Review Acer Liquid Z320

Memiliki smartphone canggih dan keren tidak selalu membutuhkan dana yang banyak. Kini, dengan dana sekitar 1 jutaan rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan smartphone yang berkualitas. Itulah konsep yang ingin ditawarkan Acer dengan Liquid Z320. Ponsel Android di kelas harga 1 jutaan rupiah ini menawarkan desain gaya dengan performa oke.

Desain gaya untuk kelasnya
Menilik desainnya, Z320 memiliki tampilan yang cukup bergaya untuk kelasnya. Bagian tutup baterainya menggunakan tekstur abu-abu gradasi yang kesat. Pilihan finishing ini membuatnya berbeda dengan ponsel di kelasnya yang rata-rata menggunakan tutup baterai polos yang cukup licin di tangan. Satu elemen unik di bagian belakang adalah adanya speaker bulat di bagian bawah, menemani lensa bulat di bagian atas.

Mencermati fisiknya, dimensi bodi Z320 yang mencapai 9,6mm memang bukan yang paling tipis. Namun setidaknya ponsel mudah diraih saat ditaruh dari meja.

acer liquid z320 samping

Tidak ada tombol fisik di depan, sebagai gantinya tersedia tombol virtual untuk menu, beralih aplikasi, dan back. Secara keseluruhan, Liquid Z320 termasuk nyaman di genggaman dan saku. Walaupun cukup minimalis, desain Z320 juga termasuk gaya untuk kelas harganya.

Performa keseluruhan baik
Acer membekali Z320 dengan layar IPS 4,5 inci FWVGA beresolusi 480 x 854 pixel. Dari pemakaian, kualitas layarnya termasuk baik, mulai dari ketajaman dan reproduksi warna. Hanya saja, layarnya masih belum dapat digunakan di bawah pancaran sinar matahari kuat. Jika dilihat dari samping, kualitas tampilannya juga masih terjaga.

acer z320 benchmarkUntuk performa menjalankan aplikasi, ponsel yang telah dilengkapi OS Android versi 5.1.1 ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 210 dengan prosesor quad-core Cortex A7 1,1GHz dan GPU Adreno 304. Pengujian dengan Antutu Benchmark menunjukkan skor 17 ribuan, termasuk cukup baik untuk ponsel di kelas harganya.

Saat diuji menjalankan game seperti Puzzle Pets dan NBA GM 2016, Z320 mampu melakukannya dengan lancar. Memutar video HD juga dapat dilakukan dengan baik. Namun sayangnya kapasitas memori internal 8GB miliknya hanya menyisakan ruang sekitar 3GB sehingga membatasi aplikasi yang dapat dipasang di ponsel ini. Tentunya untuk file multimedia seperti musik dan video dapat disimpan di microSD yang telah disediakan dan mendukung kapasitas maksimal hingga 32GB.

acer liquid z320 battery

Berdasarkan performanya, Acer Liquid Z320 terbukti cukup handal saat menjalankan berbagai aplikasi populer yang tidak menuntut spesifikasi terbaik. Untuk daya tahan baterai, pengujian awal menunjukkan baterai 2000mAh milik Z320 cukup awet. Saat digunakan memotret cukup sering dan memasang aplikasi via Wi-Fi, baterainya hanya turun 20% selama 2,5 jam. Jadi diperkirakan baterainya akan mampu bertahan hingga 12 jam untuk pemakaian normal.

Fitur keamanan untuk anak
Ada beberapa fitur menarik yang ditanamkan Acer di Liquid Z320. Yang pertama adalah Kids Center. Fitur ini merupakan aplikasi khusus bagi anak yang ingin menggunakan ponsel ini.

Selain menyaring situs dan aplikasi yang berpotensi mengundang bahaya bagi si kecil, Kids Center juga dilengkapi aktivitas menarik seperti mewarnai dan game pilihan yang aman. Bahkan galeri foto di Kids Center juga dipisahkan dari galeri foto utama sehingga Anda bisa membiarkan si kecil berkreasi dengan kamera Z320.

svg%3E

float appsAda juga fitur Bluelight Shield yang ditujukan untuk mengurangi kelelahan pada mata saat menggunakan ponsel. Fitur ini akan mengurangi kadar cahaya biru yang digunakan sehingga mata tidak cepat lelah.

Hasil foto baik di kondisi cahaya ideal
Acer memosisikan Liquid Z320 untuk pengguna yang ingin mencicipi asyiknya jejaring sosial. Untuk itu, ponsel ini telah dibekali kamera utama 5 megapixel dengan autofocus dan flash LED.

acer z320 camera

Antarmuka saat memotret termasuk bersih dan mudah dimengerti, dengan ikon yang besar dan jelas. Sedangkan hasil fotonya cukup baik di kondisi cahaya yang ideal. Walaupun ada beberapa kasus white balance yang kurang akurat dan hasil foto agak kabur, namun kamera Z320 tergolong bagus untuk kelas harganya. Ada sedikit lag saat menekan tombol jepret dan foto direkam, tapi masih wajar dan tidak terlalu mengganggu proses memotret.

Untuk pemotretan di kondisi cahaya temaram, hasil fotonya mengalami penurunan detail dan warna, dibarengi noise yang cukup mengganggu. Untuk hasil lebih baik, Anda dapat menggunakan flash LED agar hasil fotonya lebih terang.

Berikut hasil foto Acer Liquid Z320 tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto selengkapnya, bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
Ponsel di kelas harga 1 jutaan rupiah kini tidak bisa dianggap remeh. Dengan Liquid Z320, Acer membuktikan bahwa pengguna pemula tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan smartphone Android yang baik. Terlepas dari keterbatasan kapasitas memori internal dan kualitas foto di kondisi temaram, ponsel ini cukup handal untuk keperluan media sosial dan multimedia. Bagi pengguna yang gemar bermain game kasual, akan terpenuhi oleh Z320.

Ditambah desainnya yang tidak terkesan murahan, Acer Liquid Z320 dapat menjadi pilihan pengguna pemula yang membutuhkan smartphone keren dengan performa oke dan harga terjangkau.

Acer Liquid Z320 sudah dapat dipesan di Lazada Indonesia mulai tanggal 2 hingga 8 November 2015. Bagi yang berminat, langsung klik tautan di bawah ini.

Yang Canggih:
+ Desain tutup belakang elegan
+ Performa cukup gegas
+ Kualitas layar baik
+ Audio lantang dan jernih
+ Kualitas foto di kondisi ideal baik
+ Kids Center menarik untuk anak

Yang Kurang:
– Memori internal terbatas
– Hasil foto di kondisi temaram kurang baik

Verified by MonsterInsights