Home Mobile Gadget Review Asus Zenfone 2 Selfie ZD551KL

Review Asus Zenfone 2 Selfie ZD551KL

Masih antusiasnya pengguna ponsel dengan tren selfie menjadikan para produsen kini beradu menggelontorkan jajaran ponsel yang menjagokan fitur kamera depan. Tidak hanya sebagai jargon semata, ragam fitur pun turut ditambahkan dengan janji manis hasil foto selfie yang lebih maksimal. Menjawab tren ini ASUS telah siap berkompetisi dengan menjagokan ASUS Zenfone 2 Selfie yang akan kami review berikut ini.

Layar besar dengan Dual kamera 13 Megapixel
ASUS ZENFONE 2 SELFIE-1

Seperti keluarga ASUS Zenfone 2 lain, ASUS Zenfone 2 Selfie masih tetap mempertahankan desain ASUS Zenfone 2 dengan bodi belakang agak melengkung. Di tunjang dengan bobot dan ukuran layarnya yang sangat pas, smartphone ini sangat nyaman untuk digenggam dan masih ideal untuk masuk kedalam saku celana.

Di bagian muka, ASUS Zenfone 2 Selfie hadir dengan layar IPS Full HD 1920 x 1080 pixel 5,5 inci yang telah diperkuat lapisan Corning Gorilla Glass 4. Dengan tingkat kerapatan pixel mencapai 403 ppi, tampilan di layarnya terlihat tajam dengan warna dan saturasi yang baik. ASUS pun tetap menyediakan fitur ASUS Splendid yang bisa digunakan untuk menyesuaikan sajian warna di layarnya sesuai dengan selera pengguna.

ASUS ZENFONE 2 SELFIE-2

Yang membuatnya berbeda dengan keluarga ASUS Zenfone 2 lain adalah hadirnya kamera depan yang menyita cukup banyak ruang di atas layarnya. Kamera depan berteknologi Pixel Master dengan resolusi 13 megapixel yang ditemani Flash Dual LED Real Tone dibagian depannya ini memang menjadi salah satu daya pikatnya dan mampu menyedot perhatian siapa saja yang melihatnya.

ASUS ZENFONE 2 SELFIE-4

Sementara di bagian belakang Anda juga bisa menemukan kamera dengan resolusi 13 megapixel yang sama, lengkap dengan modul autofokus laser dan Flash Dual LED Real Tone. Bergeser sedikit kebawah terdapat tombol volume dan dibagian atas bodinya tersedia tombol power dan jack audio 3.5mm.

Untuk mengakses kartu SIM dan micro SD, cover bodi belakangnya harus dilepas. Cover bodi belakangnya ini terasa sangat kokoh dan tampil ciamik dengan pola brushed metal yang berhasil mendongkrak tampilannya terlihat lebih premium. Cover belakangnya pun cukup mudah untuk dilepas pasang. Setelah dilepas, Anda bisa menemukan 2 slot kartu micro SIM yang mendukung 4G, slot micro SD dan baterai.

Zen UI Cantik dan Minimalis
ASUS Zenfone 2 Selfie menjalankan OS Android Lollipop 5.0.2 yang dipercantik antarmuka ASUS ZenUI yang minimalis dengan ikon bergaya flat yang tampilannya terlihat cantik. Jika bosan, Anda masih bisa mengganti ikon tersebut dengan paketan ikon yang dibawanya atau sekedar mengganti efek transisi layar.

Selain desain antarmuka yang minimalis turut hadir juga beragam fitur seperti yang kami temukan di ASUS Zenfone 2 Laser yang pernah kami review sebelumnya. Diantaranya, Fitur One Hand operation untuk memperkecil tampilan layar sehingga bisa lebih mudah diakses dengan satu tangan, fitur Boost untuk melegakan RAM, dan fitur ZenMotion yang akan memungkinkan Anda untuk membangunkan layar hanya dengan 2 kali tap di layar dan mengakses beberapa aplikasi dengan lebih cepat hanya dengan membuat coretan huruf di layarnya.

Performa memadai, baterai Tahan lama
Berbekal chipset Octa core Qualcomm Snapdragon 615 1.5GHz dan dimodali RAM 3GB, performa ASUS Zenfone 2 Selfie diatas kertas memang menjanjikan. Hasil pencapaiannya di test benchmark juga cukup memuaskan dengan berhasil menorehkan skor di angka 32587 untuk benchmark Antutu dan 3146 untuk PC Mark.

Saat menggunakannya sehari-hari smartphone ini pun terasa gegas. Beragam kebutuhan seperti browsing, bermain game dengan grafik yang berat seperti EA SPORTS UFC atau menjalankan file multimedia dengan resolusi tinggi bisa dijalankannya dengan mulus. Dengan memori internal yang kapasitasnya 32GB dan tambahan slot kartu memori yang bisa dipasang microSD hingga 128GB, Anda pun tidak perlu khawatir ruang penyimpanannya akan cepat habis karena masih tersisa cukup banyak ruang untuk menyimpan semua hasil foto dan file multimedia di smartphone ini.

