Review Pendulumic Stance S1+

Headphone dengan teknologi Bluetooth akan lebih praktis karena Anda bisa menikmati musik tanpa harus direpotkan dengan masalah kabel yang kusut. Tapi, di pasaran saat ini headphone Bluetooth dengan kualitas audio yang prima banderol harganya kebanyakan masih relatif tinggi. Di tengah demam audio resolusi tinggi di Indonesia yang kini mulai banyak diminati konsumen, hadir sebuah headphone bernama Pendulumic Stance S1+

pendulumic s1-6

Mengusung model over-ear, Headphone ini cukup membuat saya kagum dengan kualitas rancangan bodinya yang kokoh dengan kelir bodi yang didominasi warna cokelat. Patut diakui tampilannya ini terlihat premium. Apalagi, bagian earpadnya yang berlapis kulit asli juga sangat tebal dan terasa empuk.

pendulumic stance s1-1

Tidak seperti headphone Bluetooth kebanyakan, di bagian earpadnya bisa ditemukan slot baterai AAA. Tambahan slot baterai ini bukan untuk mendukung fitur penangkal bising aktif karena memang Pendulumic Stance S1+ belum dilengkapi fitur tersebut. Slot baterai ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti baterai yang tertanam didalamnya saat dayanya habis. Dengan tambahan baterai AAA headphone ini diklaim bisa digunakan selama kurang lebih 30 jam. Selain itu, dapat juga ditemukan tombol pemilihan mode penggunaan dan tombol putar yang bisa digunakan untuk mengatur volume suara yang terbukti amat membantu untuk mengatur suara saat Anda tidak berada di dekat smartphone atau tablet.

Ekstra Nyaman
Saat terpasang di kepala, ukuran earpadnya yang berdiameter 70mm bisa menutup telinga dengan sempurna. Di balik earpadnya ini dapat ditemukan driver yang berukuran 40mm. Bantalan busa earpadnya juga sangat nyaman saat digunakan dan mampu mengisolasi suara dari lingkungan sekitar dengan cukup baik. Untuk sebuah headphone Bluetooth, dengan baterai yang tertanam di dalamnya bobot headphone ini masih tergolong ringan. Namun, lain ceritanya saat terpasang baterai AAA. Bobotnya langsung terasa agak berat namun untunglah tetap masih nyaman digunakan.

Fleksibel dengan 3 mode Penggunaan
pendulumic s1-7

Stance S1+ menawarkan 3 mode penggunaan. Diantaranya Wireless untuk mendegarkan musik tanpa kabel, Amplified Wireless yang bisa mendongkrak performa suara saat mendengarkan musik tanpa kabel, dan Passive Wired untuk mendengarkan musik dengan kabel. Semuanya bisa dipilih sesuai dengan selera Anda.

svg%3E

Satu nilai tambah, headphone ini juga telah dilengkapi dengan mic terintegrasi yang memungkinkan pengguna untuk langsung menjawab telepon saat ada panggilan masuk atau bisa juga lewat kabelnya yang sudah dilengkapi dengan mic. Selain itu headphone ini juga telah mendukung koneksi Bluetooth 4.0 dengan dukungan fitur AptX yang mendukung streaming musik dengan kualitas yang lebih baik.

Kualitas Suara Prima
Seperti yang sudah diinfokan sebelumnya, headphone ini memiliki cukup banyak tombol. Sangat disarankan untuk membaca buku panduan penggunaan sebelum memulai menggunakannya. Saat mencoba menghubungkannya ke smartphone Samsung Galaxy S6 yang saya gunakan, Pendulumic S1+ bisa terhubung dengan tanpa masalah. Saat koneksi terputus pun untuk terhubung kembali juga sangat cepat.

Untuk pengujian kali ini sebagai pembuka saya memutar lagu I Just Wanna Be With dari Dr and The Professor. Alunan suara piano yang diiringi dengan suara drum dan bass dapat tersaji cukup sempurna sepanjang pembuka lagu ini dengan soundstage yang terasa cukup luas. Dengan karakter suara yang sedikit bright, di sepanjang lagu separasi suara vokal Tompi di nada-nada tinggi masih terndegar nyaman ditelinga dan semua alat musik pengiringnya juga bisa tersaji detil dengan separasi yang sangat baik.

Masuk ke lagu lain yang dengan genre yang lebih enerjik seperti Want to Want Me dari Jason Derulo, headphone ini juga masih bisa menghadirkan suara yang tetap prima. Hanya saja, porsi gebukan bassnya memang terasa agak kurang bertenaga dan tergolong standar. Di skenario berbeda, pengujian dilanjutkan dengan menggunakan kabel. Saat menggunakan kabel kualitas suaranya agak sedikit berbeda. Terutama di sektor mid dan treble yang lebih baik, secara keseluruhan performa suaranya dengan kabel terdengar lebih jernih.

Kesimpulan
Sangat nyaman digunakan, daya tahan baterai yang amat baik dan kualitas suara yang prima menjadikan headphone ini dijamin akan mampu memanjakan telinga. Apalagi banderol harganya masih relatif lebih terjangkau dibandingkan headphone Bluetooth premium dari brand lain. Meski performa bassnya kurang bertenaga, secara keseluruhan headphone ini sangat bisa diandalkan untuk beragam genre musik dan cocok untuk para penikmat musik audiophile yang dananya terbatas.

Yang Canggih
+ Suara Oke
+ Nyaman digunakan
+ Baterai tahan lama
+ Isolasi suara cukup baik
+ Ada tombol volume analog

Yang Kurang
– Belum dilengkapi fitur penangkal bising aktif
– Agak berat saat terpasang baterai AAA

Verified by MonsterInsights