Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Xiaomi Redmi Note 3 (Snapdragon 650)

Kehadiran produk-produk Xiaomi di Indonesia selalu menarik perhatian para fans smartphone berbasis Android. Alasannya tak lain karena harganya yang cukup terjangkau, namun menawarkan spesifikasi yang bisa diandalkan.

Meski begitu, sayangnya tak semua produk garapan Xiaomi hadir melalui jalur yang resmi di Tanah Air. Hasilnya, masalah garansi pun terkadang menjadi kendala yang harus dihadapi oleh pengguna. Untungnya ada Erafone yang belakangan mulai menyediakan berbagai perangkat dari Xiaomi. Dan yang terbaru adalah Redmi Note 3 dengan Snapdragon 650, atau yang juga dikenal dengan nama Redmi Note 3 Pro.

Ingin tahu seperti apa keunggulan dari smartphone ini? Langsung saja simak ulasannya:

Desain menawan ala kelas premium

Xiaomi Redmi Note 3 (Erafone) (8)

Dengan banderol yang masih di bawah 3 juta rupiah, Xiaomi Redmi Note 3 hadir dengan penampilan yang menawan berbalut material metal dengan warna Gold. Sudut-sudut ergonomis dan built quality-nya yang sangat baik mampu menimbulkan kesan yang biasanya didapat ketika menggenggam smartphone premium.

Berbekal layar 5,5 inci, Redmi Note 3 tergolong cukup lebar meski masih cukup mudah untuk dioperasikan dengan satu tangan. Ketebalan dan bobotnya tidak berlebihan, yakni 8,7mm dengan berat 164 gram. Nyaman untuk dibawa dengan memasukkannya ke dalam saku celana.

Ratio layar terhadap bodi terlihat cukup pas, yang artinya layar nampak lapang dengan tetap mempertahankan kerampingan. Di bagian belakang, Anda akan menemukan sensor sidik jari yang posisinya terletak di bawah kamera.

Xiaomi Redmi Note 3 (Erafone) (7)

Menurut kami posisi sensor sidik jari semacam ini merupakan yang paling praktis dan mudah diakses. Selain itu, sensor sidik jari pada Xiaomi Redmi Note 3 terasa cukup cepat dalam membaca dan mengenali jari pengguna.

Layar lebar, cocok untuk nonton film atau bermain game

Seperti disebutkan sebelumnya, layar Xiaomi Redmi Note 3 berukuran 5,5 inci. Berbasis teknologi IPS dengan resolusi Full HD (1080 x 1920), layar ini tergolong tajam dan mampu memberikan keluaran warna yang kaya serta sedap dipandang. Cocok untuk menikmati film-film HD atau untuk bermain games.

Xiaomi Redmi Note 3 (Erafone) (2)

Terasa responsif terhadap sentuhan, dan tidak mengalami penurunan kualitas meski dilihat dari samping. Penggunaan di bawah sinar matahari pun tidak menjadi masalah. Xiaomi Redmi Note 3 memang belum dilapisi perlindungan dari Gorilla Glass. Walaupun demikian, kaca yang digunakan terbukti cukup tangguh dan tahan terhadap goresan.

Di sektor audio, Xiaomi tidak membenamkan fitur khusus untuk mendongkrak kualitas suara yang dikeluarkan oleh Redmi Note 3. Lumayan jernih dan lantang ketika digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton video, namun tidak ada yang spesial. Akan tetapi, Xiaomi menyediakan fitur ‘Headphones & Audio Effects’ yang berguna untuk menyesuaikan pengaturan audio tergantung jenis headphone yang digunakan.

Redmi Note 3 headphone

MIUI 7, sederhana dan bersih

Xiaomi Redmi Note 3 mengadopsi MIUI 7 yang dibangun dengan basis Android 5.1 Lollipop. User interface ini nampak sangat sederhana tanpa App Drawer, dan versi yang dijual secara resmi di Erafone bersih dari bloatware. MIUI 7 didesain agar ringan dan mudah digunakan. Akses menuju berbagai fitur pun dapat dijangkau dengan cepat.

