Home Review Review ASUS ROG G752

Review ASUS ROG G752

Pasar gaming di tanah air terus menunjukkan perkembangan yang cukup positif. Tidak heran, ASUS langsung menggempur pasar gaming di Indonesia dengan menghadirkan beragam pilihan laptop gaming ASUS ROG. Di lini atas dan sangat menggoda adalah ASUS ROG G752 yang akan kami review berikut ini.

Desain futuristik
Tidak seperti laptop gaming kebanyakan yang umumnya hadir dengan bodi berwarna gelap, ASUS ROG G752 unjuk gigi dengan warna bodi berkelir silver dengan aksen warna tembaga.

ASUS ROG G752-1

Desainnya yang bergaya modern tampil dengan lekukan garis desain yang tegas. Selain itu kesan futuristiknya juga ditunjang dengan desain lubang pembuangan panas di bagian belakang bodinya yang amat menarik perhatian karena punya ukuran yang cukup besar. Agar tampilannya tetap terlihat rapih, ASUS ROG G752 dirancang dengan desain unibodi yang artinya baterainya tidak bisa dilepas pasang. Patut diakui desainnya ini memang terlihat sangat keren dibandingkan laptop gaming lain sekelasnya.

ASUS ROG G752-2

Bagi yang mendambakan portabilitas, ASUS ROG G752 bukanlah pilihan yang tepat. Pasalnya, laptop ini sangat bongsor dengan bobot total sekitar 4.3Kg. Cukup sepadan dengan spesifikasinya yang memang amat bertenaga.

Dengan dimensinya tersebut, G752 tidak pelit konektivitas. Penempatan setiap port konektivitasnya juga amat baik dan tidak mengganggu satu sama lain. Konektivitas yang dimilikinya antara lain 4 port USB 3.0, 1 x port USB 3.1 Type-C, HDMI, mini DisplayPort, RJ-45 LAN, SD card reader, port mic in, port audio out dan port combo audio jack dengan SPDIF. Tidak ketinggalan hadir juga Super-Multi DVD yang ditempatkan di samping kiri bodinya.

Layar Full HD, keyboard sangat nyaman
Untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih memanjakan mata, ASUS ROG G752 hadir dengan layar 17.3 inci yang resolusinya Full HD. Meski belum memiliki resolusi 2K atau 4K yang sedang tren saat ini, nyatanya layar G752 sudah lebih dari cukup dan mampu menyajikan tampilan yang terlihat tajam dengan warna yang amat baik.

ASUS ROG G752-5

Yang menarik adalah sektor keyboard dan mousepadnya. ASUS melengkapinya dengan keyboard chiclet berukuran penuh yang didukung dengan fitur antighosting. Setiap ukuran tombol keyboardnya cukup besar dengan jarak antar tombol yang tidak terlalu berdekatan. Sangat nyaman saat digunakan untuk bermain game atau mengetik dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, material karet yang dipasang di area palm rest juga berhasil membuat permukaannya terasa tidak licin dan semakin nyaman saat digunakan.

ASUS ROG G752-7

Mousepadnya yang berukuran besar pun sangat respon digunakan. Tombol mouse di bagian bawahnya juga sangat nyaman untuk ditekan. Sebagai laptop gaming, ASUS tidak lupa menambahkan 5 tombol makro di bagian atas keyboardnya dan menyematkan satu tombol baru yaitu recording key untuk merekam permainan yang sedang berjalan. Aura gaming G752 juga semakin dipertegas dengan hadirnya lampu LED backlit berwarna merah di bagian keyboard tersebut yang akan sangat membantu saat bermain game di kondisi temaram.

