Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphoneWearable

Google Daydream View: Headset Virtual Reality dengan Controller yang Bisa Mendeteksi Gerakan

Selain meluncurkan duo smartphone Pixel, Google juga meresmikan kehadiran headset Virtual Reality (VR) garapannya yang diberinama Daydream View. Meski secara garis besar konsepnya masih sama dengan Google Cardboard, headset ini diklaim mampu memberikan pengalaman yang lebih immersive.

Nyaman digunakan

google-daydream-view-vr-headset-1

Satu hal yang harus digarisbawahi dari Daydream View adalah, Google tidak membuatnya dengan dominasi bahan plastik seperti yang sering ditemui pada headset VR lainnya. Google lebih memilih menggunakan bahan semacam kain (material untuk pakaian) sebagai lapisan luarnya.

Selain bahannya yang lembut, menurut Google Daydream View juga ringan sehingga membuatnya lebih nyaman untuk dikenakan di kepala. Bahkan, bahan yang mereka gunakan ini memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Facepad-nya juga empuk dan bisa dilepas untuk dicuci. Google juga mengklaim bahwa semua pengguna yang memakai kacamata tidak akan kesulitan menggunakan Daydream View.

Dibekali controller khusus

Fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh Google Daydream View adalah keberadaan wireless controller khusus yang didesain sederhana serta mudah digunakan. Controller ini sudah memiliki berbagai sensor pintar untuk mendeteksi gerakan, serta tombol-tombol untuk mengendalikan banyak hal termasuk volume.

google-daydream-view-vr-headset-5

Dengan controller tersebut, pengguna bisa mengayunkan tongkat baseball, menyetir sebuah pesawat tempur, atau bahkan menggunakannya layaknya sebuah tongkat sihir untuk mengeluarkan mantera.

Dalam peluncurannya nanti, Google Daydream View akan hadir bersama dengan konten yang menawarkan pengguna memasuki dunia sihir Harry Potter secara virtual. Keberadaan konten VR tersebut sekaligus untuk menyambut film Fantastic Beasts and Where to Find Them yang akan tayang dalam waktu dekat.

google-daydream-view-vr-headset-7

Google Daydream View rencananya akan beredar di pasaran pada bulan November 2016 mendatang. Soal harga, pengguna yang berminat bisa membelinya dengan dana sebesar US$79 atau sekitar 1 juta rupiah. Pengguna memiliki tiga opsi untuk warna, yakni Slate, Snow, dan Crimson.google-daydream-view-vr-headset-4Perlu diketahui bahwa untuk saat ini baru duo Google Pixel yang tercatat sebagai smartphone yang sudah mendukung fungsi Google Daydream secara penuh.

Back to top button