Quantcast
Foto & VideoKamera DSLRNews

[Photokina 2016] Sony a99 II: SLT Full Frame Pertama di Dunia dengan 5-Axis Image Stabilization dan Autofocus 4D

Sejak kemunculan DSLT full frame pertamanya, Sony a99, di tahun 2012 lalu, lini kamera full frame SLT (Single Lensa Translucent) Sony seakan tenggelam dan kalah populer dengan popularitas kamera mirrorles full frame miliknya yang terus naik daun.

Walau begitu, Sony ternyata masih belum melupakan lini kamera full frame SLT yang dikembangakannya ini. Mengambil momen ulang tahun ke 10 lini Sony Alpha, Sony menghadirkan generasi kedua dari Sony a99.

sony-a99-ii-1

Sensor Full Frame 42.4 megapixel
Sejumlah pembaruan bisa ditemukan di Sony a99 II. Dengan bodi yang 8% lebih kecil dari versi pertamanya, a99 II kini hadir dengan rancangan sensor baru.

Sensor CMOS EXMOR R 42.4 megapixel yang digunakannya hadir dengan desain gapless-on-chip yang diklaim mampu meningkatkan kemampuan sensornya mengumpulkan cahaya dan membaca data lebih cepat.

Dampaknya, kinerjanya di kondisi cahaya minim akan lebih andal dengan hasil foto yang lebih minim noise meski menggunakan ISO tinggi. Cakupan dynamic range juga lebih luas di beragam pengaturan ISO yang tersedia dari ISO 100 hingga 25600 (bisa diperluas dari ISO 50 hingga ISO 102400). Sony juga meniadakan optical low-pass filter agar bisa mendapatkan hasil foto yang lebih tajam dan detil.

Sistem Autofocus 4D
sony-a99-ii-2
Di sektor autofokus, a99 II menjadi kamera full frame perdana Sony yang mengusung sistem autofokus 4D. Sistem autofokus ini mengandalkan Hybrid Phase Detection AF yang terdiri dari 79 titik autofokus phase detect terpisah dengan 399 jumlah titik autofokus phase detection. 79 titik autofokus hybrid inilah yang akan membantu kinerja autofokusnya agar lebih cepat dan mampu melakukan pencarian fokus pada subjek yang bergerak.

Mengusung teknologi Translucent, pengguna juga bisa menikmati kinerja autofokus continuous secara live view di mode foto atau video. Autofokusnya ini pun diklaim akan lebih andal di kondisi yang minim cahaya.

5-axis SteadyShot
sony-a99-ii-3
Sony a99 II juga menjadi kamera full frame A-mount Sony pertama yang dilengkapi dengan fitur image stabilization 5 sumbu untuk memastikan hasil bidikan bisa tetap tajam dan minim blur. Hanya dengan menekan setengah tombol shutter, efek dari image stabilization ini bisa langsung terlihat di jendela bidik atau layarnya.

Bisa rekam video 4K
Di sektor video, a99 II mampu merekam video 4K di format XAVC S. Melengkapi fitur videonya telah tersedia mode pengambilan video gerakan lambat 5X dan gerakan cepat 60x. Fitur profesional lainnya termasuk profil gambar, time code, HDMI output, gamma assist, zebra mode, S-Log3 dan S-Log2 gamma.

sony-a99-ii-4

Fitur lain yang bisa ditemukan di Sony a99 II berikut ini
– Body tahan debu dan lembab
– Jendela bidik elektronik OLED TruFinder dengan 0.78x pembesaran
– Layar 3.0 inci yang bisa dimiringkan
– Mampu memotret continuos dengan kecepatan 12fps dengan autofokus
– slot kartu SD ganda
– shutter rate hingga 300.000
– Konektivitas Bluetooh
– Lensa Sony A-Mount

Harga dan ketersediaan
Sony a99 II akan mulai tersedia di bulan November 2016. Harganya dipatok US$3200.

Back to top button