Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

[Photokina 2016] Fujifilm Umumkan GFX 50S, Kamera Mirrorless Medium Format Perdananya

Fujifilm kembali mendobrak dunia fotografi. Mengambil kesempatan ajang pameran fotografi terbesar di Eropa, Photokina 2016, pabrikan kamera asal Jepang ini mengumumkan kamera mirrorless pertamanya yang menggunakan sensor medium format yaitu GFX 50S.

fujifilm-gfx_front

Sensor Medium Format Digital Pertama Fujifilm
Rumor kehadiran kamera ini memang sudah santer terdengar sejak Juni lalu. Hasselblad sebagai pionir kamera mirrorless medium format pun nampaknya harus bersiap diri menghadapi persaingan dari Fujifilm. Pasalnya, Fujifilm GFX 50S hadir dengan sederetan inovasi baru dari Fujifilm.

Jika kamera Fujifilm pada umumnya mengusung sensor CMOS X-Trans dan prosesor EXR, GFX 50S kini hadir dengan sensor dan prosesor baru yaitu CMOS G-Sensor dan prosesor X-Processor Pro.

fujifilm-gfx_front_evf2

Sebagai kamera medium format, sensornya ini berukuran 43.8 × 32.9mm yang 4x lebih besar dibandingkan sensor berukuran APS-C dan 1.7x lebih besar dari sensor Full Frame.

Sensornya ini bisa menghasilkan foto hingga resolusi 51.4 megapixel, setara dengan kamera medium format dari Pentax, Pentax 645Z, dan Hasselblad X1D yang merupakan kamera mirrorless medium format pertama di dunia. Menyesuaikan kebutuhan pengambilan gambar, selain bisa menghasilkan gambar dengan aspek rasio 4:3 sensornya juga mampu menghasilkan gambar di aspek rasio 3:2, 1:1, 4:5 dan 6:17.

Bodi lebih ringkas
Seperti Hasselblad X1D, Fujifilm GFX 50S juga disiapkan dengan bodi yang tidak terlalu besar seperti kamera medium format pada umumnya. Sekilas tampilannya mirip XT-2, dengan bodi dan hand grip yang tampak sedikit lebih besar.

Fujifilm GFX 50S belum dilengkapi dengan jendela bidik elektronik. Namun Anda bisa menambahkan jendela bidik elektronik jika dibutuhkan. Jendela bidik ini juga didukung dengan Tilt adapter opsional yang memungkinkan jendela bidik elektroniknya ini bisa diputar dan dimiringkan. Selain jendela bidik elektronik, tersedia juga aksesoris lainnya yaitu Vertical Battery Grip untuk membantu pengambilan gambar di posisi portrait.

Mengusung sensor baru, GFX 50S juga hadir dengan dudukan lensa yang diberi nama G Mount. Koleksi lensa yang kompatibel dengan G Mount ini masuk ke lini lensa Fujinon GF. Tercatat ada 6 lensa yang sudah disiapkan Fujifilm untuk kamera medium format perdananya ini, diantaranya 63mm f/2.8, 32-64mm f/4, 120mm f/4), 110mm f/2, 23mm f/4, dan 45mm f/2.8.

Meski belum diungkapkan lebih detil spesifikasi, banderol harga dan jadwal ketersediannya di pasaran, Fujifilm sudah merencanakan kamera ini akan mulai dijual tahun 2017 nanti.

Back to top button