Quantcast
AndroidAplikasiNews

Cara Menyimpan YouTube secara Offline untuk Ditonton Tanpa Koneksi Internet

Asia ternyata memiliki data pengguna Internet yang menarik. Dengan tingginya adopsi smartphone, maka pengguna Asia kebanyakan memilih mengakses Internet menggunakan ponsel. Salah satu tantangan yang dihadapi koneksi Internet di ponsel adalah kecepatan yang terbatas.

Sebagai salah satu produk Google yang paling digandrungi di seluruh dunia, YouTube juga merupakan layanan di luar email dan jejaring sosial yang paling sering diakses di Asia. Memahami hal tersebut, Google meluncurkan fitur menonton offline pada aplikasi YouTube. Yang menarik, tiga negara pertama yang dapat memanfaatkan fitur ini adalah Indonesia, India, dan Filipina.

offline youtube

Tidak perlu koneksi Internet lagi
Dengan fitur ini, Anda bisa menambahkan sebuah video untuk ditonton secara offline (atau tidak terhubung ke Internet). Begitu sudah dipilih untuk offline, video tersebut dapat diputar tanpa koneksi Internet selama 48 jam. Fitur ini amat berguna bagi Anda yang sering menonton satu video berulang-ulang atau menonton video yang durasinya panjang seperti serial TV atau film utuh.

Caranya mudah
Cara penggunaannya sendiri cukup mudah. Anda tinggal membuka satu video dan memilih opsi “Add video to offline” (berupa ikon). Kemudian buka layar menu YouTube dan pilih Offline untuk melihat daftar video yang bisa ditonton tanpa koneksi Internet. Perlu diingat, untuk dapat ditonton offline secara utuh, video tersebut harus sudah dibuka seutuhnya.

Kemudian, tidak semua video dapat disimpan. Selain tergantung dari pengunggah video, biasanya video musik yang terlindungi hak cipta tidak dapat disimpan offline.

Untuk lebih jelasnya, tonton video berikut.

8 komentar

  1. Kemarin saya bisa simpan di offline tp..tiba” tdk bisa tulisan oflinex hilang,,gmn y mengaktifkannya kembali…..???

  2. Kenapa ya video offline saya tdk bisa diputar pdhl semalem msih bisa, jika di klik video offline saya ada tulisan video ini tidak tersedia di mode offline.

Back to top button