10 Game Android Gratis Terbaik November 2015

Seperti biasanya, kami ingin membantu Anda untuk memilihkan game-game yang layak dimainkan setiap bulannya sehingga Anda tak perlu lagi membuang waktu ataupun kuota Internet. Jadi, tanpa banyak basa-basi lagi, inilah 10 Game Android Gratis Terbaik di bulan November 2015.

1. Blade Waltz

1-Blade-Waltz

Dari begitu banyaknya game Free to Play yang ada di Android, mungkin hanya game inilah yang membuat kami benar-benar terkesima. Pasalnya, game ini memang begitu memikat dari banyak aspek. Grafis yang ditawarkan sangat memanjakan mata dan mungkin bahkan bisa disejajarkan dengan konsol generasi lalu. Ditambah lagi, animasinya juga benar-benar fantastis namun juga terlihat begitu luwes. Gameplay? Gameplay-nya pun nyaris sempurna karena Anda bisa mengeluarkan combo-combo berbeda, selain skill, yang jarang sekali kami temukan di game-game gratis Android lainnya. Jika game ini tidak memiliki sistem Stamina yang membatasi Anda bermain, dari sisi game-nya, mungkin game inilah game Android gratis yang paling solid di segala lini yang pernah kami temukan.

Sayangnya, hal-hal teknis di game ini yang membuatnya terasa begitu menyebalkan. Para geek atau tukang oprek mungkin tidak bisa memainkan game ini karena Netmarble memblok akses jika terdapat beberapa aplikasi yang digunakan untuk mengubah sistem Android, seperti Xposed Modules (padahal semua Android geek pasti menggunakan ini). Anda juga tidak bisa memainkan game ini di emulator di PC macam BlueStacks, Nox, Droid4X dan kawan-kawannya. Ditambah lagi, jika Anda rela mengkompromikan semuanya itu, game ini masih sering crash dan membuat Anda membuang waktu.

Yup, game ini memang menyebalkan dari segi teknis, namun hal tersebut tidak menghalangi kami menaruhnya di peringkat pertama bulan ini karena memang dari aspek internalnya sendiri, Blade Waltz memang nyaris sempurna. Paling tidak, kami rela bersabar menunggu sampai Netmarble benar-benar menyelesaikan berbagai permasalahan teknis yang mengganggu.

2. Trivial Pursuit & Friends

2-Trivial-Pursuits

Kami tahu memang banyak sekali game-game Trivia alias Kuis / Tebak-tebakan / atau istilah apapun Anda ingin menyebutnya. Namun, Trivial Pursuit & Friends ini berbeda dari game-game sejenisnya.

Pertama, game besutan Gameloft ini memiliki UI dan grafis yang terlihat rapih dan nyaman dilihat, Kedua, Anda bisa mengadu wawasan umum dengan teman-teman, bahkan sampai dengan 4 pemain bermain di saat bersamaan. Ketiga, ada begitu banyak pertanyaan dan topik yang disediakan, mulai dari sejarah, olahraga, hiburan, dan yang lain-lainnya. Ada juga berbagai mode yang bisa Anda mainkan jika butuh variasi.

Kekurangannya? Mengingat ini game gratisan, ada cukup banyak batasan yang dibuat untuk menggoda Anda melakukan pembelian dalam game (IAP) jika ingin terus bermain..

3. Dungeon Legends

3-Dungeon-Legends

Pernah bermain seri Diablo atau Torchlight di PC sebelumnya? Game ini memiliki konsep yang mirip dengan kedua seri game PC fenomenal tadi. Pasalnya, game ini memiliki kontrol yang berbeda dengan kebanyakan RPG Hack and Slash di Android. Jika kebanyakan game di Android menggunakan virtual pad, Dungeon Legends justru mengadopsi gaya pengendalian ala PC yaitu dengan point-and-click. Mekanisme ini ternyata tetap nyaman di layar sentuh.

Sayangnya, memang game ini masih sangat prematur dalam hal konten jika dibandingkan dengan dua game PC yang kami sebutkan pertama tadi. Bahkan dibanding dengan game RPG Android gratisan lainnya, konten yang dimilikinya tergolong minim. Namun di sisi lain, kami juga menghargai developer yang memberikan konten sedikit demi sedikit namun semuanya disajikan dengan matang (bukan setengah jadi, seperti kebanyakan RPG Android gratisan lainnya).

4. Top Eleven: Be a Soccer Manager

4-Top-Eleven

Kami masih ingat ketika demam Championship Manager, kami bisa menghabiskan waktu 20 jam non-stop di depan monitor. Game ini memang tidak bisa disandingkan dengan game legendaris tadi (sebelum namanya berubah jadi Football Manager) namun dari semua game manager bola yang ada di Android yang pernah kami coba, inilah yang paling lengkap dan adiktif.

Satu hal yang mengingatkan kami dengan nostalgia jaman Championship Manager 2000 adalah visualisasi pertandingannya yang menunjukkan bulatan-bulatan berwarna sebagai pemain dan kami jujur saja lebih menyukai hal ini ketimbang visualisasi dengan model 3D karena hal tersebut berarti baterai yang lebih boros.

