Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Review Oppo F1s

Melalui peluncuran F1s beberapa waktu yang lalu di Indonesia, Oppo kembali memperkaya jajaran ‘cameraphone’ yang tergabung dalam keluarga Selfie Expert. Sesuai konsepnya, Oppo F1s lagi-lagi dibekali kamera depan yang mumpuni.

Ingin tahu apa saja keunggulan dari Oppo F1s? Simak ulasannya berikut ini.

Desain tipis dan premium

oppo f1s package

Beberapa smartphone garapan Oppo memang tampil dengan desain yang menawan. F1s pun demikian. Sudut-sudut yang ergonomis, material metal, serta balutan warna Gold (versi yang kami review) nampak begitu menarik mata.

Rasa premium langsung muncul ketika tangan bersentuhan dengannya. Walaupun dibekali layar yang lebar, yakni 5,5 inci, Oppo F1s tidak terlihat bongsor alias tetap ramping.

Bodi Oppo F1s tergolong tipis. Ketebalannya hanya 7,4 mm dengan berat 160 gram. Nyaman ketika digenggam dan mudah dioperasikan dengan satu tangan, serta tak akan menemui masalah untuk dimasukkan ke dalam saku. Selain itu, smartphone ini juga tidak licin sehingga mengurangi potensi terlepas dari genggaman.

Di bagian depan Anda akan melihat tombol Home fisik yang didampingi dua buah softkey di kiri dan kanannya. Perlu diketahui bahwa tombol Home tersebut sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Layar lebar, cocok untuk semua kebutuhan

Oppo F1s menawarkan layar dengan teknologi IPS berukuran 5,5 inci yang mengandalkan resolusi 720 x 1280. Meski belum Full HD, namun layar tersebut sudah cukup untuk memberikan tampilan yang tajam dan kaya warna.

Layar Oppo F1sLayar Oppo F1s juga sangat responsif dan membuatnya nyaman untuk mendukung berbagi kebutuhan. Apapun kegiatan Anda entah itu browsing, sosial media, chatting, menonton video, hingga bermain games, layar ini dapat memfasilitasinya dengan baik. Tak lupa, Oppo melapisinya dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 4 yang tangguh.

Yang menarik adalah layar Oppo F1s memiliki fitur Eye Protection yang jika diaktifkan akan melindungi mata dari blue light (cahaya biru). Dengan begitu, mata Anda tidak cepat lelah meskipun menatap layar dalam waktu yang lama.

Oppo F1s Blue shield

Dari segi audio, speaker pada Oppo F1s mampu mengeluarkan suara yang jernih dan lantang. Lumayan untuk menikmati musik atau film. Walaupun demikian, Oppo tidak membenamkan fitur khusus pada sektor audio ini.

Color OS 3.0, ringan dan mudah

oppo f1s quick menu

Berbasis sistem operasi Android 5.1 Lollipop, Oppo F1s hadir dengan user interface Color OS 3.0 terbaru garapan Oppo sendiri. UI ini terasa ringan dan Anda pun akan mudah menggapai berbagai fitur dengan cepat alias tidak ribet karena Color OS 3.0 tidak memiliki app drawer.

Oppo menyediakan beberapa fitur bawaan yang cukup menarik. Contohnya adalah Simple Mode yang akan membuat tampilan UI menjadi sangat sederhana dengan hanya menyajikan fitur-fitur utama saja.

Ada pula fitur Quiet Time yang akan menonaktifkan suara dari panggilan telepon atau notifikasi lainnya di saat tertentu yang sudah Anda atur sebelumnya. Serunya lagi, Color OS 3.0 memiliki fitur magazine yang akan menampilkan berbagai berita atau artikel menarik di halaman Lock Screen. Semua artikel yang muncul tentunya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Flash Touch Access, sensor sidik jari yang multifungsi

Seperti pada kebanyakan smartphone Android saat ini, Oppo juga membenamkan sensor sidik jari pada F1s. Diberinama Flash Touch Access, sensor ini tergolong sangat cepat karena mampu mengenali jari penggunanya dengan baik hanya dalam waktu 0,2 detik. Kami sudah mencobanya dan terbukti kecepatannya sangat memuaskan.

Tak hanya itu, Flash Touch Access pun bisa digunakan sebagai shortcut untuk melakukan panggilan telepon atau masuk ke aplikasi tertentu yang bisa diatur sesuai keinginan. Total, Anda bisa mendaftarkan 5 perintah sekaligus.

Misalnya, ibu jari kanan bisa digunakan untuk membuka kunci sekaligus langsung membawa Anda mengakses kamera. Sementara ibu jari kiri didaftarkan untuk membuka aplikasi email, jari telunjuk untuk langsung masuk ke Facebook, dan seterusnya. Semua bisa Anda lakukan langsung dari posisi smartphone yang terkunci.

Kamera bisa diandalkan, selfie lebih maksimal

oppo f1s kamera ui

Inilah yang menjadi keunggulan utama dari Oppo F1s, yaitu kamera depan dengan sensor 1/3.1″ beresolusi 16 megapixel, dan aperture f/2.0. Selain menjanjikan hasil tangkapan gambar yang tajam, kamera ini juga mampu menangani pemotretan di kondisi temaram karena mampu menyerap cahaya dengan baik.

Kamera depan Oppo F1s telah mengusung fitur Beautify 4.0 yang telah dioptimalisasi untuk menghasilkan efek yang lebih alami saat selfie. Total ada 7 tingkat efek beautify dan pilihan warna kulit yang telah disesuaikan dengan orang Indonesia.

