[Hands-On] LG G5 SE

LG dalam waktu dekat akan melepas smartphone premium mereka, LG G5 SE, ke Indonesia. Kali ini, LG tidak hanya menawarkan sebuah smartphone dengan spesifikasi mumpuni, tetapi juga desain yang menawan dengan konsep modular yang unik dan menarik. Kami pun sempat mencobanya di sebuah sesi khusus media yang digelar LG pada Selasa (10/5) di Jakarta. Berikut ulasan singkatnya:

Smartphone modular, bisa dibongkar-pasang

LG G5 SE (2)

Secara desain, LG G5 SE nampak tipis dan menawan. Perpaduan bodi berbahan full metal dengan lekukan-lekukan yang ergonomis terkesan tidak pasaran. Ketika digenggam pun sangat nyaman dan tidak licin. Anda tidak akan menemukan tombol fisik apapun di bagian depan. Untuk lock/unlock, ada tombol di bagian belakang smartphone yang sekaligus dibekali sensor sidik jari.

Dari segi performa pun tidak nampak ada masalah walaupun kami tidak punya waktu lama untuk mengeksplorasi lebih jauh. Mungkin di atas kertas penggunaan Qualcomm Snapdragon 652 dan RAM 3 GB nampak kurang wah jika dibandingkan dengan smartphone flagship dari brand pesaing. Tapi bukan berarti tidak bisa diandalkan. Kombinasi tersebut sudah cukup untuk memfasilitasi segala kebutuhan.

Meski yang masuk ke Indonesia adalah versi SE, fungsi modular yang menjadi nilai jual utama tentunya tetap tersedia. Saat kami mencobanya, untuk membongkar-pasang modul hardware yang berada di bagian bawah smartphone tergolong sangat mudah.

Anda hanya perlu menekan sebuah tombol kecil dan modul pun akan terlepas dari bodinya. Sangat simple dan cepat jika Anda ingin buru-buru mengganti baterai. LG menyarankan setiap akan mengganti modul smartphone sebaiknya dinonaktifkan terlebih dahulu.

LG CAM Plus dan LG Hi-Fi Plus

LG G5 SE (1)

Dua modul yang tersedia bersama dengan peluncuran G5 SE adalah LG CAM Plus dan LG Hi-Fi Plus. Sesuai namanya, LG CAM Plus memang ditujukan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik ketika memotret atau merekam video menggunakan G5 SE.

LG G5 SE (1)

Modul ini menyediakan grip yang mantap, sehingga Anda seakan-akan sedang memegang sebuah kamera. Akses ke berbagai tombol pun mudah dengan satu tangan, misalnya untuk tombol shutter, tombol recording, maupun pengaturan zoom. Tidak hanya itu, LG sekaligus menyisipkan baterai tambahan berkapasitas 1200 mAh.

Ketika LG CAM Plus terpasang, menggenggam smartphone dalam posisi memotret atau merekam video menjadi lebih nyaman dan stabil.  Tapi perlu diketahui bahwa ketika modul CAM Plus terpasang, Anda tidak memiliki port audio jack 3.5mm. Berikut beberapa foto yang sempat kami abadikan dengan kamera 16 megapixel (75 derajat) di LG G5 SE:

Hasil Foto LG G5 SE (2)

Hasil Foto LG G5 SE (1)

Hasil Foto LG G5 SE (3)

Beralih ke LG Hi-Fi Plus, modul ini ditujukan bagi mereka yang gemar mendengarkan musik berkualitas tinggi. Berkolaborasi dengan Bang & Olufsen, LG Hi-Fi Plus adalah portable DAC yang mampu memutar file audio 32 bit.

Ketika dipadukan dengan headphone premium dari B&O, terasa jelas kualitas audio yang memanjakan telinga. Bahkan, file audio dengan format MP3 pun terdengar seperti resolusi tinggi. Selain melalui port audio jack, LG Hi-Fi Plus juga memiliki speaker secara built-in.LG G5 SELG G5 SE rencananya akan mulai dijual di Indonesia pada akhir Mei 2016 mendatang. Warna yang tersedia adalah Gold dan Titan. Jika Anda tertarik, siapkan dana sekitar 8 juta rupiah untuk menebusnya. Ingat, modul-modul pendukungnya dijual terpisah.

[table]Spesifikasi;LG G5 SE
SoC;Qualcomm Snapdragon 652
GPU;Adreno 510
Layar;IPS 5.3 inci 1440 x 2560, 554 ppi (Gorilla Glass 4)
RAM;3 GB
Memori Internal;32 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 16 megapixel (75 derajat) dan 8 megapixel (135 derajat) dengan laser autofocus, OIS, flash / Depan 8 megapixel
Baterai;2800 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 4.2, A-GPS, GLONASS, BDS, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC, USB type-C
OS;Android 6.0 Marshmallow
Fitur;Fingerprint scanner, Quick Charge 3.0
Dimensi;149.4 x 73.9 x 7.3 mm (berat 156 gram)
[/table]

Verified by MonsterInsights