Inilah yang Terjadi Saat Anda Memesan Uber

Transportasi berbasis aplikasi online semakin marak di Indonesia. Salah satu yang paling populer adalah Uber. Melalui aplikasi Uber, Anda bisa dengan mudah mendapatkan tumpangan yang bisa diandalkan untuk sampai ke tujuan, tentunya dengan biaya mulai dari yang rendah hingga premium.

Uber menjanjikan Anda kecepatan mendapatkan transportasi berupa mobil atau motor hanya dalam hitungan menit. Cara pemesanannya pun sangat mudah dengan tiga tahap utama, yakni Request, Ride, dan Rate.

anatomy-uber-ride

Nah, jika Anda penasaran sebenarnya bagaimana skema Uber dari mulai Anda membuka aplikasi hingga sampai ke tujuan, simak ulasannya berikut ini:

Membuka aplikasi Uber

Saat Anda membuka aplikasi Uber, akan muncul pola dan grafik yang telah disesuaikan dengan lokasi Anda. GPS yang terdapat di smartphone Anda akan membuka area lalu meletakkan simbol pin pada lokasi penjemputan.

Ini artinya, Uber tahu di mana Anda berada. Tak hanya itu, Uber juga akan menyesuaikan pengalaman Anda dengan cara kerja seperti Google yang merekam pola pencarian Anda, lalu memberi usulan sesuai data tersebut.

Melakukan pemesanan kendaraan

Untuk memesan kendaraan, Anda harus memasukkan lokasi tujuan Anda. Seperti disebutkan di atas, Uber merekam lokasi tujuan terakhir Anda menggunakan aplikasi ini, dan kemudian mengusulkan kembali lokasi tersebut. Jadi jika tujuan Anda sama, Anda tidak perlu repot-repot memasukkan lokasinya kembali.

Saat tujuan sudah ditetapkan, Anda dapat memilih Request. Uber akan mengirimkan kendaraan ke lokasi Anda berdasarkan beberapa poin berikut:

  • Kendaraan terdekat yang sedang tidak membawa penumpang
  • Ketika permintaan kendaraan sedang tinggi, pengemudi yang tengah mengakhiri perjalanannya dan berada dekat dari lokasi penjemputan Anda
svg%3E

anatomy-uber-ride-2

  • Tujuan pengemudi: Sebanyak dua kali setiap harinya, pengemudi dapat memasukkan informasi tujuan mereka. Ini artinya pengemudi hanya akan mendapatkan pesanan yang sesuai dengan tujuan mereka

Saat pengemudi sudah bergerak menuju tempat Anda, GPS akan berfungsi dan pengemudi akan dipandu hingga sampai ke lokasi penjemputan. Setelah itu, notifikasi Arriving Now akan muncul di layar Anda jika pengemudi telah berjarak dua menit dari lokasi Anda. Anda pun bisa bersiap-siap menunggu si pengemudi tiba.

anatomy-uber-ride-3

Memulai perjalanan hingga sampai ke tujuan

Pengemudi sudah tahu tujuan Anda dan ia dapat menggunakan sistem navigasi seperti WAZE dan Google Maps untuk memandu sampai ke tujuan. Selama perjalanan, GPS akan merekam perjalanan pengemudi maupun penumpang. Selain memastikan transparansi dan akurasi data perjalanan, hal ini juga memungkinkan penumpang untuk membagi informasi perjalanan kepada teman atau keluarga seperti waktu tiba, waktu berangkat, dan sebagainya.

Ketika telah sampai di tujuan, pengemudi akan mengakhiri perjalanan dan biaya akan muncul di layar pengemudi. Anda bisa membayar dengan dua sistem, yakni uang tunai maupun kartu kredit. Untuk kartu kredit, sistem akan mengirimkan laporan ke payment gateway dan membebankan ongkos ke kartu kredit, penumpang akan mendapatkan invoice dengan informasi jelas mengenai struktur biaya perjalanan.

Penilaian untuk pengemudi dan penumpang

anatomy-uber-ride-4

Setelah perjalanan selesai, pengemudi dan penumpang akan ditanya untuk memberikan nilai dalam skala 1 hingga 5 bintang. Sistem penilaian ini sangat penting bagi Uber untuk memastikan mutu pengemudi dan penumpang yang ada di dalam platform, dan memastikan pengemudi dan penumpang mendapatkan pengalaman terbaik.

Verified by MonsterInsights