Selain itu, ada 7 jenis filter dengan tone warna yang bervariasi dan 9 jenis watermark seperti pengaturan waktu, tanggal, lokasi, temperatur berdasarkan waktu saat berfoto selfie. Kamera depan Oppo F1s juga mampu memotret hingga 120 derajat berkat fitur bernama Selfie Panorama. Sangat berguna jika Anda ingin melakukan wefie dengan jumlah orang yang banyak.

Soal hasil fotonya, kamera depan Oppo F1s bisa dibilang tampil sesuai ekspektasi. Fotonya nampak tajam dan terang meski pemotretan dilakukan di dalam ruangan. Reproduksi warnanya pun nampak natural dan tidak terlihat aneh.

kamera depan Oppo F1s

Beralih ke kamera belakang, Anda akan menemukan sensor 13 megapixel lengkap dengan dukungan Phase Detection Auto Focus untuk mengunci fokus secara cepat, serta fitur Ultra HD untuk menghasilkan foto 50 megapixel yang tajam.

Nilai plus lainnya, kamera Oppo F1s juga dapat menyimpan hasil foto dalam format RAW (.DNG) serta mendukung pengaturan seperti shutter speed dan ISO secara manual dalam Expert Mode.

oppo f1s kamera

Hasil foto kamera belakangnya juga tergolong baik. Oppo F1s mampu menjaga detail dengan noise yang cukup minimal di kondisi cahaya yang minim. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa foto yang sempat kami abadikan menggunakan kamera Oppo F1s. Hasil yang lebih lengkap juga bisa dilihat di akun Flickr YangCanggih.com.

kamera belakang Oppo F1s

JPG dari file RAW

Performa mulus tanpa hambatan

Oppo F1s dipersenjatai SoC MediaTek MT6750 dengan prosesor octa-core berkecepatan 1.5 GHz dan GPU Mali-T860MP2. RAM 3 GB tersedia bagi mereka yang gemar multitasking. Di atas kertas, perpaduan di atas sudah cukup untuk menangai berbagai aplikasi dan kebutuhan sehari-hari, meski bukan yang terkencang.

Nyatanya, Oppo F1s memang menyajikan kinerja yang mulus. Transisi antar layar maupun aplikasi terasa cepat dan nyaman. Game-game yang kami jalankan pun, contohnya Asphalt 8, tidak mengalami lag yang mengganggu permainan.

Untuk ruang penyimpanan data, Oppo F1s dibekali memori internal 32 GB yang termasuk lega. Tapi jika masih kurang, Anda bisa menambahkannya melalui slot microSD yang mampu menampung hingga kapasitas 256 GB.

Agar lebih menjelaskan bagaimana performa dari Oppo F1s, berikut hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan.

Baterai lumayan untuk menemani aktivitas seharian

Baterai yang ditanamkan pada Oppo F1s terbilang lumayan besar, yakni 3075 mAh. Untuk pemakaian normal meliputi chatting, browsing, sosial media, dan sesekali menonton video di YouTube serta bermain games, smartphone ini mampu menemani Anda dari pagi hingga malam. Cukup memuaskan.

Namun sayangnya, Oppo F1s belum memiliki fitur fast charging sehingga proses pengisian daya terasa lama. Simak hasil pengujian baterai Oppo F1s menggunakan aplikasi PCMark for Android (battery test) di bawah ini.

Kesimpulan

oppo f1s lensa 2

Secara keseluruhan Oppo kembali sukses menawarkan sebuah smartphone, atau yang mereka sebut ‘cameraphone’, yang memfokuskan fitur pada kamera depan dengan cukup memuaskan. Bahkan bisa dibilang, Oppo F1s adalah salah satu perangkat Android dengan kamera depan terbaik di range harganya saat ini.

Tak hanya itu, Oppo juga mengemas F1s dalam balutan bodi yang menawan serta rangkaian fitur yang berguna. Keberadaan Flash Touch Access tidak sekadar menjadi pelengkap agar tidak ketinggalan dengan tren masa kini saja. Kemampuannya menampung hingga 5 perintah benar-benar akan bermanfaat jika Anda menginginkan akses yang cepat ke aplikasi atau fitur tertentu.

Dengan banderol Rp3.799.000, Oppo F1s merupakan ancaman serius bagi para pesaingnya di kelas yang sama. Smartphone ini layak masuk dalam daftar belanja untuk Anda yang mencari perangkat dengan kamera selfie papan atas dan desain yang premium.

Yang Canggih:

+ Kamera depan memuaskan dengan fitur selfie yang berguna
+ Hasil foto kamera utama bagus dengan dukungan format RAW
+ Desain langsing dan cantik
+ Sensor sidik jari yang super cepat dan multifungsi
+ Color OS 3.0 terasa ringan
+ Baterai cukup untuk seharian

Yang Kurang:

– Resolusi layar masih HD
– Tidak dibekali fitur fast charging
– Prosesor yang digunakan di bawah pesaingnya di kelas yang sama

Spesifikasi Oppo F1s
Prosesor MediaTek MT6750 dengan prosesor octa-core berkecepatan 1.5 GHz
GPU Mali-T860 MP2
Layar IPS 5,5 Inci HD
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera Belakang 13 megapixel (PDAF, LED flash) / Depan 16 megapixel f/2.0, 1/3.1" sensor size
Baterai 3075 mAh
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.0, A-GPS, Wi-Fi a/b/g/n, microUSB
OS Android 5.1 Lollipop (Color OS 3.0)
Dimensi 154.5 x 76 x 7.4 mm / berat 160 gram
Fitur Flash Touch Access