Fitur optimal untuk Gaming
Tidak hanya menjanjikan performa gaming kelas atas, sejumlah fitur canggih untuk bermain game yang lebih optimal juga bisa ditemukan di laptop ini. Sebut saja misalnya dukungan Nvidia G-Sync di layarnya untuk tampilan yang lebih mulus saat bermain game dan dukungan audio berkualitas tinggi.

sonic studio and sonic radar

ASUS menempatkan speaker di bagian belakang layarnya dan menempatkan sebuah subwoofer di bagian bawah. Saat digunakan bermain game atau menonton film, suara yang dikeluarkannya sangat baik dengan keluaran suara yang cukup jernih dan dentuman bass yang cukup terasa. Untuk mendongkrak performa suaranya, ASUS juga telah menyertainya dengan software Sonic Studio II yang memungkinkan Anda untuk mengatur output suara sesuai dengan keinginan dan fitur Sonic Radar II yang merupakan fitur onscreen untuk membantu para gamer memperkirakan posisi musuh dari arah aktivitas suara yang muncul saat bermain game.

Performa sangat bertenaga, baterai rata-rata
Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, ASUS ROG G752 membawa spesifkasi yang sangat bertenaga. ASUS ROG G752 yang kami review ini diotaki prosesor Intel Skylake, Intel Core i7-6700HQ brekecepatan 2.6GHz yang dipasangkan dengan RAM DDR4 sebesar 64GB. Sementara performa grafisnya, didukung kartu grafis Nvidia GeForce GTX 970M 4GB. Sektor ruang penyimpanannya pun sangat menarik dengan dukungan SSD berkapasitas 512GB dan hard disk berkapasitas 1TB. Untuk sistem operasinya, ASUS ROG G752 menjalankan Windows 10.

Dengan spesifikasinya ini nyaris kami tidak menemukan kendala saat menggunakannya. Performanya sangat stabil, waktu booting juga terasa singkat. Selain gaming, spesifikasinya ini juga membuatnya sangat mumpuni untuk beragam aktivitas berat lain seperti misalnya menyunting video atau foto. Untuk hasil benchmark dari ASUS ROG G752 bisa dilihat berikut ini.

Beberapa judul game yang kami coba di laptop ini juga bisa dijalankannya dengan mulus di pengaturan yang maksimal dan resolusi Full HD. Seperti misalnya game Fallout 4 yang bisa berjalan dengan sangat baik dan tanpa masalah di pengaturan grafis ultra atau Call of Duty: Black Ops III dengan frame rate di kisaran 40 fps.

Satu poin positif dari laptop ini adalah kinerjanya yang relatif senyap di temperatur rendah. Manajemen thermal juga tergolong cukup baik, meski sensasi hangat di permukaan keyboard tetap masih terasa saat bermain game dalam jangka waktu yang lama tapi ini masih tergolong wajar. Sementara baterainya yang berkapasitas 8 Cell, untuk digunakan bermain game dengan pengaturan grafis maksimal, pengaturan gelap terang 100 persen dan terhubung ke WiFi, laptop ini hanya bisa bertahan sekitar 1.5 jam. Dan jika hanya digunakan untuk mengetik di notepad, berselancar internet via Wifi dan sekali-kali menonton Youtube, Anda bisa menggunakannya nyaris 3 jam.

Kesimpulan
Di tengah persaingan laptop gaming yang tengah memanas, ASUS ROG G752 tidak hanya menekankan performa yang bertenaga untuk gaming tapi juga berhasil tampil beda dengan desainnya yang futuristik. Desainnya memang tidak tipis dan harganya juga tergolong tidak murah dengan varian termurah yang dijual dengan harga mulai dari 30 jutaan Rupiah. Namun, bagi para gamer yang berkocek tebal dan ingin memiliki laptop gaming dengan desain yang tidak pasaran, ASUS ROG G752 bisa menjadi salah satu kandidat yang layak untuk dipertimbangkan.

Yang Canggih:
(+) Desain keren
(+) Performa stabil dan bertenaga
(+) Audio amat baik
(+) Keyboard sangat nyaman dengan 5 tombol makro
(+) Manajemen thermal baik

Yang Kurang:
(-) Bobot berat
(-) Daya tahan baterai rata-rata

Review ASUS ROG G752 7
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.