RED Weapon dan Epic-W: Kamera Video 8K Seharga Mobil Mewah

Di kala para produsen kamera masih saling beradu meningkatkan kemampuan fitur rekam video 4K di kameranya, RED, melaju kedepan dengan mengumumkan kamera video yang bisa merekam video di resolusi 8K. Kamera terbarunya ini yaitu RED Weapon dan EPIC-W yang dipersenjatai sensor Helium 8K S35.

red-weapon-8k

RED Weapon sebenarnya bukanlah produk baru. Sebelumnya, RED telah merilis Weapon dengan sensor 6K Dragon. Versi terbarunya, RED Weapon kini hadir dengan sensor Helium 8K S35.

Kendati demikian, RED memberikan 2 opsi yang sangat menarik pada konsumennya. Opsi pertama, jika Anda sebelumnya pengguna RED Weapon dengan sensor 6K Dragon, RED membuka peluang untuk mengganti sensor 6K Dragon dengan sensor Helium 8K S35 agar bisa merekam video 8K. Bahkan, kedepannya pengguna juga bisa mengganti sensor tersebut dengan sensor Red yang akan datang nanti yaitu Dragon 8K VV (Vista Vision).

red-epic-w

Opsi kedua, RED menyediakan versi yang lebih hemat yaitu Epic-W. Selain dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, Epic-W juga hadir dengan bodi yang lebih kecil.

svg%3E

RED Weapon dengan sensor Helium 8K S35 memungkinkan pengguna untuk merekam video 8K di 60fps. Namun, khusus untuk RED Epic-W kemampuan rekam videonya terbatas hingga 8K 30fps. Selain merekam video, kamera ini juga bisa mengambil foto resolusi tinggi hingga 35.4 megapixel. Kecepatan transmisi datanya mencapai 800MB/s dan mendukung perekaman video dalam format RAW RED, Apple ProRES atau Avid DNxHD/HR.

Lalu mungkin Anda bertanya apa untungnya menggunakan kamera ini? Sensor dengan 8K hadir dengan jumlah pixel yang 2 kali lebih banyak dari sensor 6K dan 4 kali lebih banyak dari sensor 4K.

Walau begitu, meski Anda punya kamera video dengan sensor 8K bukan berarti video harus dirilis di resolusi 8K. Ini karena memang belum ada yang merilis video di resolusi 8K.

Dengan sensor 8K, peluang Anda untuk melakukan penyuntingan video semakin terbuka lebar. Disinilah keuntungan merekam video dengan sensor 8K. Anda bisa menghasilkan video 4K dengan kualitas yang lebih tinggi. Proses crop dan pan saat penyuntingan pun bisa dilakukan lebih mudah.

Sensor dengan 8K juga menawarkan kualitas gambar yang lebih tajam, cakupan dynamic range yang lebih luas dan kendali ISO yang lebih baik di ISO tinggi. Cakupan dynamic range yang lebih luas ini juga menjadikan pengguna untuk bisa menghasilkan video HDR yang tentunya merupakan opsi yang sangat menarik untuk para sinematografer.

Jika berminat, RED akan menjual Helium 8K dengan harga US$49,500 dan Epic-W harganya US$29,500.

Verified by MonsterInsights