Review Rollei Action Cam 420

svg%3E
3.9
Rollei AC 420
Cek Harga

Mengabadikan keasyikan saat liburan atau berolahraga dengan smartphone atau kamera digital merupakan hal yang sudah umum. Bagi yang ingin menghasilkan foto dan video dengan sudut pandang ekstrem dan menarik, kamera aksi dapat menjadi salah satu alternatif yang baik.

Selain berukuran relatif mungil, kamera aksi juga dapat diajak ke tempat-tempat yang lebih sulit dijangkau smartphone atau kamera digital biasa. Namun sejauh ini masih belum banyak kamera aksi lengkap dengan aksesori yang memiliki banderol harga terjangkau.

Ringkas dan muat di saku
Dari sisi ukuran, Rollei AC 420 hanya sedikit lebih besar dia GoPro. Ini membuatnya tetap mudah disimpan di saku celana atau baju saat dibawa-bawa. Kombinasi bahan karet yang membungkus bodinya juga membuatnya tidak mudah terlepas dari tangan. Di bagian bawah, terdapat lubang tripod standar untuk dipasang ke tripod tanpa tambahan aksesori.

rollei_ac420

Yang menarik, paket pembeliannya telah menyertakan berbagai aksesori berguna seperti waterproof case, tongsis apung, chest mount, head mount, serta tempelan untuk menempelkannya di berbagai permukaan. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli aksesori tambahan untuk mengajaknya beraktivitas di air atau olahraga lainnya, karena sudah termasuk di dalam paket pembeliannya.

Mudah digunakan
Untuk memudahkan pengguna mengomposisi gambar, Rollei membenamkan layar 2 inci di AC 420. Selain untuk menampilkan gambar, layar ini juga berguna menampilkan menu kamera. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan aplikasi yang terhubung via koneksi Wi-Fi.

rollei-ac-420

Saat dicoba tanpa aplikasi, pengoperasiannya tetap sederhana. Anda cukup menekan tombol shutter beberapa saat untuk menghidupkan dan mematikan kamera, menekan tombol di bawah lensa untuk menyalakan dan mematikan Wi-Fi, serta memilih menu dengan tombol panah di sisi kiri kamera. Untuk menampilkan menu, tekan tombol panah beberapa saat.

Sedangkan pengoperasian dengan ponsel juga sama mudahnya. Setelah diunduh dan dijalankan, Anda tinggal menghubungkan AC 420 ke ponsel menggunakan koneksi Wi-Fi. Melalui menunya, Anda dapat memilih mode perekaman mulai dari timelapse hingga slow motion.

Paket pembeliannya sendiri juga telah menyertakan remote berbentuk gelang yang dapat dipakai di pergelangan tangan. Gelang ini telah dilengkapi dua tombol, satu untuk memotret dan tombol satunya untuk merekam video.

Dengan baterai tanamnya yang tidak bisa diganti sendiri, Rollei AC 420 dapat bertahan sekitar 2 jam untuk merekam video.

rollei-420-action-cam-package

Kualitas video lumayan untuk kelasnya
Rollei AC 420 mampu merekam foto beresolusi 12 megapixel dan video hingga 4K (10fps). Walaupun hasil video 4K cukup baik, namun opsi ini lebih cocok untuk subyek tidak bergerak (seperti pemandangan) mengingat AC 420 hanya mendukung perekaman video 4K pada 10 frame per detik.

Sedangkan untuk merekam aksi cepat atau menghasilkan video yang mulus, Anda dapat menggunakan mode perekaman Full HD @60fps. Pada mode Full HD, hasil video termasuk lumayan pada kondisi cahaya terang di luar ruangan. Dalam kondisi cahaya temaram, hasil videonya terlihat buram tanpa terlihat detail subyek.

Berikut hasil video Rollei AC 420 tanpa color-grading.

Kami juga mencoba memotret dengan Rollei AC420. Hasilnya termasuk standar, mirip seperti kamera ponsel kelas menengah di kondisi cahaya yang optimal. Berikut hasil foto Rollei AC 420 tanpa penyuntingan.

20160926_175141
20160928_175534

Kesimpulan
Dari pengujian singkat kami, Rollei AC 420 memang mudah digunakan dan mampu menghasilkan rekaman video yang cukup lumayan dalam kondisi cahaya optimal. Kelengkapan aksesori dalam paket yang dibanderol dengan harga relatif terjangkau menjadikannya sebagai pilihan yang menggiurkan.

Kekurangannya terletak pada keterbatasan frame di mode video 4K dan kurangnya kualitas rekaman pada kondisi minim cahaya. Jadi bagi Anda yang menginginkan kamera aksi yang mudah digunakan dalam paket pembelian yang lengkap, Rollei AC 420 dapat menjadi pilihan.

Untuk pasar Indonesia, Rollei Action Camera 420 tersedia secara eksklusif di Blibli.com dengan harga Rp2.899.000.

Yang Canggih:
+ Aksesori dalam paket pembelian lengkap
+ Mudah digunakan
+ Layar jelas dan membantu
+ Mendukung aplikasi dengan Wi-Fi
+ Daya tahan baterai cukup panjang
+ Hasil video di kondisi terang cukup oke
+ Harga relatif terjangkau untuk kamera aksi 4K

Yang Kurang:
– Hasil video pada kondisi gelap kurang memadai
– Video 4K terbatas

svg%3E
Review Rollei AC 420
Rollei Action Camera 420
Bagi yang menginginkan kamera aksi dengan penggunaan yang mudah dan paket pembelian yang lengkap, Rollei AC 420 dapat menjadi pilihan.
3.9
Rollei AC 420
Cek Harga
Verified by MonsterInsights