Home Review Review ASUS UX305

Review ASUS UX305

Pesona Apple MacBook 2016 dengan bodi rampingnya memang akan memikat siapa saja. Tapi, di tahun ini nampaknya Apple boleh bersiap diri dengan mulai banyak bermunculannya produk sejenis. ASUS salah satunya yang telah siap bertarung di segmen ini dengan menghadirkan ZenBook UX305. Penasaran dengan performanya? Berikut ulasannya.

Konsep Desain
Desain tipis dan ringan ASUS ZenBook UX305 memang patut diacungi jempol. Tampilannya juga terlihat cantik dengan sudut-sudut bodinya yang agak membulat. Tidak seperti keluarga ASUS ZenBook lain yang umumnya hadir dengan desain case berpola melingkar, case ASUS ZenBook UX305 ini tampil polos.

ASUS UX305-1

Dari segi dimensi bodinya amat ideal untuk diajak bermobilitas. Bodinya hanya setebal 12mm dengan bobot yang hanya 1.2 Kg sudah termasuk baterai. Sangat terasa ringan dan nyaman untuk diajak berpergian dan berkerja di mana saja.

Layar Full HD yang tajam
ASUS UX305-6
Masuk ke sektor layar, ASUS ZenBook UX305 hadir dengan layar yang berukuran 13.3 inci. Dengan resolusi layar Full HD 1920 x 1080 pixel, tampilan di layarnya terlihat tajam. Konten teks hingga video yang kami putar bisa tersaji dengan amat baik.

Dengan nengusung panel layar IPS, tampilan warna di layarnya juga cukup akurat dan minim distorsi jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Beralih ke area keyboard, ASUS ZenBook UX305 hadir dengan keyboard bergaya chiclet. Menyesuaikan dimensi bodinya, ukuran tombolnya ini memang tidak terlalu besar. Jarak antar tombolnya juga cukup berdekatan.

ASUS UX305-3

Selain itu tombol-tombol keyboardnya ini pun dirancang nyaris rata dengan bodi. Tapi, untunglah semua tombol yang dimilikinya ini masih nyaman saat digunakan mengetik dalam jangka waktu lama. Respon mousepadnya dengan sapuan jari juga cukup baik. Meski tombol klik mouse miliknya terlihat menyatu dengan bodi, tombolnya ini pada parkateknya masih cukup nyaman untuk ditekan.

ASUS UX305-2

Konektivitas lengkap

Desain bodi yang ramping nyatanya tidak menjadikan ASUS harus mengorbankan sektor konektivitas. Tidak seperti Apple MacBook yang hanya menyisakan satu port USB Type-C, sektor konektivitas ASUS ZenBook UX305 tergolong cukup lengkap. Desain rampingnya ini masih sanggup dijejali 3 port USB 3.0, 1 port micro HDMI, 1 slot micro SD dan 1 port audio jack di samping kiri kanan bodinya. Penempatan seluruh port konektivitasnya ini juga amat baik dan tidak menggangu satu sama lain saat digunakan. Yang cukup disayangkan memang ASUS masih belum melengkapinya dengan port konektivitas USB Type-C yang kini sedang tren di perangkat gadget dan laptop.

Performa Mumpuni
spesifikasi-1

Lahirnya prosesor Intel Core M yang inovatif tidak bisa dimungkiri semakin optimal untuk laptop yang mengedepankan desain tipis dan ringan. Di ASUS ZenBook UX305 ini ASUS melengkapinya dengan prosesor Intel Core M 5Y10c yang merupakan bagian dari keluarga prosesor Intel Broadwell. Disokong dengan RAM 4GB dan ruang penyimpanan SSD berkapasitas 256GB, performa laptop ini mampu menemani kami berkerja dan menikmati konten multimedia. Untuk hasil benchmark bisa dilihat berikut ini

Saat kami menggunakannya, kinerja start up yang cepat langsung terasa setelah menekan tombol power. Aktivitas harian kami seperti mengetik, mengolah dokumen, berselancar di internet hingga mengolah foto bisa ditanganinya dengan tanpa masalah. Mengisi waktu luang dengan menonton koleksi video resolusi tinggi pun cukup mengasyikkan di laptop ini. Apalagi performa Audionya yang didukung teknologi Bang & Olufsen ICEpower dan ASUS SonicMaster juga sanggup menyajikan suara yang cukup baik.

Satu hal yang membuatnya juga menarik adalah manajemen thermalnya yang juga amat baik. Dengan dukungan teknologi ASUS IceCool, saat digunakan beraktivitas dalam jangka waktu yang lama laptop ini tetap terasa adem dan tidak cepat panas.

Baterai tahan lama
Lewat Intel Core M, Intel memang menjanjikan performa yang betenaga dan hemat daya. Dengan TDP prosesor Intel Core M 5Y10c yang hanya 4,5 Watt sudah bisa dipastikan konsumsi daya laptop ini sangat irit. Hal ini pun berhasil kami buktikan. Saat menemani kami berkerja dengan skema penggunaan standar seperti terhubung ke Wifi, mengetik di wordpad, sambil browsing dan sesekali menonton youtube, baterai ASUS UX305 bisa bertahan nyaris 7 jam.

Kesimpulan
Dengan banderol harga Rp10.299.000 sudah termasuk dengan Windows 10, ASUS ZenBook UX305 bisa menjadi opsi yang menarik di segmen laptop berdesain ramping. Dengan daya tahan baterainya yang tahan lama menjadikan laptop ini kami rekomendasikan untuk para pengguna yang sering berpergian dan tidak membutuhkan performa tinggi.

Yang Canggih
+ Desain tipis dan ringan
+ Performa oke
+ Layar Tajam
+ Harga relatif terjangkau
+ Baterai tahan lama

Yang Kurang

– Bodi terasa licin,
– Untuk warna putih seperti unit review yang kami terima bodinya mudah kotor
– Agak sulit dibuka saat dalam keadaan tertutup

Review ASUS UX305 1
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.