Audio VideoEars In HeavenMobile GadgetReview

Review Audio Technica ATH-WS770iS

Jepang memang salah satu negara yang cukup banyak melahirkan produsen audio kelas wahid. Salah satunya adalah Audio Technica yang tidak hanya populer di segmen headphone tapi juga perangkat audio lain seperti misalnya turntable dan mic. Untuk review kali ini, kami akan mengulas headphone terbaru dari Audio Technica yaitu ATH-WS770iS.

Driver berukuran besar
audio technica ATH-WS770iS-1
Jika headphone pada umumnya hadir dengan driver berukuran 40mm, Audio Technica menawarkan ATH-WS770iS dengan driver dynamic yang berukuran 53mm. Tidak heran, headphone yang masuk ke kategori close back ini tampil dengan dimensi earcase yang berukuran besar. Desainnya sendiri terlihat cukup keren, dengan warna coklat yang terlihat premium dengan dipermanis aksen warna emas.

Desain earcasenya juga telah dilengkapi dengan fitur anti vibration yang diklaim bisa menjaga performa suaranya agar tetap akurat dengan tingkat distorsi yang minim. Secara keseluruhan, dengan memadukan material plastik dan metal bodinya terasa sangat solid. Dan, meski mengemas driver berukuran besar untunglah bobotnya yang sekitar 265 gram ini masih terasa sangat ringan.

audio technica ATH-WS770iS-3

Yang cukup disayangkan desainnya tidak memungkinkan headphone ini untuk dilipat. Bagian earcasenya hanya bisa diputar sedikit kearah depan. Ini mejadikannya cukup banyak menyita ruang di dalam tas saat dibawa berpergian. Apalagi, dalam paket pembeliannya Audio Technica juga tidak menyertainya dengan pouch atau tas khusus untuk media penyimpanan sekaligus melindunginya, jadi Anda wajib berhati-hati saat mengajaknya bermobilitas.

Isolasi suara cukup baik, sangat nyaman digunakan
audio technica ATH-WS770iS-2
Kendati demikian, bagian earpadnya hadir dengan busa berlapis kulit. Busanya tersebut cukup tebal dan terasa sangat lembut. Saat menempel di telinga headphone ini mampu menutup seluruh telinga dengan sempurna saat digunakan. Busanya terasa sangat nyaman, isolasi suara yang ditawarkannya pun cukup baik meski kami masih bisa sedikit mendengar suara dari lingkungan sekitar saat di volume rendah. Untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama ATH-WS770iS tidak menimbulkan rasa hangat yang berlebih di telinga dan tidak membuat leher pegal.

Kabel anti kusut
audio technica ATH-WS770iS-6

Selain nyaman, satu yang kami sukai dari dari headphone ini adalah kabelnya yang dirancang anti kusut. Audio Technica ATH-WS770iS dilengkapi dengan kabel berbentuk pipih. Dengan desain kabel tersebut, Anda tidak akan lagi direpotkan dengan masalah kabel kusut yang merepotkan. Selain itu, kabelnya ini juga telah dilengkapi dengan mic dan remote yang bisa digunakan untuk mengendalikan musik yang sedang diputar.

Suara Cukup detil, Bass cukup bertenaga
audio technica ATH-WS770iS-4
Dengan mengusung tagline Solid Bass, tentu saja ATH-WS770iS menawarkan performa bass yang lebih dominan. Tapi apakah ini sesuai dengan harapan? Untuk membuktikan performa bassnya, sebagai lagu pembuka kami memutar lagu Get Lucky dari Daft Punk ft Pharell Williams yang formatnya Flac dan diputar di Lenovo Vibe P1 Turbo.

Di lagu ini kami bisa menikmati cabikan suara bass dan gebukan drum yang ditawarkan oleh Audio Technica ATH-WS770iS dengan suara bass yang cukup terasa bertenaga. Suara bass yang dihasilkannya ini untunglah tidak terasa “boomy” dan mendominasi. Porsinya cukup pas dan tidak menutupi suara vokal dan instrumen pengiringnya yang lain.

Beralih ke lagu yang lebih santai, My Cherie Amor dari Susan Wong, headphone ini pun ternyata masih bisa diandalkan. Seluruh alat musik yang ada di lagu ini bisa terdengar cukup detil, bass terasa cukup bertenaga dan suara vokal Susan Wong tetap bisa terdengar dengan halus dan nyaman di telinga.

Kesimpulan
ATH-WS770iS memang bukan headphone kelas audiophile yang mengedepankan suara yang jernih, detil dan separasi yang sempurna. Dengan mengedepankan performa suara bass, headphone ini memang tidak hanya cocok untuk para pecinta bass, tapi juga bisa cocok untuk para penikmat musik dari berbagai genre. Faktor kenyamanan juga menjadi salah satu keunggulannya. Jika memiliki dana Rp1.650.000 dan membutuhkan headphone yang nyaman digunakan dengan dentuman suara bass yang cukup bertenaga, ATH-WS770iS bisa dimasukan ke dalam daftar belanja Anda.

Yang Canggih:
+ Desain terlihat premium
+ Sangat nyaman digunakan
+ Suara bass cukup bertenaga

Yang Kurang:
– Tidak bisa dilipat
– Isolasi suara rata-rata

Back to top button