Quantcast
Tips

5 Cara Mengatasi Kecanduan Internet

Di dunia yang serba mobile ini, internet seperti menjadi kebutuhan utama. Secanggih apapun perangkat yang digunakan, jika tidak memiliki konektivitas internet maka dianggap tidak berguna. Sayangnya, Anda justru harus berhati-hati karenanya. 

Konnikova Internet Addiction 1200
foto: newyorker.com

Dengan manfaatnya yang luar biasa, tak mengherankan bagi sebagian orang, internet mendatangkan ketergantungan tersendiri. Jika Anda merasa hidup terasa hampa tanpa internet, kemungkinan besar Anda memiliki kecanduan terhadap teknologi ini.

Meskipun bermanfaat, kecanduan internet menjadi faktor hancurnya kehidupan sosial seseorang. Nah, jika tidak ingin kehidupan sosial Anda hancur karenanya, sebaiknya diantisipasi dengan langkah berikut:

Utamakan Kehidupan Nyata

hangout with friends
foto: creatinghappiness.in

Di dunia maya, khususnya social media, akan mudah bagi Anda menemukan orang-orang yang memiliki persamaan minat. Anda juga bisa mencari komunitas yang sesuai dengan hobi Anda. Tapi jangan lupa, seberapa pun menyenangkannya mereka bagi Anda, tetap saja pertemanan di dunia nyata lebih berarti.

Jadi pastikan dari 24 jam waktu yang Anda miliki digunakan untuk bertemu teman-teman atau orang terdekat dalam kehidupan nyata Anda. Tertawa dalam satu meja bersama secara langsung lebih menyenangkan dari pada menggunakan emoticon ketawa atau mengetik “LOL!” di komputer atau gadget Anda.

Kopi Darat dengan Teman Dunia Maya

tuoitrenews7
foto: vir.com.vn

Jangan terlalu asyik dengan teman-teman pergaulan Anda di dunia maya. Sesekali jumpailah mereka untuk mengetahui seberapa asyiknya kepribadiannya di dunia nyata. Ramaikanlah ajang kopi darat beberapa komunitas online yang Anda ikuti.

Berbeda dengan sarana internet, bertatap muka merupakan percakapan yang lebih ekspresif dan menyenangkan. Jadi, seberapa banyaknya teman Anda di dunia maya tidaklah berguna jika Anda sama sekali tidak pernah menjumpainya di dunia nyata.

Kembali ke Ponsel Jadul

foto: therichestimage

Smartphone dianggap sebagai sumber kecanduan internet yang paling utama. Banyak orang terlalu asyik dengan smartphone sehingga mengabaikan lingkungan di sekitarnya. Andakah termasuk salah satunya?

Jika iya, sebaiknya mulai batasi penggunaan smartphone. Sesekali, singkirkan smartphone Anda seharian penuh dan kembali gunakan feature phone alias ponsel jadul yang tidak memiliki koneksi internet. Dengan begitu, diharapkan keinginan Anda berinteraksi dengan dunia nyata lebih besar dibandingkan ketika masih menggunakan smartphone.

Jangan ‘Available’ Setiap Waktu

foto: deathandtaxesmag.com

Alasan kenapa orang selalu terhubung dengan internet karena selalu ‘available’ di berbagai aplikasi, entah itu email, social media, hingga messenger. Penting bagi Anda untuk sesekali ‘menyepi’ dengan tidak meladeni pesan-pesan yang masuk–terkecual jika pesan yang sangat penting.

Semakin sering Anda merespon pesan-pesan tersebut, maka internet semakin menjauhkan Anda dari dunia nyata. Akhirnya Anda akan tenggelam dalam belenggu dunia maya sehingga akan semakin susah lepas darinya.

Catat Apa Saja yang Ingin Dilakukan di Dunia Maya

Make a List
foto: reneweveryday.com

Internet adalah gerbang bagi Anda dalam mendapatkan berbagai jenis informasi. Bahayanya, dengan informasi yang begitu banyak justru akan menjerumuskan Anda ke hal-hal atau informasi yang sebenarnya belum tentu penting bagi Anda.

Jadi, ketika Anda ingin bekerja dengan internet, pastikan Anda memiliki catatan hal-hal apa saja yang ingin dilakukan dengannya. Jika tidak, siap-siap saja ketika Anda ingin mencari informasi tentang suatu gadget justru akan merambah ke informasi-informasi lain yang tidak relevan dan semakin membuang waktu berkualitas Anda.

Artikel terkait

2 komentar

  1. tapi kalau kecanduan yang baik-baik, seperti menghasilkan.. ya bagus dong. :D

Back to top button