Home ApplianceHome GadgetNews

BWM: Sepeda Stasioner yang Bisa Mencuci Pakaian Ketika Digowes

Bersepeda adalah sebuah olahraga yang cukup populer. Sayangnya tidak semua orang yang gemar berolahraga atau bersepeda akan suka mencuci pakaiannya sendiri.

bike-washing-machineTapi tidak begitu dengan sepeda stasioner canggih buatan sekelompok mahasiswa dari Dalian Nasionalities University ini. Bernama Bike Washing Machine yang diakronimkan menjadi BWM, sepeda stasioner ini memungkinkan penggunanya berolahraga sambil mencuci pakaiannya.

Ketika pedal BWM digowes, secara otomatis akan menggerakan drum mesin cuci yang berupa roda sepeda. Jadi semakin banyak digowes, drum tersebut akan berputar seperti cara kerja mesin cuci umumnya dalam ‘mengucek’ pakaian yang kotor.

Tidak hanya itu saja, tenaga listrik yang dihasilkan dari gowesan pedal juga bisa disimpan untuk kemudian digunakan sebagai tenaga untuk memutas drum tanpa harus mengowes pedalnya. Jadi, pengguna tidak harus berolahraga sekaligus mencuci pakaian dalam waktu bersamaan saat itu juga.

1054236Seperti halnya sepeda stasioner masa kini, BWM memiliki layar yang menampilkan status dari pembakaran kalori dan jenis latihan yang diambil. Layar tersebut juga bisa menampilkan tenaga cadangan yang dimiliki sepeda ini untuk mencuci pakaian secara otomatis.

Untuk debutnya di pasaran, BWM akan dibanderol seharga US$ 170 atau sekitar 2 jutaan rupiah saja. Namun, karena teknologi yang diperkenalkan ini masih berupa konsep yang disempurnakan, tampaknya kita masih harus bersabar menanti penjualannya secara massal.

Back to top button