Di Forum 2016, Samsung Jagokan TV SUHD dengan Quantum Dot Display & Panel 10-bit

Walaupun sudah mulai tersaingi tablet dan smartphone, televisi masih tetap menjadi pusat hiburan di rumah. Selain layarnya yang berukuran besar, tentunya kualitas gambar dan suara yang ditawarkan juga memberikan kepuasan tersendiri bagi penontonnya. Apalagi jika TV di rumah Anda termasuk jajaran papan atas seperti Samsung KS9000 yang baru ini.

Lebih canggih dari TV UHD biasa
TV SUHD tercanggih dari Samsung ini dipamerkan di ajang Samsung Forum 2016 yang diadakan di Kuala Lumpur. Agar tidak rancu dengan TV UHD atau Ultra HD, TV SUHD memiliki tiga elemen yang tidak dimiliki oleh TV UHD biasa yaitu tingkat kecerahan 1000 nit, panel 10-bit, dan teknologi Quantum Dot. Ketiga fitur ini disinergikan untuk menghasilkan kualitas visual yang lebih tajam, lebih kaya warna, serta lebih nyata. Waktu disandingkan dengan TV UHD biasa, terlihat warna hitam di TV SUHD Samsung ini lebih pekat dan warna putihnya juga lebih putih (tidak kekuningan).

samsung-forum-2016-quantum-dot-display

Untuk 78KS9000, Samsung juga menorehkan sentuhan desain lengkung yang menawan. Konsep desain dari Samsung sendiri memiliki tujuan agar KS9000 tetap enak dilihat dari segala sudut, termasuk dari belakang. Maka tidak heran jika bagian belakang KS9000 dirancang agar tetap rapi, dengan kabel yang disamarkan. Yang menarik, Samsung telah menyatakan bahwa harga KS9000 akan berada di bawah 50 juta rupiah. Ini jauh lebih murah dibandingkan TV SUHD pertama Samsung tahun silam yang dijual pertama kali di kisaran 70 juta rupiah.

samsung forum 2016 suhd tv belakang samping

Untuk tahun 2016, Samsung telah menyiapkan sederetan TV SUHD dengan beberapa pilihan kelas dan desain. Bagi yang kurang menyukai layar lengkung, Samsung juga telah menyiapkan beberapa tipe TV SUHD layar datar.

TV UHD semakin merakyat
Dengan konten 4K yang semakin banyak di tahun 2016, TV UHD tampaknya akan menarik minat calon pembeli. Untuk itu, Samsung telah menyiapkan sederetan TV Ultra HD di berbagai segmen dan ukuran. Sama seperti tahun lalu, TV Ultra HD Samsung akan tersedia mulai dari ukuran 40 inci.

samsung forum 2016 suhd tv 65 inci

svg%3E

samsung forum 2016 new suhd tv

Konsumen juga akan dapat memilih dari dua desain yaitu lengkung dan datar. Seperti yang dijelaskan di atas, TV UHD ini belum menggunakan teknologi Quantum Dot atau memiliki tingkat kecerahan hingga 1000 nit. Namun jika dibandingkan dengan TV Full HD, keunggulan visual TV Ultra HD akan jelas terlihat.

suhd tv 8K prototipe

Pada ajang ini, Samsung juga memamerkan prototipe TV 8K yang memiliki kerapatan pixel hingga 4x lebih baik dibandingkan TV Ultra HD. Untuk TV 8K, Samsung baru akan memasarkannya di pasar Korea dan Amerika Serikat. Namun mengingat teknologi yang masih baru, harganya tentu juga akan sangat tinggi.

samsung forum 2016 uhd bluray player

Selain TV, Samsung juga memajang Blu-ray Player UHD untuk menyajikan konten 4K. Mesin pemutar Blu-ray ini juga akan dapat melakukan streaming konten 4K dari Netflix, Youtube, dan penyedia konten 4K lainnya.

Jadi sudah siap beralih ke 4K?