Quantcast
Foto & VideoKamera DSLRKamera MirrorlessKamera sakuNews

100% Canggih Award: Inilah Kamera Digital Terbaik 2015

Memotret kini menjadi aktivitas yang sering dilakukan di mana pun. Walaupun hampir semua ponsel modern yang beredar dapat merekam foto, kamera digital tetap digemari dan dibutuhkan konsumen yang menginginkan hasil foto terbaik untuk menyimpan momen terbaik di hidup mereka.

kamera opener-1

1. Kamera Saku Terbaik 2015: Canon IXUS 275HS
canon ixus 275 HS
Seri IXUS dikenal karena desainnya yang ringkas dan elegan, termasuk IXUS 275HS. Mengandalkan lensa dengan zoom 12x dan sensor CMOS 20 megapixel, IXUS 275HS cukup handal untuk segala kebutuhan. Seperti kamera saku modern lainnya, terdapat fitur Wi-Fi terintegasi dan NFC yang memudahkan saat terhubung ke perangkat Android dan Connect Station.

2. Kamera Prosumer Terbaik 2015: Sony Cybershot RX100 MKIV
sony RX100 MK IV
Resep kamera berukuran ringkas dengan sensor berukuran besar kembali menjadi andalan Sony dengan RX100 IV. Mengandalkan lensa Zeiss Vario-Sonnar T* 24-70mm dengan bukaan besar dan O.I.S serta sensor 20 megapixel berukuran 1 inci, kamera prosumer ini mampu menghasilkan foto hebat di segala suasana. Fitur berguna lainnya meliputi filter ND, Wi-Fi, NFC, serta layar putar 3 inci memberikan keleluasaan saat memotret. Selain foto, Cybershot RX100 IV juga mampu merekam video 4K UHD. Dengan spesifikasi dan fiturnya, inilah kamera prosumer terbaik tahun 2015.

3. Kamera Superzoom Terbaik 2015: Sony Cybershot RX10 MKII
Untitled-1
Jangkauan lensa yang panjang pada kamera digital bukanlah hal yang unik, tapi kamera superzoom dengan bukaan lensa besar yang konstan masih jarang ditemukan. Sony Cybershot RX10 MKII tidak hanya memiliki lensa Carl Zeiss dengan bukaan f/2.8 yang besar, tapi juga telah dibekali sensor CMOS bertumpuk 1 inci yang memiliki performa low-light lebih baik. Fitur video yang canggih juga menjadi andalan, dengan adanya mode video super slow-motion 40x dan dukungan video 4K.

4. Kamera Mirrorless Pemula Terbaik 2015: Fujifilm X-A2
sony XA-2
Ukuran ringkas dan hasil foto yang berkualitas tinggi menjadikan Fujifilm X-A2 sebagai kamera mirrorless terbaik untuk pengguna pemula di tahun 2015. Selain itu terdapat kenop putar yang memudahkan pengaturan fungsi serta konektivitas Wi-Fi untuk terhubung ke perangkat Android dan iOS. Bagi yang suka selfie, layarnya juga dapat diputar hingga 180 derajat.

5. Kamera Mirrorless Kelas Menengah Terbaik 2015: Fujifilm X-T10
fujifilm XT10-1
Walaupun ukurannya lebih kecil dibandingkan X-T1, Fujfilm X-T10 tetap dilengkapi beberapa kenop putar yang memudahkan pengaturan berbagai fungsi fotografinya. Viewfinder elektroniknya juga patut diacungi jempol, dengan waktu jeda yang hanya sekitar 0,005 detik. Ini menjadikan gerakan subyek yang diintip terlihat halus dan mirip seperti viewfinder optik. Kemudahan penggunaan dan hasil foto yang amat baik menjadikannya layak meraih gelar kamera mirrorless terbaik di kelas menengah untuk tahun 2015.

6. Kamera Mirrorless Terbaik 2015: Sony Alpha A7R II
sony a7R II
Sony Alpha A7R II merupakan kamera mirrorless full-frame dengan resolusi terbesar saat ini. Mengandalkan sensor BSI CMOS Full-frame 42 megapixel, Sony A7R II amat handal saat memotret di kondisi minim cahaya dengan dukungan ISO hingga 102.400. Teknologi autofocus yang dimilikinya juga revolusioner dengan 399 titik fokus phase detection dan 25 titik fokus contrast detection. Kamera ini mampu merekam video 4K dengan fitur canggih seperti Picture Profile S-Log2 Gamma dan S-Gamut.

7. Kamera DSLR Pemula Terbaik 2015: Canon EOS 750D
canon EOS 750D
Bagi pengguna pemula yang masih belajar memotret, kamera DSLR merupakan salah satu investasi yang baik. Untuk tahun 2015, Canon EOS 750D menjadi pilihan terbaik. Sensor CMOS 24 megapixel, Hybrid CMOS AF III, dan prosesor DIGIC 6 menjadi andalan untuk menyajikan performa dan kualitas gambar terbaik di kelasnya.

8. Kamera DSLR Kelas Menengah Terbaik 2015: Nikon D7200
D7200-1
Fotografer yang sudah mulai mahir membutuhkan kamera yang lebih cepat dan memiliki kualitas foto amat baik. Nikon D7200 yang dibekali sensor CMOS 24 megapixel tanpa OPL ini juga memiliki kemampuan continuous shooting hingga 6 dengan total perekaman lebih dari 100 foto. Fitur canggih lainnya meliputi koneksi Wi-Fi dan NFC, dua slot kartu memori SD, serta sistem AF 51 titik yang baru.

9. Kamera DSLR Terbaik 2015 dan Kamera Full-Frame Terbaik 2015: Canon EOS 5DS R
canon EOS 5DS R
Mengusung sensor full-frame dengan resolusi terbesar saat ini, Canon EOS 5DS R ditujukan bagi fotografer profesional. Bodi yang tangguh dari bahan magnesium alloy dan dukungan dua prosesor DIGIC 6 yang cepat amat berguna bagi fotografer yang sering bekerja di kondisi lapangan. Sistem autofocus juga telah disempurnakan dengan adanya sistem fokus 61 titik dan EOS iTR AF serta EOS Scene Detection System. Dengan segala kecanggihannya, inilah kamera dengan sensor full-frame terbaik untuk tahun 2015.

10. Kamera Paling Inovatif 2015: DJI Osmo
DJI OSMO
Menyetabilkan kamera saat merekam video atau memotret biasanya membutuhkan alat bantu seperti tripod. DJI Osmo melenyapkan kebutuhan itu dengan memadukan kamera video 4K dan gimbal 3 sumbu yang mampu menghasilkan video dengan gerakan mulus. Selain itu, Osmo juga mampu menghasilkan foto panorama dengan sambungan yang halus secara otomatis. Bahkan Anda dapat mengganti kamera dalam paketnya menjadi Zenmuse X5 yang mendukung lensa MFT.

Back to top button