sudut ergonomis dan tombol Home fisik di bawah layar, serta dua softkey di kiri dan kanannya. Anda tidak akan menemukan perubahan yang radikal. Bahkan bisa dibilang, desain tablet ini ‘gitu-gitu saja’.

Versi yang kami review memiliki layar berukuran 7 inci. Bodinya terbilang ramping dan mudah dipegang dengan satu tangan serta tidak licin. Material yang digunakan didominasi plastik namun memiliki sisi-sisi dengan sentuhan yang membuatnya terlihat sedikit lebih premium.

Sayangnya baik bagian depan maupun cover belakang dari Galaxy Tab A (2016) mudah kotor. Apalagi kalau tangan Anda berminyak. Solusi paling mudah adalah menggunakan case tambahan.

Layar lumayan untuk berbagai kebutuhan

Seperti disebutkan di atas, Samsung Galaxy Tab A (2016) yang kami ulas ini menggunakan layar berukuran 7 inci. Berbekal teknologi IPS, resolusi yang disajikan adalah 1280 x 800 pixel.

galaxy-tab-a-2021

Layar tersebut sudah mencukupi untuk mendukung berbagai kebutuhan, mulai dari browsing, sosial media, membaca e-book, menonton video, hingga bermain games. Masih tergolong tajam dengan keluaran warna dan tingkat kecerahan yang baik, walaupun tidak bisa dibilang menawan.

Samsung belum menyediakan pengaturan tingkat kecerahan otomatis. Artinya, ketika menggunakan tablet ini di luar ruangan alias di bawah sinar matahari, Anda harus mengaktifkan mode Outdoor terlebih dahulu.

Dari sektor audio, Galaxy Tab A (2016) juga tidak menawarkan sesuatu yang spesial. Secara keseluruhan masih lumayan untuk mendengarkan musik lewat speaker, atau untuk mendukung pengalaman menonton video.

UI andalan Samsung

Bicara tentang user interface lagi-lagi tablet ini tidak menawarkan fitur-fitur yang berbeda. Mengandalkan UI yang sangat khas Samsung dengan basis Android 5.1.1 Lollipop, Anda akan tetap menemukan aplikasi bawaan seperti S Planners, S Lime, dan yang lainnya.

Samsung tak lupa menyisipkan fitur Kids Mode agar Galaxy Tab A (2016) nyaman digunakan oleh anak-anak. Seperti diketahui, ketika Kids Mode aktif hanya aplikasi dan fitur-fitur tertentu saja yang muncul. Anda bisa mengontrolnya agar anak Anda tidak mengakses aplikasi yang kurang cocok dengan usianya.

Kamera seadanya

galaxy-tab-a-2020

Tablet memang bukan perangkat yang umum digunakan untuk memotret sehari-hari. Karena itu, tak heran jika Samsung tidak menyediakan fitur kamera yang menarik pada Galaxy Tab A (2016).

Anda hanya akan menemukan sensor 5 megapixel di belakang yang ditemani autofocus, tapi tanpa lampu flash. Di depan, ada kamera 2 megapixel yang bisa Anda gunakan untuk video call, atau jika terpaksa, untuk selfie.

screenshot_2016-10-13-12-15-40

UI kamera dari tablet ini cukup sederhana. Tak banyak fitur dan pengaturan yang disediakan. Meski begitu, Anda bisa memanfaatkan mode Pro untuk mengakses pengaturan manual seperti ISO dan White Balance.

svg%3E

Hasil jepretan dari Samsung Galaxy Tab A (2016) sesuai dugaan. Tidak bisa dibilang bagus namun dengan sedikit pengaturan manual di sana-sini, masih lumayan jika Anda mengambil gambar di luar ruangan pada siang hari.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa gambar yang kami abadikan menggunakan Samsung Galaxy Tab A (2016):

Hasil kamera Galaxy Tab A (2016)

Hasil kamera Galaxy Tab A (2018)

Performa cukup untuk kebutuhan standar

Samsung membenamkan SoC Spreadtrum SC9830 dengan prosesor quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1.5 GHz, dan GPU Mali-400MP2. RAM yang ditanamkan agak tanggung, yakni 1.5 GB. Sedangkan memori internal 8 GB-nya kurang lega jika dibandingkan dengan pesaingnya. Untungnya, untuk urusan konetivitas Samsung menyediakan dukungan 4G LTE.

Kombinasi di atas memang tidak bisa disebut jempolan. Meski begitu, performa Galaxy Tab A (2016) masih mencukupi untuk mendukung berbagai kebutuhan standar dengan gesit. Untuk gaming pun lumayan, khususnya game-game casual yang tidak menuntut kinerja berat. Tapi jika sudah menyangkut game 3D, lag terkadang masih terasa, alias kurang mulus.

Berikut hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan:

Baterai lumayan

Untuk urusan baterai, Samsung Galaxy Tab A (2016) menawarkan 4000 mAh. Penggunaan standar seperti browsing, chatting, dan sosial media menggunakan WiFi masih lumayan karena bisa digunakan dari pagi hingga siang atau bahkan sore. Agar lebih jelas, inilah hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark for Android (battery test):

screenshot_2016-10-14-06-59-32

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab A (2016) adalah tablet dua jutaan yang memang didesain untuk mendukung kebutuhan sehari-hari. Meski tidak dibekali hardware yang paling mumpuni di kelasnya, secara keseluruhan apa yang ditawarkannya sudah mencukupi. Setidaknya, menurut pandangan kami.

Tablet ini memang tak luput dari kekurangan. Yang paling terasa adalah memori internalnya yang pas-pasan, apalagi jika dibandingkan pesaingnya di kelas yang sama. Untungnya, Samsung tetap menyediakan slot microSD.

Jika Anda adalah penggemar brand Samsung yang sedang mencari tablet untuk pemakaian standar maupun untuk digunakan oleh anak Anda, maka Samsung Galaxy Tab A (2016) yang dibanderol Rp2.499.000 adalah pilihan yang cukup layak dilirik.

Yang Canggih:

+ Desain ramping
+ Sudah mendukung 4G LTE
+ Layar cukup baik untuk berbagai keperluan
+ Ada fitur Kids Mode

Yang Kurang:

– Memori internal kurang lega
– Akan lebih menarik jika RAM minimal sudah 2 GB
– Bodi dan layar mudah kotor
– Harga kurang kompetitif

[table]Spesifikasi;Samsung Galaxy Tab A (2016)
Prosesor;Spreadtrum SC9830 dengan prosesor quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1.5 GHz
GPU;Mali-400MP2
Layar;IPS 7 Inci 1280 x 800 pixel
RAM;1.5 GB
Memori Internal;8 GB (ada slot microSD hybrid)
Kamera;Belakang 5 megapixel (autofocus) / Depan 2 megapixel
Baterai;4000 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 4.0, A-GPS, GLONASS, Wi-Fi b/g/n, microUSB
OS;Android 5.1.1 Lollipop
Dimensi;186.9 x 108.8 x 8.7 mm / berat 283 gram
[/table]

svg%3E
Samsung Galaxy Tab A (2016)
Tablet dengan spesifikasi sedang untuk pengguna pemula yang menyukai merk Samsung
Jika Anda adalah penggemar brand Samsung yang sedang mencari tablet untuk pemakaian standar maupun untuk digunakan oleh anak Anda, maka Samsung Galaxy Tab A (2016) yang dibanderol Rp2.499.000 adalah pilihan yang cukup layak dilirik.
3.4
SKOR AKHIR
Cek Harga
Verified by MonsterInsights