Sayangnya, ya ini memang bukan Championship Manager atau Football Manager versi PC jadi cukup banyak batasan konten dan penyederhanaan di dalamnya.

5. Fantasy War Tactics

5-Fantasy-War-Tactics

svg%3E

Game taktik semacam ini meroket popularitasnya sejak Final Fantasy Tactics dirilis di PSX (PlayStation 1) tahun 1997. Sayangnya, game seperti ini tidak banyak ditemukan di platform Android. Salah satu penyebabnya karena UI kompleks yang terasa memenuhi layar ponsel.

Namun, Nexon berhasil mengadopsi genre yang berawal dari konsol ini dengan cukup baik dan solid. Grafis penuh warna dengan gaya anime imut ini dibarengi UI yang terlihat rapih. Bahkan jika cukup sabar, game ini dapat dimainkan dengan nikmat tanpa membeli apa pun.

6. Score! Hero

6-Score-Hero

Jujur saja, kami tidak terlalu menyukai game bola di Android. Penyebabnya, kendali yang menggunakan virtual pad biasanya membuat jari kita akan menutupi sekitar 1/4 layar. Belum lagi ada permasalahan ghosting serta absennya feedback yang biasa dirasakan saat bermain dengan gamepad konsol. Pro Evolution Soccer (atau yang dulu diberi nama Winning Eleven) tidak akan pernah sama rasanya jika dimainkan tanpa gamepad.

Untungnya, First Touch tidak berusaha mengikuti jejak developer game bola Android lainnya dan justru mengenalkan gaya kontrol baru untuk game bola yang satu ini. Score! Hero benar-benar ideal untuk layar sentuh karena ia menggunakan swipe dan gesture sebagai kendali permainan. Minusnya, jika layar sentuh ponsel yang digunakan kurang responsif, Anda mungkin akan sedikit kesulitan memainkannya.

7. Mini Motor WRT

7-MMR-WRT

Grafis Mini Motor WRT mungkin memang sedikit unyu-unyu karena mobil-mobil di sini digambarkan dalam bentuk mini atau imut. Namun, kami cukup yakin tantangan yang ada di sini tidak bisa disepelekan oleh orang dewasa sekalipun. Torsi dan kendali mobil yang ada di sini juga cukup terasa riil dan sollid.

Selain menyajikan mobil-mobil brand ternama seperti Nissan, KIA, dan kawan-kawannya, kelebihan game ini adalah Anda bisa memainkannya secara Local Multiplayer dengan menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi. Sayangnya, ketika berada di lokasi yang susah sinyal 3G, Anda mungkin harus menunda bermain sampai berada di lokasi dengan koneksi Internet lebih stabil.

8. Heroes Curse

8-Heroes-Curse

Satu lagi RPG yang masuk ke daftar kami kali ini. Heroes Curse menawarkan konten yang cukup besar, grafis yang baik, dan gameplay yang solid. Kami cukup menyukai fitur di mana tampilan karakter Anda akan berubah sesuai dengan equipment yang Anda gunakan karena hal tersebut akan membuat tampilan karakter Anda selalu baru dan berbeda.

Oh iya, satu hal yang membuatnya cukup istimewa adalah game ini bisa dimainkan secara offline. Jika Anda merupakan salah satu pemerhati game Android, semakin ke sini, semakin sedikit game-game Android berkualitas yang bisa dimainkan secara offline karena kebanyakan monetisasinya yang berasal dari In-App Purchase. Namun Heroes Curse adalah satu dari secuil game kompleks di Android yang bisa Anda nikmati tanpa harus pusing dengan sinyal 3G ataupun paket data.

9. The Walking Dead: No Mans Land

9-Walking-Dead

Siapa yang sekarang belum pernah mendengar nama Walking Dead? Serial TV bertema zombie ini memang menjadi salah satu serial TV terlaris 5 tahun terakhir. Kali ini, Anda juga bisa menikmati petualangan mereka di game Android.

Untungnya, game ini tidak dibuat dalam bentuk FPS, melainkan dibuat menjadi sebuah game Turn-Based Tactics (sedikit mirip dengan Fantasy War Tactics).

10. Dead Effect 2

10-Dead-Effect

Walaupun game FPS tidak terlalu ideal dimainkan di perangkat dengan layar sentuh, tapi game yang satu ini menawarkan lebih dari sekedar tembak menembak. Gameplay yang ditawarkan sebenarnya tidak terlalu istimewa jika dibandingka FPS lainnya. Kontrolnya juga standar: pad sebelah kiri untuk aiming, pad sebelah kanan untuk bergerak.

Namun, satu hal yang cukup istimewa dari game ini adalah aspek ceritanya. Biasanya, cerita yang ada di game-game Android gratisan dibuat ala kadarnya. Namun Dead Effect 2 memperhatikan aspek penceritaan dengan baik. Game ini merupakan game survival-horror dengan setting luar angkasa, semacam seri Dead Space di PC dan konsol. Voice acting dan script-writing-nya cukup membuat kami penasaran dibuatnya.