Quantcast
Review

Review Asus Zenfone 2 Laser 3G ZE500KG

Dari keluarga smartphone ASUS ZenFone 2 terbaru yang diperkenalkan November lalu, terlihat ASUS memang cukup menjagokan ASUS ZenFone 2 Laser. Pasalnya, ASUS ZenFone 2 Laser hadir dengan varian paling banyak. Tercatat ada 5 varian ASUS ZenFone 2 Laser yang tersedia di pasaran dengan harga yang berbeda. Dan untuk review kali ini kami akan mengulas ASUS ZenFone 2 Laser varian terendah ASUS ZenFone 2 Laser 5.0 3G (ZE500KG).

Konsep Desain
asus zenfone 2 laser-5
Di sektor desain ASUS ZenFone 2 Laser nyaris tidak membawa pembaruan. Kombinasi layar IPS 5 inci dengan desain bodi belakangnya yang agak melengkung patut diakui membuatnya sangat nyaman saat digenggam tangan. Kualitas tampilan dilayarnya untuk warna dan saturasi tergolong amat baik. Meski resolusi layarnya hanya 1280 x 720 pixel tampilan yang disajikan layarnya tetap masih terlihat tajam. Untuk melakukan pengaturan warna di layarnya ASUS pun telah menyediakan fitur Splendid yang bisa dipilih menyesuaikan kenyamanan mata Anda.

asus zenfone 2 laser-4

Penempatan tombol pun masih sama seperti ASUS ZenFone 2. Anda Akan menemukan tombol volume di bagian belakang bodinya yang ditemani modul kamera dan tombol power dibagian atas bodi. Cover bodi belakangnya yang hadir dengan bahan plastik terasa cukup tebal dan kokoh. Kendati demikian, cover tersebut untunglah sangat mudah untuk dilepas sehingga tidak sulit untuk mengakses kartu SIM, baterai dan slot microSD.

Antarmuka Sederhana, Tersedia beragam Fitur yang memudahkan

Menjalankan OS Android Lollipop 5.0.2, ASUS ZenFone 2 Laser turut dilengkapi dengan antarmuka ZenUI yang tampil minmalis dengan mengusung desain flat icon. Yang membuatnya tambah menarik ASUS juga menghadirkan beragam fitur yang akan membuat pengguna semakin mudah menggunakan smartphone ini. Sebut saja seperti misalnya Fitur One Hand operation yang memungkinkan tampilan layarnya diperkecil sehingga bisa lebih mudah diakses dengan satu tangan, fitur Boost untuk melegakan RAM, dan fitur ZenMotion yang akan memungkinkan Anda untuk membangunkan layar hanya dengan 2 kali tap di layar dan mengakses beberapa aplikasi dengan lebih cepat hanya dengan membuat coretan huruf di layarnya.

Performa cukup untuk harian
cpu-Z

Semua varian ASUS ZenFone 2 Laser hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 berkecepatan 1.2GHz. Disokong dengan RAM 2GB, dari pengujian kami performanya sudah mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan sehari-hari seperti misalnya browsing, chat hingga push mail. Angka Benchmark yang berhasil diraihnya mencatat angka 25396 untuk Antutu dan meraih skor 3372 untuk benchmark menggunakan PC Mark.

battery mode
Bagi yang doyan bermain game, beberapa game berat seperti Mortal Kombat X dan Asphalt 8 masih bisa dijalankan dengan cukup mulus. Untuk penggunaan yang tidak terlalu moderat seperti hanya push mail, chat dan berselancar di dunia maya baterainya yang berkapasitas hanya 2070mAh bisa bertahan hingga sekitar 7 jam. Sementara untuk menunjang kegiatan gaming atau sering digunakan untuk memotret baterainya memang akan terasa lebih cepat habis. Untuk menyiasatinya, ASUS pun telah menyediakan mode penghemat baterai yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Hasil Foto Cukup Memuaskan, Opsi Foto Lengkap
asus zenfone 2 laser-3
Asus Zenfone 2 Laser yang kami review adalah Asus Zenfone 2 Laser versi paling rendah dengan nomor seri ZE500KG. Di seri ini kamera belakangnya sudah mampu menghasilkan foto hingga resolusi maksimum 8 megapixel dan kamera depan 5 megapixel.

Dari pengujian kami, di kondisi cahaya ideal kinerja autofokus laser kameranya memang terbukti cepat dan akurat. Hasil foto pun bisa diandalkan dengan hasil yang cukup tajam dengan tonal warna yang realtif akurat. Shutter lag masih terasa agak lambat meski tidak begitu menggangu kegiatan memotret secara keseluruhan.

Kemampuan kameranya menghasilkan foto HDR juga cukup baik. Sementara di kondisi temaram, hasil foto memang terlihat didominasi noise sehingga mengurangi ketajaman serta kualitas hasil foto. Untuk menghindarinya, di kondisi temaram kami cukup menyarankan Anda bisa memotret dengan mode manual dengan pengaturan ISO rendah.

Satu hal lagi yang kami sukai dari kameranya adalah hadirnya beragam mode pemotretan yang sangat lengkap yang akan mendorong Anda untuk memotret lebih kreatif. Untuk yang gemar memotret Manual, mode Manual ZenFone 2 Laser telah menyediakan opsi pengaturan kecepatan rana kamera, fokus, ISO, kompensasi eksposur, dan White Balance.

Untuk hasil foto dari kamera Asus Zenfone 2 Laser tanpa proses penyuntingan berikut ini. Atau bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Untuk review lengkap kamera Asus Zenfone 2 Laser bisa dibaca ditautan berikut ini.

Kesimpulan
Strategi ASUS menghadirkan ASUS ZenFone 2 Laser menurut kami sangat menarik. Meski performanya secara keseluruhan tergolong standar, ada 2 faktor yang membuatnya layak untuk diperhitungkan. Pertama, dengan menjagokan teknologi autofokus laser miliknya yang super cepat ASUS ZenFone 2 Laser memang belum ada pesaing di kelas harganya. Ini tentu menjadikannya opsi yang sangat menarik untuk pengguna yang hobi memotret dan tidak terlalu memprioritaskan performa. Dan faktor kedua adalah 5 varian ZenFone 2 Laser yang hadir di pasaran menjadikan konsumen bisa memilih ASUS ZenFone 2 Laser yang ingin dimiliki sesuai dana dan kebutuhannya.

Yang Canggih:
+ Kinerja Autofokus Laser sangat cepat
+ Hasil foto oke di kondisi cahaya ideal
+ Mode foto lengkap
+ Harga Kompetitif dengan 5 varian yang berbeda

Yang Kurang:
– Kendali noise kurang baik
– Kinerja autofokus agak lambat dan kurang akurat saat memotret objek dengan jarak dekat atau di kondisi temaram dengan mode manual dan pengaturan kecepatan rana kamera rendah

Back to top button