Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

OPPO Umumkan SmartSensor, Teknologi Penstabilan Berbasis Sensor Pertama di Dunia Untuk Smartphone

Teknologi image stabilization atau penstabilan pada smartphone saat ini memang bukan lagi hal baru. Kebanyakan smartphone di kelas premium sudah mengadaptasi teknologi ini guna meminimalkan hasil bidikan yang lebih minim blur akibat goyangan tangan.

SmartSensor-1

Setelah sukses dengan teknologi VOOC dan baru saja mengumumkan generasi kedua teknologi VOOC yang diberi nama Super VOOC untuk isi ulang baterai lebih cepat, OPPO juga turut mengumumkan SmartSensor untuk mendukung fitur kamera di smartphone OPPO di masa yang akan datang.

SmartSensor adalah teknologi penstabilan atau image stabilization yang berbasis sensor pertama di dunia. Selain itu, inovasi ini juga menjadi teknologi penstabilan terkecil di dunia dari semua teknologi penstabilan yang bisa dijumpai di semua perangkat.

Pada umumnya, fitur image stabilization di smartphone berbasis pada lensa. Tidak di modul sensor karena kecilnya ukuran sensor kamera dan jika dipasang ke sensor tentu saja dibutuhkan ukuran sensor yang lebih besar yang akan berimbas juga ke ukuran smartphone yang akan lebih tebal dan besar.

Teknologi SmartSensor yang dikembangkan oleh OPPO ini, hadir dengan teknologi canggih yang diberi nama micro-electro-mechanical (MEMS). Sistem ini hanya setipis 2 lembar kertas dan bisa mendeteksi pergerakkan bersama 3 sumbu, lebih baik dibandingkan image stabilization berbasis lensa smartphone pada umumnya yang hanya menstabilkan 2 sumbu. Cara kerja SmartSensor berikut ini:

Bandingkan dengan teknologi penstabilan berbasis lensa berikut ini:

Selain itu, SmartSensor juga bisa menstabilkan dengan lebih presisi dan cepat. Jika image stabilization berbasis lensa bisa menstabilkan dengan tingkat presisi 3 hingga 5 micrometer dan butuh waktu sekitar 50 milidetik untuk menstabilkan gerakan, SmartSensor lebih baik dengan tingkat presisi hingga 0.3 micrometer dan bisa menstabilkan pergerakan lebih cepat dengan mencatatkan waktu 15 milidetik. Tidak hanya itu saja, teknologi SmartSensor ini juga diklaim lebih irit daya dibandingkan dengan teknologi penstabilan berbasis lensa.

Meski teknologi ini sangat menarik, sayangnya OPPO masih belum membocorkan lebih lanjut kapan SmartSensor akan memulai debutnya di smartphone. Nantikan saja update kami selanjutnya.

Back to top button