[Update] YouTube Kini Mendukung Konten Virtual Reality (VR)

Setelah mengeluarkan dukungan terhadap konten 360 derajat, YouTube kini mendukung jenis konten yang diperkirakan akan menjadi tren baru yaitu konten VR (Virtual Reality).

youtube vr

Terjangkau untuk semua
Jika dulu video VR hanya dapat dinikmati dengan perangkat khusus, kini Anda tinggal menambahkan aksesori kacamata karton (Google Cardboard) pada smartphone Android untuk menikmati konten VR. Harga kacamata karton ini juga amat terjangkau, hanya sekitar 100 ribu rupiah.

Nantinya, kreator video YouTube akan dapat mengunggah konten video VR ke kanalnya. Kemudian video tersebut dapat dinikmati melalui aplikasi YouTube di smartphone, dengan bantuan Google Cardboard viewer.

ASUS vivobook s14 flip 728

Konten 2D bisa menjadi VR
Menariknya, semua video di YouTube akan dapat ditonton seperti video VR. Jadi tidak hanya konten hasil rekaman teknologi video baru seperti Google Jump atau kamera dengan lensa membulat.

youtube vr option

Untuk menonton video dalam modus Cardboard, Anda membutuhkan aplikasi YouTube Android versi terbaru dari Google Play. Nantinya Anda tinggal memilih opsi Cardboard viewer di menunya. Konten yang dirancang untuk ditonton dalam modus VR akan memiliki ikon Cardboard di layar.

Bagi yang sudah memiliki Google Cardboard, dapat mencoba menonton The Hunger Games Experience dan TOMS Shoes Giving Trip.