Facebook Luncurkan Fitur Marketplace untuk Mudahkan Jual-Beli Online Antar Pengguna

Sebagai media sosial terbesar di dunia, tak dapat dipungkiri bahwa Facebook selama ini sering dimanfaatkan para penggunanya sebagai sarana jual-beli barang. Apalagi ketika mereka memiliki komunitas tertentu yang sekaligus memudahkan seorang pengguna mencari barang yang mereka inginkan.

Untuk lebih memfasilitasi hal itu, Facebook akhirnya meluncurkan fitur bernama Marketplace yang ditujukan untuk mendukung kegiatan jual-beli antar pengguna.

Lebih mudah mencari barang atau ‘membuka lapak’

facebook-marketplace

Melalui Facebook Marketplace, pengguna bisa lebih cepat ketika ingin mencari barang yang mereka inginkan dan membelinya. Sebaliknya, penjual pun lebih mudah menawarkan barang yang akan mereka jual.

Facebook Marketplace memiliki tiga fitur utama. Yang pertama adalah Browse To Buy untuk memudahkan mencari barang. Yang kedua adalah Sell Your Stuff yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang ingin menjual barang. Melalui fitur ini, memasukkan foto, deskripsi, dan harga menjadi lebih cepat.

svg%3E

Terakhir adalah Search Your Surrounding untuk browsing berdasarkan kategori yang spesifik. Pengguna juga bisa mencari barang berdasarkan lokasi terdekat dan harga yang diinginkan. Setelah menemukan barang yang diinginkan, pembeli bisa langsung bernegosiasi dengan penjualnya.

facebook-marketplace-2

Perlu digarisbawahi bahwa Facebook Marketplace tidak menyediakan layanan pembayaran. Ketika pembeli dan penjual telah sepakat, mereka harus mengatur proses pembayaran dan pengantaran barang sendiri. Facebook Marketplace hanya berfungsi sebagai penyedia lahan agar penjual dan pembeli dapat bertemu.

Hadir di aplikasi Android dan iOS

Fitur Marketplace nantinya tersedia di aplikasi Facebook untuk Android dan iOS. Meski begitu, untuk saat ini baru pengguna di Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Selandia Baru saja yang bisa memanfaatkannya.

Belum ada keterangan kapan negara lainnya akan kedatangan Facebook Marketplace. Begitu pula dengan ketersediaanya di Facebook yang diakses melalui browser.

Verified by MonsterInsights