Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

100% Canggih Award: Inilah Smartphone Terbaik 2015



Perkembangan smartphone selalu menarik dan dinanti-nantikan. Sama seperti tahun sebelumnya, smartphone berbasis Android masih mendominasi pasar ponsel pintar di Indonesia. Dari puluhan smartphone yang mampir ke redaksi YANGCANGGIH.COM, kami memilih smartphone terbaik yang muncul di tahun 2015.

smartphone opener-1

1. Smartphone Terbaik di Bawah 1,5 Juta Rupiah: Lenovo A2010
lenovo a6010

Inilah ponsel 4G buatan dalam negeri dengan banderol harga paling terjangkau di kelasnya. Spesifikasinya memang cukup pas-pasan, dengan prosesor quad-core, RAM 1GB, dan memori internal 8GB. Namun dibenamkannya konektivitas 4G serta performa yang ternyata cukup lumayan menghantarkannya menjadi smartphone terbaik di kelas 1,5 juta rupiah ke bawah.

2. Smartphone Terbaik 1,5 – 3 Juta Rupiah: Lenovo A7000 Special Edition
lenovo a7000 special edition
Memadukan layar 5,5 inci yang lega dan performa yanga prima, Lenovo A7000 Special Edition (juga dikenal sebagai Lenovo K3 Note) mampu menarik perhatian kami saat mengulasnya. Walaupun persaingan dalam kategori ini termasuk berat, Lenovo A7000 Special Edition akhirnya kami nobatkan sebagai pemenang berkat keseimbangan antara harga dan fitur yang mengagumkan.


3. Smartphone Terbaik 3-5 Juta Rupiah: ASUS Zenfone 2

asus zenfone 2
Di saat ponsel Android masih terbatas dengan RAM 3GB, ASUS mengeluarkan Zenfone 2 yang mengusung RAM 4GB. Memadukan performa Intel Atom yang baik dan kapasitas RAM besar dan dipatok di kisaran harga yang relatif terjangkau, ASUS Zenfone 2 menjadi pilihan menarik bagi pengguna Android tanah air dan terbaik di kelasnya.

K413 728 yangcanggih

4. Smartphone Terbaik 5 – 8 Juta Rupiah: LG G4
LG G4
Ponsel andalan LG untuk tahun 2015 ini hadir mengusung desain mewah yang orisinil dan spesifikasi yang baik. Masih mempertahankan tombol di bagian belakang untuk merapikan sisi-sisinya, LG G4 hadir dengan penutup belakang yang bisa diganti dengan pilihan bahan plastik dan kulit asli. Mempertimbangkan kemampuannya, LG G4 sukses menjadi ponsel Android kelas atas dengan harga di bawah rata-rata.

5. Smartphone Terbaik di atas 8 juta rupiah dan Smartphone Bisnis Terbaik 2015: Samsung Galaxy Note 5
samsung galaxy note 5
Keunikan seri Galaxy Note dengan S-Pen yang intuitifnya tetap dipertahankan di Galaxy Note 5. Selain menyajikan desain yang lebih mewah, Samsung juga dengan berani menghilangkan baterai yang bisa diganti sendiri dan slot kartu memori. Walaupun menuai pro dan kontra, Galaxy Note 5 sukses hadir sebagai sebuah perangkat Android modern yang handal. Fungsionalitas S-Pen yang lebih canggih dan ketersediaan keyboard cover juga memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna bisnis.

6. Smartphone dengan Desain Terbaik 2015 dan Smartphone dengan Kamera Terbaik 2015: Samsung Galaxy S6 edge
samsung galaxy S6 EDGE+
Terobosan menarik dihadirkan Samsung dalam Galaxy S6 edge. Desain layar yang melengkung di dua sisinya memang menyegarkan dan membuatnya tampil premium. Tidak hanya cantik dari sisi fisik, kamera Samsung Galaxy S6 edge juga merupakan yang terbaik untuk kategori smartphone di tahun ini. Bagi yang penasaran melihat hasil fotonya, langsung sambangi Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

7. Smartphone Terbaik untuk Selfie 2015: Lenovo VIBE S1
lenovo vibe S1
Fenomena kamera depan berkualitas amat terasa di tahun 2015. Alih-alih membenamkan kamera resolusi tinggi di sisi depan, Lenovo mengambil langkah yang berbeda. VIBE S1 merupakan smartphone Android pertama yang dilengkapi dua kamera. Triknya, ada kamera 8 megapixel untuk mengambil foto dan kamera sekunder dua megapixel untuk mengukur kedalaman subyek foto. Tidak cukup di situ, Lenovo juga memberikan opsi untuk mengatur kedalaman sesudah foto diambil serta menyertakan fitur Cutout yang unik. Bagi yang penasaran dengan hasil foto selfie VIBE S1, silakan kunjungi Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

8. Smartphone Paling Inovatif 2015: Microsoft Lumia 950
lumia 950
Inovasi canggih smartphone dapat dilihat dari fitur baru yang belum pernah ada dan memiliki kegunaan nyata. Untuk tahun 2015, Microsoft Lumia 950 layak mendapat predikat sebagai smartphone paling inovatif berkat inovasi canggihnya yaitu Continuum. Fitur ini memungkinkan Lumia 950 untuk digunakan menjadi dua perangkat saat terhubung ke Display Dock. Jadi Anda tetap dapat menggunakan ponsel seperti biasa dan menampilkan file MS Office di layar yang terhubung ke Display Dock. Ini berarti jika akan melakukan presentasi PowerPoint, Anda hanya perlu membawa Lumia 950 dan Display Dock.


9. Smartphone Terbaik 2015: Apple iPhone 6s

iphone 6s
Di tengah serbuan ponsel Android yang kian gencar, Apple iPhone tetap menjadi pilihan penggemarnya. Versi terbarunya, iPhone 6s, memang memiliki desain yang amat mirip dengan pendahulunya. Namun ternyata ada cukup banyak peningkatan yang diusung di dalamnya seperti bahan aluminium dan lapisan kaca yang lebih kuat, prosesor A9 64-bit yang diklaim 70% lebih cepat dibanding A8, kamera 12 megapixel yang mampu menghasilkan foto panorama 63 megapixel, kamera depan 5 megapixel dengan Ture Tone Retina Flash, 3D Multi Touch, serta peningkatan kecepatan koneksi Wi-Fi dan LTE. Mempertimbangkan kecanggihannya tersebut, kami menobatkan Apple iPhone 6s sebagai smartphone terbaik untuk tahun 2015.

More Stories
DJI Matrice 300 RTK 1
DJI Matrice 300 RTK dan Kamera Zenmuse H20: Platform Drone Paling Canggih DJI untuk Segmen Komersial