Tidak ada fitur unik yang dibenamkan oleh Xiaomi. Tapi ada beberapa yang menarik dan berguna, misalnya Text Size untuk mengganti ukuran font, Lite Mode untuk mengubah interface menjadi super sederhana dan lebih hemat baterai, serta Child Mode yang sesuai namanya, ditujukan khusus agar Redmi Note 3 lebih aman dipakai oleh anak-anak.

Ada pula Quick Ball yang bisa dijangkau melalui kolom ‘additional settings’. Jika diaktifkan, fitur ini akan memunculkan sebuah shortcut berbentuk bola yang memudahkan Anda untuk mengunci layar, mengambil screenshot, mengakses Recent Apps, dan yang lainnya. Terakhir, ada One-handed Mode jika Anda merasa Redmi Note 3 sulit dikendalikan dengan satu tangan.

Kamera lumayan

Kamera selalu menjadi pertimbangan utama bagi sebagian besar pengguna ketika memilih sebuah smartphone. Xiaomi pun melihat hal tersebut sebagai salah satu hal yang harus mereka perhatikan ketika menciptakan Redmi Note 3 (versi Snapdragon 650).

Hasilnya, Xiaomi membenamkan kamera belakang dengan sensor 16 megapixel lengkap dengan Phase Detection AutoFocus yang cepat dan dual LED flash untuk hasil jepretan yang natural di tempat gelap. Di depan, ada kamera 5 megapixel yang siap menemani penggunanya untuk selfie kapanpun dan dimanapun.

Secara user interface, Xiaomi tergolong menyajikan aplikasi kamera dengan tampilan yang sederhana. Akses ke beberapa fitur seperti filter dan pergantian mode pemotretan cukup mudah dan cepat. Hanya perlu menggeser layar ke atas atau ke bawah ketika memotret dalam format landscape. Xiaomi juga menyediakan mode pengaturan manual, walaupun Anda hanya bisa mengubah setting untuk ISO dan white balance saja.

Hasil jepretan dari Redmi Note 3 terbilang lumayan, khususnya untuk pemotretan di luar ruangan alias dengan cahaya yang cukup. Nampak tajam dengan reproduksi warna yang tidak jelek, namun juga bukan yang paling menawan.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja lihat hasil foto Redmi Note 3 di bawah ini. Hasil yang lebih lengkap juga bisa diakses melalui akun Flickr YangCanggih.com.

Hasil Foto Redmi Note 3 (7)

Hasil Foto Redmi Note 3 (9)

Performa sangat baik di kelasnya

Xiaomi Redmi Note 3 hadir dengan hardware yang sangat baik di kelasnya. Konsep yang jelas selalu ditonjolkan oleh Xiaomi dengan tetap menekan harga di angka yang kompetitif. Bahkan, bisa dibilang untuk kelas menengah smartphone ini memiliki hardware pendukung performa yang menggiurkan dibanding para pesaingnya.

Berbekal SoC Qualcomm Snapdragon 650 hexa-core dengan GPU Adreno 510 dan RAM 2 GB, performa Redmi Note 3 tak perlu diragukan lagi. Semua kebutuhan Anda mulai dari menjalankan aplikasi sehari-hari hingga bermain game 3D yang membutuhkan kinerja tinggi, Redmi Note 3 dapat memfasilitasinya tanpa masalah.

Selain itu, Anda juga akan menemukan memori internal 16 GB yang jika masih kurang dapat ditambahkan melalui slot microSD yang mampu menampung hingga kapasitas 32 GB. Satu hal yang mungkin cukup disayangkan, Erafone belum menyediakan versi yang telah dibekali RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Agar lebih menggambarkan seperti apa performa dari smartphone ini, berikut hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan di Redmi Note 3.

Baterai mantap

Xiaomi Redmi Note 3 menawarkan baterai berkepasitas 4050 mAh. Ukuran yang tergolong besar dan sangat menjanjikan jika Anda mencari perangkat yang bisa menemani aktivitas seharian penuh tanpa harus pusing mengisi ulang daya.

