[CP+ 2016] Canon Perkenalkan Teknologi Nano USM Untuk Lensa

Bersamaan dengan diluncurkannya Canon EOS 80D, Canon turut memperkenalkan lensa pertamanya yang mengusung teknologi baru yaitu Canon EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS USM.

Berbeda dengan Canon EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 sebelumnya yang mengusung teknologi STM, EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS USM hadir dengan teknologi motor fokus baru yang diberi nama Nano USM.

Nano-USM-1

Nama Nano USM ini digunakan karena memang ukuran motor Nano USM sangatlah kecil. Cara kerja lensa dengan Nano USM menggunakan prinsip getaran ultrasonic yang diubah menjadi gerakan. Dengan menggabungkan keunggulan cincin motor Ultrasonic (USM) yang bisa mendongkrak kinerja autofokus menjadi lebih cepat dan STM (stepping motor) yang mampu menyajikan autofokus lensa lebih halus dan tidak berisik, lensa dengan Nano USM tentunya lebih menjanjikan untuk memotret atau merekam video.

svg%3E

Nano-USM-2

Dengan lensa berteknologi Nano USM, fotografer dan videografer kini bisa menikmati lensa dengan pergerakkan fokus yang lebih halus, 4.3x lebih cepat saat telefoto serta 2.5x lebih cepat saat memotret di wide-angle. Perbedaan kecepatan autofokus dengan teknologi STM dan Nano USM bisa dilihat di video berikut

Melihat tren videografi menggunakan DSLR saat ini terus diminati, lensa dengan teknologi Nano USM nampaknya bisa menjadi primadona tersendiri di dunia fotografi. Kendati demikian, Canon tidak membocorkan lebih lanjut generasi lensa selanjutnya yang akan hadir dengan teknologi ini.

Verified by MonsterInsights