Mobile GadgetNewsReviewSmartphone

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL (Z00ED)

Asus tampaknya begitu bernapsu menginvasi pasar smartphone dengan jajaran produk Zenfone-nya. Bahkan, untuk keluarga Zenfone 2 Laser saja terdiri dari empat tipe, di mana salah satunya adalah ZE500KL (Z00ED) yang kami hadirkan saat ini.

Dengan banyaknya tipe yang dilahirkan, memang sedikit sulit membedakan antara Zenfone 2 Laser yang satu dengan tipe lainnya. Tapi, dengan adanya tipe-tipe tertentu pasti sudah dipertimbangan sendiri oleh Asus dari faktor kebutuhan pengguna. Lalu, untuk pengguna jenis apakah Zenfone 2 Laser tipe ZE500KL ini? Simak saja, review kami berikut ini.

Desain khas Zenfone 2

Sebagai bagian dari Zenfone 2 series, secara kasat mata Zenfone 2 Laser ZE500KL tidak ada bedanya dari Zenfone Max, Zenfone Selfie, dan Zenfone 2 Laser lainnya karena memang masih dalam satu DNA. Yang membedakan tentu saja sektor ukuran dan spesifikasinya.

Seperti saudaranya, Zenfone 2 Laser ZE500KL mengusung material plastik dengan aksen metal pada bodi belakangnya. Sensasi melengkung pada bodi belakangnya membuat smartphone ini begitu ergonomis, nyaman digenggam. Kenyamanan menggenggam smartphone ini juga didukung oleh teksturnya yang matte dan bebas sidik jari.

Dengan desain yang identik dengan Zenfone 2, tentunya Anda tidak bisa mengharapkan banyak perubahan. Bahkan untuk penempatan tombol-tombolnya tidak ada yang berbeda, yakni di mana tombol volume berada di bodi belakang bersanding dengan kamera. Untuk tombol power-nya pun tetap berada di bagian atas bodi.

Layar memuaskan dan terlindungi

Masuk ke segmen kelas menengah, bukan berarti Zenfone 2 Laser ZE500KL hadir dengan material dan teknologi layar yang pas-pasan. Dengan panel beresolusi 1280 x 729 piksel berdensitas 294 ppi, tampailan gambar yang ditampilkan pada layar smartphone ini cukup memuaskan mata.

Zenfone-2-Laser-displayYang tidak kalah pentingnya, layarnya yang seluas 5 inci dilindungi Gorilla Glass 4 yang biasanya hadir di smartphone high-end. Dengan adanya perlindungan ini, pengguna tidak perlu memasang screen protector super tebal yang menganggu sensitivitas layar ketika disentuh.

Performa cukup bertenaga

Ditenagai chipset quad-core Snapdragon 410 berkecepatan 1,2 GHz yang didukung GPU Adreno 306 dan RAM 2 GB, Zenfone 2 Laser ZE500KL terbilang cukup bertenaga dalam mengakomodir kebutuhan pengguna mulai dari bermain game, social media, chatting, hingga multitasking.

Screenshot_2016-02-10-14-12-48Memang tidak segesit yang dibayangkan, tetapi setidaknya ketika diajak ngebut di game Need for Speed: No Limits, nyaris tidak jumpai kendala berarti. Memori internal 16 GB pada tipe yang kami coba juga terbilang cukup lega untuk menampung kebutuhan standar. Jika dirasa kurang, slot microSD yang tersemat di balik backcover-nya bisa menampung penyimpanan tambahan hingga 128 GB.

Software cantik tapi mencekik

Berbasis OS Android 5.0.2 Lollipop, user interface ZenUI memang terbilang sangat cantik dengan desain flat icon. Sayangnya, di balik fungsionalitas user interface ini, ternyata membawa begitu banyak bloatware, sehingga mencekik sistem memori.

Sebenarnya hal ini menjadi isu tersendiri bagi pengguna keluarga besar Zenfone, di mana begitu banyak aplikasi bawaan yang dihadirkan. Karena di saat penggunaan pertama saja, memori internal yang tersisa hanya 8,86 GB dari total 16 GB.

Untungnya, software yang diusung Asus ke smartphone andalannya cukup berguna bagi pengguna. Sebut saja fitur One Hand Opeation yang membuat tampilan layar mengecil untuk memudahkan penggunaan satu tangan. Tidak lupa pula fitur ZenMotion yang membisa mengaktifkan layar hanya dengan dua kali tap pada layar, serta akses cepat ke beberapa aplikasi hanya dengan menuliskan huruf di permukaan layar.

Performa Kamera Mengesankan

Diberikannya embel-embel ‘Laser’ pada Zenfone 2 Laser ZE500KL tentu erat kaitannya pada fitur kamera. Ya, smartphone ini memiliki kamera belakang beresolusi 13 megapiksel dengan bukaan lensa F/2.0, serta memiliki sensor Laser Auto Focus yang membuatnya cepat menangkap fokus gambar.

