Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Oppo F1s



Pada acara peluncuran Oppo F1s yang digelar di Jakarta, Rabu (3/8), kami berkesempatan untuk mencoba langsung beberapa fitur F1s yang menjadi andalannya, terutama kamera. Ya, perangkat yang disebut sebagai Selfie Expert Cameraphone ini telah menyelipkan sensor 16 megapixel di kamera depan untuk hasil foto selfie lebih baik.

Hasil foto keren

Hands-on Oppo F1s (1)

Untuk selfie atau memotret orang, Oppo F1s telah mengusung fitur Beautify 4.0 yang telah dioptimalisasi untuk menghasilkan efek yang lebih alami saat selfie. Total ada 7 tingkat efek beautify dan pilihan warna kulit yang pastinya telah disesuaikan dengan orang Indonesia. Berikut contoh hasil fotonya.

Beauty mode kamera belakang Oppo F1s

Oppo pun tak lupa menghadirkan pilihan filter yang dapat membuat hasil foto lebih berwarna. Pada F1s, ada 7 jenis filter dengan tone warna yang bervariasi plus 9 jenis watermark seperti pengaturan waktu, tanggal, lokasi, temperatur berdasarkan waktu saat berfoto selfie. Dengan beragam pilihan tersebut, pengguna bisa lebih kreatif untuk menampilkan foto yang menarik di jejaring sosial.

Bagi yang gemar berfoto dengan sudut yang lebar, kamera depan Oppo F1s mampu memotret hingga 120 derajat berkat fitur bernama Selfie Panorama. Dengan tangkapan gambar yang lebih luas, pengguna bisa memastikan semua orang dapat ikut terfoto dalam sekali jepretan. Soal hasil foto kamera depannya, Oppo F1s tergolong mampu memenuhi ekspektasi kami. Kualitas gambarnya nampak tajam dan terang, namun tetap dengan reproduksi warna yang alami dan tidak terlihat aneh.

Berikut satu contoh hasil selfie di dalam ruangan tanpa editing dengan Oppo F1s.

kamera depan Oppo F1s

Tentunya performa kamera belakang tidak dilupakan oleh Oppo. Berbekal sensor gambar 13 megapixel berukuran fisik 1/3,1 inci dan lensa dengan diafragma f2.0, Oppo mengklaim bahwa F1s akan dapat diandalkan di berbagai kondisi cahaya, termasuk cahaya remang-remang.

Berikut hasil foto dari kamera belakang Oppo F1s tanpa proses penyuntingan. Koleksi hasil foto lebih lengkap dapat dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

ROGP 3 728

kamera belakang Oppo F1s
kamera belakang Oppo F1s
kamera belakang Oppo F1s
Panorama
kamera belakang Oppo F1s

Kamera Oppo F1s juga dapat menyimpan hasil foto dalam format RAW (.DNG) serta mendukung pengaturan setting seperti kecepatan rana (shutter speed) dan ISO secara manual dalam Expert Mode. Berikut hasil foto dalam format RAW yang telah dikonversi ke .JPG menggunakan Adobe Photoshop di PC.

JPG dari file RAW

Jika dicermati di layar komputer yang besar, akan terlihat kamera Oppo F1s mampu menjaga detail pada kondisi minim cahaya dengan noise yang cukup minimal. Tentunya untuk foto malam hari, dibutuhkan tripod atau dudukan agar ponsel tidak goyang saat memotret sehingga hasil tetap tajam.

Bodi premium berbahan metal

Secara desain Oppo F1s tampil premium dengan bodi yang menggunakan material metal. Ketika digenggam, smartphone berlayar 5,5 inci ini nampak solid dan terasa mewah, serta dengan ukuran maupun ketebalan (7,38 mm) yang pas di tangan. Mengoperasikan Oppo F1s dengan satu tangan pun bukan perkara sulit.

Dari segi bobot, Oppo F1s yang memiliki berat 160 gram tergolong pas. Tak akan ada masalah jika Anda memasukkannya ke dalam saku celana.

Performa mulus

Spesifikasi di atas kertas menunjukkan Oppo F1s telah dibekali SoC MT6750 octa-core dan RAM 3 GB. Sekilas mencobanya, kami menilai Oppo F1s memberikan kinerja yang cepat serta mulus. Tidak terasa ada gangguan dalam transisi layar maupun perpindahan antar aplikasi. User interface Color OS 3.0 patut diacungi jempol karena mampu tampil responsif alias ringan. Oppo juga mengklaim Color OS 3.0 yang efisien ini bisa membantu memperpanjang daya tahan baterai.

Kesan pertama yang positifOPPO F1s (2)Kesimpulan awal yang bisa kami tarik setelah mencoba langsung Oppo F1s adalah smartphone yang menarik. Dengan julukan Selfie Expert, Oppo F1s memang akan menarik pengguna yang gemar memotret diri. Tidak hanya selfie, hasil fotonya juga tergolong amat baik untuk kelas harganya. Ditambah dengan desain yang terbilang mewah, Oppo F1s tentunya akan menarik pengguna ponsel yang mementingkan penampilan. Bagi yang masih penasaran, nantikan ulasan lengkapnya dalam waktu dekat.

Harga dari Oppo F1s pun terbilang kompetitif, yakni Rp3.799.000. Perlu diketahui bahwa Oppo F1s sudah bisa dipesan melalui Blibli.com dan jaringan Oppo Store seluruh Indonesia mulai 3 Agustus 2016. Tersedia dua varian warna, yakni Gold dan Rose Gold. Untuk pembelian selama masa pre-order, pembeli akan mendapatkan tongsis gratis.

More Stories
axis gratis
AXIS Meluncurkan Jutaan Kartu Perdana Gratis