Gantikan Nexus, Google Resmi Luncurkan Pixel dan Pixel XL

Setelah rumornya ramai beredar di dunia maya, Google akhirnya secara resmi memperkenalkan duo smartphone terbarunya yang diberinama Pixel dan Pixel XL. Ya, ini sekaligus menjadi awal dari brand baru tersebut untuk menggantikan seri Nexus.

Tawarkan spesifikasi kelas atas

google-pixel-2

Dalam menggarap Pixel dan Pixel XL, Google kembali menggandeng HTC, perusahaan yang dulu juga menjadi partner Google ketika meluncurkan smartphone Nexus pertama.

Yang menarik dari Google Pixel dan Pixel XL adalah spesifikasinya yang menawarkan hardware setara dengan seri premium dari brand ternama. Sebut saja salah satu SoC terkencang yang ada saat ini, yakni Qualcomm Snapdragon 821.

RAM yang dibenamkan pada kedua smartphone tersebut berkapasitas 4 GB. Untuk urusan memori internal, Google menawarkan opsi mulai dari 32 GB hingga 128 GB. Tak hanya itu, keduanya juga sudah menggunakan USB Type-C.

Sektor kamera menjadi bagian dari fitur andalan di Google Pixel dan Pixel XL. Pengguna akan menemukan sensor 12 megapixel 1.55µm, dengan aperture f/2.0 dan dukungan Electronic Image Stabilization.

google-pixelKamera ini diklaim mampu menghasilkan foto yang sangat baik. Bahkan, kamera dari Pixel dan Pixel XL meraih skor 89 di DxOMark yang menjadikannya bertengger di posisi paling tinggi saat ini. Google pun mengklaim kamera tersebut paling cepat untuk menangkap gambar dibanding kamera smartphone lainnya.

Yang membedakan Pixel dan Pixel XL adalah soal ukuran layar. Sama-sama menggunakan teknologi AMOLED, Pixel hadir dengan layar 5 inci yang resolusinya 1080p (441ppi). Sedangkan Pixel XL menawarkan ukuran 5,5 inci Quad HD dengan 534ppi. Baterai pun menjadi pembeda keduanya. Google Pixel memiliki baterai 2770mAh, sementara saudaranya 3450mAh.

Selain untuk memberikan performa yang bertenaga, keberadaan berbagai hardware di atas juga merupakan langkah Google untuk menjadikan duo Pixel sebagai smartphone yang mendukung penuh Virtual Reality melalui Daydream View headset.

Smartphone pertama dengan Google Assistant

Tak sekadar dibekali hardware papan atas, Google juga menyisipkan berbagai fitur menarik dari segi software pada duo smartphone yang mengadopsi sistem operasi Android 7.1 Nougat ini. Salah satunya adalah Google Assistant yang dapat membantu pengguna melakukan banyak hal.

google-assistant

Dengan menekan tombol Home selama beberapa saat, Google Assistant dapat diperintah mengerjakan sesuatu melalui suara pengguna. Dalam demonya, Google Assistant memamerkan kemampuannya untuk mencari foto-foto yang diambil pada momen atau lokasi tertentu, memutar musik, memilih lagu favorit, dan sebagainya.

Yang lebih menarik, para pengguna Google Pixel dan Pixel XL akan mendapatkan kapasitas penyimpanan data di cloud dalam jumlah tak terbatas, secara gratis untuk semua foto dan dan video yang diabadikan dengan smartphone tersebut. Tak ketinggalan seperti pada seri Nexus, duo Pixel akan menjadi yang pertama mendapatkan update sistem operasi Android terbaru.

Harga premiumgoogle-pixel-back-cover

Semua penawaran di atas mengharuskan pengguna menyiapkan dana yang jumlahnya kurang lebih setara dengan harga smartphone premium lainnya. Google Pixel 32 GB dibanderol US$649 atau sekitar 8,4 juta rupiah, sementara versi 128 GB dihargai US$749 atau sekitar 9,7 juta rupiah.

Untuk Pixel XL, pengguna bisa menebusnya dengan dana US$769 atau sekitar 10 juta rupiah, sementara versi 128 GB dijual seharga US$869 (11,2 juta rupiah).

Verified by MonsterInsights