P_20160208_095137_HDRFitur Laser Auto Focus memang alasan kenapa Zenfone 2 Laser ZE500KL patut dipertimbangan sebagai smartphone kelas menengah dengan fitur kamera yang cukup baik. Pengguna bisa mendapatkan fokus secepat yang diinginkan dengan hasil tangkapan gambar yang tajam dan cukup akurat, dengan catatan berada di kondisi cukup cahaya.

P_20160208_102841Tidak kalah dengan kamera belakangnya, kamera depan 5 megapiksel Zenfone 2 Laser ZE500KL juga cukup mumpuni bagi mereka yang suka foto selfie. Karena tangkapan gambar wajah yang didapatkan cukup tajam berkat sensor autofocus.

P_20160214_081248Untuk mengetahui lebih jauh hasil tangkapan kamera Zenfone 2 Laser ZE500KL, ada bisa langsung menuju ke akun resmi Flickr YANGCANGGIH.COM.

Baterai cukup awet

Inilah yang kami suka dari keluarga besar Zenfone 2, yakni baterai yang tahan lama. Memang Zenfone 2 Laser ZE500KL, tidak seawet Zenfone Max yang kapasitas baterainya cukup besar, tetapi dengan muatan yang cuma sebesar 2.400 mAh, smartphone ini bisa bertahan di atas 10 jam.

Tentunya daya tahan baterai Zenfone 2 Laser ZE500KL yang kami sebutkan itu tergantung penggunaan, di mana kali melakukannya secara random untuk kebutuhan browsing, menelpon, gaming, menonton video, dan chatting dalam satu hari. Memang daya tahannya tidak terlalu memuaskan, tetapi jauh dari buruk.

Kesimpulan

Dari desain, spesifikasi, dan ukuran, Zenfone 2 Laser ZE500KL memang tidak berbeda dengan Zenfone 2 Laser ZE500KG. Yang membedakan performa dari smartphone ini dari saudaranya itu cuma pada konektivitasnya yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Zenfone-2-Laser-frondNamun, bagaimana pun juga, untuk smartphone di harga 2 jutaan rupiah, Zenfone 2 Laser ZE500KL menjadi pilihan yang sangat menggoda. Tidak cuma desainnya yang terkesan kokoh dan premium, spesifikasi, terutama kameranya sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Yang Canggih

+ Harga kompetitif, melebihi spesifikasi dan fitur
+ Desain menarik dan ergonomis
+ Fitur kamera cukup baik, terutama kinerja Laser Autofocus
+ Baterai lumayan awet

Yang Kurang

– Bodi sedikit bulky dan tebal
– Hasil foto noise jika dalam kondisi kurang cahaya

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL
Dimensi 143,7 x 71,5 x 10,5 mm
Berat 140 g
Layar 5 inci (1280 x 720), 294 ppi
Frekuensi GSM/HSPA/LTE (Dual-SIM)
Sistem Operasi Asus ZenUI (Android 5.0.2 Lollipop)
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916
GPU Adreno 306
RAM 2 GB
Storage 16 GB (support microSD card up to 128 GB)
Kamera 13 MP (belakang) Laser AutoFocus, 5 MP (depan)
Battery 2400 mAh

23 Comments

  1. Cara ngecek ram di azuz z00ed gmna si gan.ane kg tau?
    Trus sekrng zenui dprbarui kok jdnya volume jd kecil…ga seperti dlu.mohon blzanya.mksih

  2. kenapa touch sering jalan sendri g sentuh kl di sentuh sekali langsung kluar sendri trs kembali lagi apa lagi keybood nya kadang2 keybodnya susah kl udh g jln touch nya

  3. Gan mau tnya klo pasaran zenfone zooed itu brpa ya..mhon di bls y

  4. Min mau tanya, tombol menu aplikasi bisa diilangin nggk? Biar tampilannya jadi kya Iphone, Xiaomi, atau Lenovo gtu, tanpa pke apk launcher
    Klo bisa, tlong ksih tau gmna caranya min

  5. ternyata zenfone 2 ada 2 z00rd dan z00ed yang z00rd belum 4g yang z00ed udah 4g . semua sama cuma beda di koneksinya jadi kurang puas lihat hp tmen .

  6. Kenapa ko zenpone suka nge hang apa karna terlalu banyak aplikasi apa gmna kasih saran y

  7. gan hh punya ane kok tc nya sensitif banget ya.. kotor krn sidik jari aja layar jalan2 sendiri.. kadang hang, layarnya ndak mau dipencet. gimana tanggapan dan solusi nya ya gan? thanks

    1. Mode sarung tangan / glove mode di offin bro, insyaAllah normal lagi dah..

  8. Admin.. mau tanya nih kalo asus zenfon 2 tipe Z00ED itu sudah 4G blm ya kok saya pake simpati loop tapi yg 4G nya gak bisa saya gunain ya knpa ya??
    Tolong sarannya
    Thx y

  9. Kalo zenfon2 tipe Z00ED itu udh 4G blm ya. Kok saya gak bisa gunakan ya paket simpati loop 4G nya.
    Thx

  10. min,di Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL apa tersedia fitur manual mode pda kameranya?buat ngatur shutter speed dll.tks

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: