[IFA 2016] ASUS ZenWatch 3: Yang Pertama Dengan Snapdragon Wear 2100 dan Desain Bulat

IFA 2016 menjadi saksi kemunculan generasi ketiga jam tangan pintar dari ASUS. Setelah 2 generasi mempertahankan desain kotak, akhirnya pabrikan asal Taiwan ini ikut tergoda meluncurkan jam tangan berdesain bulat mengekor para kompetitornya seperti Motorola, Huawei dan LG.

Desain bulat dengan 3 tombol
ASUS ZenWatch 3-1

Masih tetap berpegang pada prinsip desain ala Zen yang tampil premium dan elegan, ZenWatch 3 tampil beda dengan mengadaptasi gaya jam tangan chrono.

Gaya desainnya terlihat lebih maskulin dan kini terdapat 3 buah tombol fisik yang menempel di bodinya yang terbuat dari bahan stainless steel 316L ini. Dengan 3 tombol tersebut, ASUS berharap pengguna bisa merasakan pengalaman menggunakan jam tangan pintar yang lebih maksimal namun tetap terasa seperti menggunakan jam tangan konvensional. Sebagai cotoh, tombol atasnya ini bisa difungsikan untuk membuka cepat salah satu aplikasi favorit Anda.

Selain itu ZenWatch 3 juga telah mengantongi sertifikasi IP67 yang artinya jam tangan ini akan tahan dengan debu dan cipratan air.

Diameter 45mm dengan Layar sentuh AMOLED
Jika Anda berpikir jam tangan ini berukuran kecil, nyatanya ASUS ZenWatch 3 hadir dengan diameter 45mm. Menempati posisi kedua setelah MOTO 360 2nd gen yang berukuran besar 46mm dan Huawei Watch di urutan ketiga dengan diameter 42mm.

Di sektor layar, ASUS melengkapinya dengan Layar AMOLED berukuran 1.39 inci. Dengan resolusi layar 400 x 400 pixel dan tingkat kerapatan pixel yang mencapai 287 ppi, ZenWatch 3 terlihat menjanjikan dengan tampilan di layarnya yang tajam. Untuk perlindungan ekstra, layarnya juga telah diperkuat dengan lapisan Gorilla Glass 3.

Sebagai catatan, layarnya ini nyaris identik dengan layar Huawei Watch yang juga mengusung layar AMOLED yang ukurannya sedikit lebih besar, 1.4-inci dengan resolusi 400 x 400 pixel, 286ppi.

ZenWatch Pertama dengan Snapdragon Wear, baterai bisa tahan 2 hari
ASUS ZenWatch 3 adalah jam pintar pertama ASUS yang menggunakan chipset khusus jam tangan pintar dari Qualcomm, Snapdragon Wear 2100. RAM yang dimilikinya sebesar 512MB dan tersedia ruang penyimpanan internal yang berkapasitas 4GB.

Selain performa yang lebih optimal, penggunaan chipset Snapdragon Wear 2100 nampaknya juga berdampak pada konsumsi daya yang lebih hemat. ASUS mengklaim ZenWatch 3 bisa digunakan hingga sekitar 2 hari dengan baterainya yang berkapasitas 341mAH. ASUS pun memperbarui teknologi pengisian ulang cepatnya, HyperCharge, yang kini bisa isi ulang lebih cepat. Untuk isi ulang dari 0 hingga 60% kini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Sementara konektivitasnya, seperti jam tangan pintar lain ASUS ZenWatch 3 juga telah dilengkapi dengan Bluetooth dan WiFi. Dan sekali lagi, ASUS nampaknya belum berminat menyusul Huawei dan Motorola yang telah menyematkan modul GPS atau sensor pemantau detak jantung pada jam tangan pintarnya.

Fitur Lebih Menarik
Seperti keluarga ASUS ZenWatch lain, ZenWatch 3 juga tetap masih menjalankan OS Android Wear. Sejumlah fitur pun ikut ditambahkan agar jam tangan ini tambah menarik. Untuk menyesuaikan gaya pengguna, ASUS telah menyediakan 6 tema dan 50 watch face yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Selain itu, ASUS juga menyediakan aplikasi FaceDesigner yang memungkinkan pengguna membuat watch face sesuai dengan keinginan.

Selain itu, ASUS ZenWatch 3 juga kini dilengkapi dengan aplikasi ZenFit. Aplikasi pemantau kebugaran ini mampu memantau aktivitas Anda seperti menghitung jumlah langkah kaki harian Anda dengan sangat akurat dengan tingkat akurasi 95 persen.

3 Pilihan warna, harga tetap terjangkau
Untuk pilihan warnanya, ASUS menyediakan ASUS ZenWatch 3 dalam 3 pilihan warna yaitu rose gold, gunmetal dan silver. Kabar baiknya, harga ASUS ZenWatch 3 tetap lebih terjangkau dibandingkan kompetitornya seperti yang lain dengan harganya yang hanya dibanderol US$225 atau sekitar 3 jutaan Rupiah.

[table th=”0″]” “;ASUS ZenWatch 3
SoC; Qualcomm Snapdragon™ 2100
OS; Android Wear™
Layar; AMOLED 1.39-inci (400 x 400 pixel, 287ppi)
Dimensi; diameter 45mm
Memori Internal; 4GB
RAM; 512MB
Baterai; 341mAh
Konektivitas; WiFi, Bluetooth
Warna; rose gold, gunmetal dan silver
[/table]

Verified by MonsterInsights