Satu hal yang menurut kami kurang adalah manajemen RAM yang kurang maksimal. RAM 3GB yang seharusnya lega pada kenyataanya untuk penggunaan yang sangat aktif akan tersedot cukup lumayan banyak RAM terutama saat aplikasi yang berjalan mulai banyak. Imbasnya, performanya sekali-kali akan terasa lag ketika penggunaan RAM sudah terlalu tinggi. Untunglah ASUS telah menyediakan fitur Power & Boost yang bisa dijadikan solusi untuk melegakan penggunaan RAM agar performanya kembali maksimal.

Kendati demikian, ASUS Zenfone 2 Selfie punya manajemen daya yang sangat baik dengan konsumsi baterai yang tergolong irit. Dengan berbekal baterai yang kapasitasnya 3000mAH, baterainya bisa sanggup bertahan hingga sekitar 11 jam dengan skema penggunaan yang cukup moderat untuk push mail, chat, memotret dengan kameranya dan satu slot kartu SIM 4G paket data aktif.

Kamera sangat memuaskan
Mengedepankan kamera depan dan belakang berteknologi PixelMaster 13 megapixel, Zenfone 2 Selfie menjadi yang paling menonjol di semua lini ASUS Zenfone.

Setidaknya saat kami mencicipi performa kameranya, nama selfie yang disandangnya bukan sekedar isapan jempol belaka. Kamera depan 13 megapixel yang dimilikinya memang patut diacungi jempol dengan hasil foto selfie yang sangat tajam dan detil dengan tingkat warna yang akurat di kondisi pencahayaan yang ideal. Kualitas foto kamera depannya ini terlihat setara dengan hasil foto kamera belakang.

Hasil foto kamera depan Zenfone 2 Selfie
P_20160116_172434_BF
P_20160116_172628_BF

Di kondisi pencahayaan yang kurang ideal pun hasil foto kamera depannya masih bisa diandalkan. Ditambah dengan bantuan Flash Dual LED Real Tone yang bisa diatur opsi pencahayaannya, hasil foto selfie Anda bisa terlihat lebih baik di kondisi temaram. Jika kurang percaya diri dengan wajah Anda, fitur Beautification siap membantu untuk memoles hasil foto selfie Anda tanpa perlu lagi proses penyuntingan dengan aplikasi pihak ketiga.

ASUS ZENFONE 2 SELFIE-3

Kualitas foto yang dihasilkan kamera belakangnya juga sangat memuaskan. Sangat terlihat usaha ASUS terus memperbaiki kualitas kamera dari ASUS Zenfone 2. Dan ini terasa sekali di ASUS Zenfone 2 Selfie. Dari beragam skenario pemotretan dengan kamera belakangnya, hasil foto kameranya sangat memuaskan kami dengan tingkat ketajaman, detil dan saturasi warna yang amat baik. Kinerja autofokus lasernya juga terasa sangat cepat dan akurat. Sangat maksimal untuk memotret aksi-aksi cepat.

Berkat dukungan fitur autofokus laser, memotret aksi cepat seperti orang bersepeda berikut bukan lagi masalah.
P_20160116_190626

Jika Anda gemar memotret di kondisi malam hari, kamera belakangnya yang ditunjang dengan lensa berdiafragma F/2.0 juga membuatnya cukup handal di kondisi temaram. Dari pengujian yang kami lakukan, di mode Auto ataupun di mode Lowlight dan Nightmode secara otomatis pengaturan ISO memang akan ditekan di ISO tinggi. Kendati demikian, kendali noisenya masih cukup baik dengan hasil foto yang masih terlihat relatif tajam dan warna yang cukup akurat.

P_20160116_202228

Sebagai saran, jika memang ingin mendapatkan hasil foto yang tetap tajam di kondisi pencahayaan yang kurang ideal opsi manual bisa dipilih dan pengaturan ISO bisa diatur ke angka ISO 400. Di dukung dengan tripod atau keseimbangan tangan yang baik, di pengaturan manual ini kami sangat puas dengan hasil fotonya di malam hari yang sangat minim noise dan hasil foto tetap terlihat tajam dengan warna yang akurat. Berikut hasil foto ASUS Zenfone 2 Selfie tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto yang lain bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com

Kesimpulan
Dengan ASUS Zenfone 2 Selfie, ASUS berhasil membuktikan ponsel inovatifnya ini bisa menjadi juara di kelasnya dan diantara keluarga ASUS Zenfone lain dengan kualitas kamera depan dan belakang yang patut diacungi jempol. Diimbangi dengan fitur laser autofokus, sederetan fitur fotografi yang lengkap, performa yang cukup memadai untuk beragam kebutuhan standar, dan banderol harganya yang hanya dipatok Rp3.199.000 (ZD551KL RAM 3GB/ memori internal 32GB) ASUS Zenfone 2 Selfie sangat kami rekomendasikan untuk Anda pecinta selfie ataupun fotografi mobile.

Yang Canggih:
+ Kinerja Autofokus Laser sangat cepat
+ Hasil foto kamera depan dan belakang sangat baik
+ Mode foto lengkap
+ Daya tahan baterai sangat baik

Yang Kurang:
– Manajemen RAM kurang maksimal

Review Asus Zenfone 2 Selfie ZD551KL 9
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.