Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

MediaTek Helio P15: Performa Meningkat, Konsumsi Baterai Lebih Hemat

MediaTek baru-baru ini mengumumkan SoC (System-on-Chip) terbarunya yang sekaligus menjadi anggota teranyar di keluarga Helio series. Disebut Helio P15, chipset tersebut merupakan penerus Helio P10 yang tentunya telah mengalami beberapa peningkatan.

Lebih kencang, konsumsi baterai lebih efisienmediatek-helio-p15Helio P15 dibekali prosesor octa-core Cortex-A53 berkecepatan 2.2 GHz dengan GPU Mali-T860 (dual-core) 800 MHz. Prosesor dan GPU ini sama dengan yang digunakan pada Helio P10, namun clock speed-nya lebih tinggi.

SoC ini dibuat dengan proses manufaktur yang sama dengan P10, yakni TSMC 28nm. Menurut MediaTek, Helio P15 menjanjikan performa 10 persen lebih baik dibanding pendahulunya. Tak hanya itu, konsumsi baterainya pun diklaim lebih efisien. Namun karena masih sama-sama menggunakan TSMC 28nm, penghematan konsumsi baterai pada P15 tidak akan terlalu signifikan dibanding P10.

Mendukung LTE Cat.6

MediaTek Helio P15 dapatĀ disisipkan RAM LPDDR3-933MHz. Untuk urusan konektivitas, SoC ini dijejali dukungan LTE Cat.6, termasuk dual carrier aggregation. Sementara spesifikasi lainnya kurang lebih masih sama dengan Helio P10.

Sayangnya belum ada kejelasan kapan perangkat yang telah menggunakan Helio P15 akan mulai beredarĀ di pasaran. Meski begitu, sama seperti saudaranya, SoC ini diprediksi akan banyak ditemui pada perangkat kelas menengah.

Back to top button