Quantcast
AndroidAplikasi

4 Aplikasi Gratis di Android untuk Mencari Tahu Judul Lagu

Ketika mendengarkan radio di mobil atau sedang berada di tempat tertentu, pastinya pernah ada saat tiba-tiba terdengar lagu yang sangat cocok dengan telinga Anda. Seringkali, kita langsung menyukai lagu tersebut tanpa mengetahui judulnya dan siapa penyanyinya. Mencoba bertanya, tapi sayangnya teman di sebelah Anda pun tidak tahu.

Lalu, adakah cara yang paling cepat untuk mendapatkan informasi terkait lagu yang Anda dengarkan secara real-time? Mudah saja! Empat aplikasi Android yang dapat diunduh gratis di Google Play Store ini bisa membantu Anda:

Shazam

Shazam (2)Shazam merupakan salah satu aplikasi music recognition paling populer di Android saat ini. Aplikasi tersebut dapat mengenali berbagai musik dari seluruh dunia, khususnya yang berbahasa Inggris. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu tap pada logo Shazam (seperti huruf S), lalu aplikasi ini akan merekam beat dari lagu yang terdengar dan mencocokkannya dengan server.

Ketika sudah berhasil mencocokkan dengan musik di server, maka informasi seperti judul lagu dan siapa penyanyinya akan langsung muncul. Tak hanya itu, Shazam juga akan membantu mencarikan lirik dan video klipnya. Shazam membutuhkan koneksi internet yang stabil ketika sedang mengidentifikasi lagu.

SoundHound

SoundHound (2)Sesungguhnya cara kerja SoundHound bisa dibilang mirip dengan Shazam. Tap pada tombol S, dekatkan microphone pada sumber musik, lalu SoundHound akan mengidentifikasi judul lagu dan penyanyinya. Tentunya, koneksi internet yang stabil juga dibutuhkan.

Meski nyaris sama dengan Shazam, tapi ada satu fitur menarik yang dimiliki oleh SoundHound, yakni teknologi ‘humming’. Ya, Anda bisa melantunkan lagu dengan suara Anda sendiri dan SoundHound akan mendeteksinya.

TrackID

Track IDTrackID merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Sony. Secara garis besar cara kerjanya sama dengan aplikasi sejenis lainnya, dan tentunya, butuh koneksi internet.

Namun yang menarik dari TrackID dan membuatnya wajib untuk di-install di perangkat Anda adalah database-nya yang dipercaya cukup besar. Jika Anda mencoba mengidentifikasi lagu kemudian Shazam atau SoundHound gagal memberikan informasi yang Anda butuhkan, cobalah gunakan TrackID.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline, alias tanpa koneksi internet. TrackID akan menyimpan lagu yang terdengar, lalu ketika Anda sudah kembali terhubung dengan internet barulah ia mencari tahu judulnya. Lagu yang telah teridentifikasi juga bisa di-share lewat Facebook dan media sosial lainnya.

Musixmatch – Lyrics & Music

MusixMatchSelain menjadi alternatif dari ketiga aplikasi di atas, Musixmatch memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki aplikasi lainnya. Musixmatch tak hanya bisa mengidentifikasi lagu lewat audio yang terdengar dari sumber eksternal, namun ia juga bisa melakukan fungsi serupa dari lagu yang tersimpan di perangkat Anda.

Tidak hanya itu, Musixmatch juga mampu menampilkan lirik dari lagu tersebut mengikuti alunan lagu, seperti yang biasa ditemui di karaoke.

Back to top button