Terbukti, Redmi Note 3 memang memiliki baterai yang awet untuk pemakaian normal dari pagi hingga malam. Bahkan, jika Anda jarang menjalankan aplikasi yang berat seperti game atau menonton video, smartphone ini bisa menyala hingga 2 hari. Sangat memuaskan.

Pengujian menggunakan aplikasi PCMark for Android (battery test) pun menunjukkan angka yang mantap. Berikut hasilnya:

Kesimpulan

Xiaomi memang punya potensi yang besar untuk tampil setara dengan jajaran nama besar lainnya di pasar smartphone Indonesia saat ini. Redmi Note 3 adalah contoh nyata bahwa produsen asal China tersebut mampu menawarkan spesifikasi yang biasanya lebih sering ditemukan di smartphone dengan harga yang lebih mahal.

Xiaomi Redmi Note 3 (Erafone) (1)

Sayangnya Xiaomi masih sulit untuk mendongkrak pangsa pasarnya di Tanah Air karena masih terkendala peraturan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Akibatnya, Redmi Note 3 yang dijual secara resmi melalui Erafone ini belum mendukung jaringan 4G LTE.

Namun secara keseluruhan Xiaomi Redmi Note 3 adalah smartphone yang sangat menarik untuk dilirik. Perpaduan hardware yang bertenaga, layar besar yang tajam, sensor sidik jari, dan desain yang premium menjadi sajian yang komplit untuk bersaing di kelas menengah dan tampil lebih menonjol dibanding lawan-lawannya.

Dibanderol Rp2.599.000 (free Mi LED) dan bisa dibeli di semua gerai Erafone, Redmi Note 3 cocok untuk Anda yang belum memiliki budget besar namun menginginkan smartphone Android yang kencang dengan fitur yang bisa diandalkan.

Yang Canggih:

+ Performa kencang dibandingkan pesaingnya di kelas yang sama
+ Layar lebar dan tajam (Full HD)
+ Desain premium dengan bahan metal
+ Ada sensor sidik jari
+ MIUI 7 simple dan bebas bloatware
+ Baterai besar
+ Harga sangat kompetitif
+ Garansi resmi

Yang Kurang:

– Dukungan jaringan 4G dinonaktikan
– Akan lebih menarik jika Erafone menghadirkan opsi RAM 3 GB dan memori internal 32 GB

Alternatif lain:

Jika Anda merasa 4G adalah syarat mutlak ketika memilih smartphone, ada pilihan lain yang juga layak dilirik yakni Lenovo Vibe K5 Plus (RAM 3 GB) yang dibanderol Rp2.499.000. Meski begitu, SoC yang ditanamkan masih kalah bertenaga dibanding Redmi Note 3.

Ada pula Asus ZenFone Selfie jika Anda menginginkan kamera depan yang lebih baik. Smartphone ini dibanderol Rp2.999.000.

[table]Spesifikasi;Xiaomi Redmi Note 3 (Redmi Note 3 Pro)
Prosesor;Qualcomm Snapdragon 650 hexa-core
GPU;Adreno 510
Layar;IPS 5,5 Inci Full HD
RAM;2 GB
Memori Internal;16 GB
Kamera;Belakang 16 megapixel (PDAF, Dual-LED flash) / Depan 5 megapixel
Baterai;4050 mAh
Konektivitas;Bluetooth, A-GPS, GLONASS, Wi-Fi a/b/g/n, microUSB
OS;Android 5.1 Lollipop (MIUI 7)
Dimensi;150 x 76 x 8.7 mm / berat 164 gram
Fitur;Sensor sidik jari
[/table]

2 komentar

    1. @difa
      Harusnya sudah LTE. Cuma karena belum dapat memenuhi ketentuan TKDN di Indonesia, Xiaomi Redmi Note 3 yang dijual resmi “belum” boleh yang versi 4G LTE.

Back to top button