10 Tipe Pengguna Instagram Berdasarkan Postingannya

Harus diakui, Instagram menjadi aplikasi photo-sharing paling populer di dunia untuk saat ini. Dengan memiliki 300 juta pengguna, tentunya bisa Anda bayangkan ada berapa miliar foto yang telah di posting di dalamnya.

foto: thenextweb.com
foto: thenextweb.com

Dari postingan-postingan tersebut, sebenarnya kita bisa menilai seperti apa karakter si pemilik akun. Nah, berikut ini adalah tipe-tipe pengguna Instagram berdasarkan postingannya sendiri:

1. Ratu/raja selfie

samsung nx500 selfieApapun momen yang sedang dialaminya, dia hanya memposting foto selfie saja. Sekalipun ada di sebuah pemandangan indah yang dikunjunginya, tetap saja dia hanya ingin follower-nya lebih fokus ke wajahnya. Berbagai aplikasi untuk memuluskan tekstur wajahnya sudah pasti terinstal di smartphone-nya seperti Camera360 hingga BeautyPlus.

2. Tukang Edit

svg%3E
foto: autodesk

Orang jenis ini memang tipikal pengguna yang kreatif. Bayangkan saja, dia tidak ingin foto yang dipostingnya terkesan biasa. Ketika filter bawaan Instagram tidak cukup memadai, dia juga menggunakan aplikasi-aplikasi photo editing lainnya seperti Snapseed dan Pixlr. Awan yang tertangkap kamera berwarna putih saja bisa dia ubah menjadi hijau bahkan ungu. Artistik tapi manipulatif.

3. Pecinta Binatang

svg%3E
foto: upi.org

Sekalipun dirinya rupawan atau setidaknya berparas lumayan, pengguna Instagram tipe ini justru lebih tertarik memamerkan binatang peliharaannya dibandingkan wajahnya sendiri. Berbagai ekspresi binatang peliharannya dipamerkan dengan caption dan hashtag-hashtag penuh cinta, seolah dunia hanya ada dia dan binatang peliharannya saja.

4. Tukang pamer kemesraan

foto: canoism.ic

Jatuh cinta itu memang berjuta rasanya. Makanya tidak heran jika ada pengguna Instagram yang lebih tertarik memposting kehidupan asmaranya dibandingkan hal lain. Apapun, kapanpun, dan di manapun, postingan dia selalu berduaan. Seolah-olah Instagram itu hanya milik mereka berdua. Kata-kata dan hashtag paling populer yang sering digunakan adalah “soulmate”, “love”, dan “ayang”. Pamer kemesraan? Tentu saja.

5. Tukang Jajan

svg%3E
foto: indiantimes.com

Di antara tipe pengguna Instagram lainnya, tampaknya tipe ini yang paling ‘bermanfaat’. Sekalipun niatnya cuma pamer, tapi terkadang ada informasi mengenai tempat, harga, dan rasa mengenai makanan yang diposting juga dihadirkan. Tak mengherankan pengguna tipe ini sering dijadikan buzzer untuk mempromosikan tempat jajan dan makan yang enak.

6. Traveler

foto: tekooo.com

Postingan orang tipe ini membuat follower-nya terkadang bertanya-tanya: di mana dia sebenarnya tinggal? Apa pekerjaannya? Dari mana uangnya? Ya, hari ini bisa saja dia berada di Jakarta, besok ada di Jepang, dan minggu depan di Kanada. Harus diakui, postingan jenis ini bisa membuat iri follower-nya, tapi tak jarang juga menjadi motivasi agar orang bisa menyempatkan liburan dan mengunjungi tempat-tempat indah di belahan dunia lainnya.

7. Horang kayah

svg%3E
foto: branded.au

Horang kayah adalah sebutan lain dari orang kaya dan konotasinya diberikan kepada mereka yang suka pamer harta. Tidak cuma barang-barang mahal yang diposting, terkadang bon pembayaran makan malam juga memenuhi timeline. Ada yang menyebut postingan jenis ini sebagai refleksi atas kesuksesan seseorang, tapi ada juga yang menilainya sebagai aksi pamer dan sok kaya.

8. Gila kerja

svg%3E
foto: abc.net

Ketika timeline pengguna Instagram lain dipenuhi acara jalan-jalan di akhir pekan, dia malah posting meja kerjanya dengan laptop dan tumpukan kertas-kertas. Sepertinya tidak ada kehidupan lain baginya selain kerja dan kerja. Menurutnya memamerkannya tumpukkan pekerjaan adalah sesuatu yang keren untuk dibagi, tapi tidak sedikit juga orang jenis ini yang memberikan caption berkonotasi keluhan.

9. Anak gym

svg%3E
foto: facetofeet.com

Entah karena narsisme atau memang ingin mempromosikan gaya hidup sehat, postingan pengguna tipe ini tidak jauh-jauh dari lokasi gym dan aktivitas olahraga seperti lari, renang, sepeda, hingga yoga. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mamemerkan hasil dari kegilaannya terhadap olahraga dengan selfie di depan cermin sambil memamerkan otot-otot dan perut ratanya.

10. Tukang Komentar

foto: gizmodo.com

Di akun manapun, dia selalu berkomentar. Tapi jika dilihat dari postingannya, cuma ada 1-2 foto saja. Sepertinya pengguna Instagram jenis ini mengganggap memberikan komentar lebih penting daripada mengunggah postingan.

Nah, dari tipe-tipe pengguna Instagram di atas, Anda sendiri tipe yang mana?

Verified by MonsterInsights