12 Game Star Wars Terbaik untuk PC, Konsol, Android, iOS

Sejak beberapa dekade silam, Star Wars berhasil menarik ratusan juta penggemar setia hingga beberapa generasi. Dan kini demam Star Wars kembali marak setelah Disney merilis trailer baru untuk Star Wars: The Force Awakens yang akan diputar tanggal 18 Desember 2015.

Jika Anda sudah tidak sabar menikmati aksi Jedi vs Sith, mungkin game-game Star Wars ini dapat memuaskan hasrat Anda beraksi dengan lightsaber, pistol laser, dan, tentunya, The Force. Berikut 12 game Star Wars terbaik untuk berbagai platform, mulai dari PC, konsol, Android, hingga iOS.

 

1. Star Wars: Knights of the Old Republic (2003)

Android, Xbox, Microsoft Windows, iOS, Mac OS

Knights_Of_The_Old_Republic_

Tidak ada game Star Wars yang lebih kompleks dari game yang satu ini. Mahakarya dari Bioware ini merupakan game yang harus dimainkan bagi para fans fanatik Star Wars.

RPG ini nyaris sempurna di semua aspek. Dari segi cerita, Anda dapat memilih menjadi Jedi ataupun Sith. Bukan Bioware pula namanya jika mereka tidak menawarkan plot cerita yang memikat dan mengikat rasa ingin tahu Anda. Untuk urusan gameplay, bagi yang pernah bermain seri Neverwinter Nights ataupun Dragon Age, mungkin tidak akan asing dengan gameplay adiktif yang ditawarkan.

Satu-satunya yang mungkin bisa dibilang kurang adalah aspek grafisnya, karena memang game ini dirilis di tahun 2003. Karena itu, jumlah polygon-nya tidak semasif game-game modern sehingga grafisnya memang tidak semulus game-game terbaru. Meski begitu, game legendaris ini tetap saja fenomenal dan begitu adiktif dari segi plot cerita dan juga gameplay dengan konten masif.

Oh ya, game ini memang tersedia di platform Android dan iOS, namun kami tidak menyarankan Anda untuk bermain di ponsel Anda karena ukuran layarnya terlalu kecil untuk UI-nya yang kompleks. Namun Anda bisa memainkannya di tablet Android ataupun iPad Anda dengan cukup nyaman.

 

2. Star Wars Battlefront (2015)

PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows

starwars-battlefront

Game FPS (First Person Shooter) ini merupakan reinkarnasi dari game klasik yang dirilis pertama kali di tahun 2004. Battlefront ibarat hasil kawin silang antara Battlefield dengan Star Wars. Jadi, di sini, Anda bisa merasakan rusuhnya peperangan masif ala Battlefield namun dengan setting dan persenjataan Star Wars seperti lightsaber, pistol laser dan The Force.

Seperti Battlefield, DICE jugalah yang menjadi developer Star Wars Battlefront. Karena itu, Anda akan mendapatkan rasa mantab yang sama ketika menembakkan senjata. Oh iya, seperti Battlefield, Anda di sini juga tidak hanya bisa menggunakan senjata yang ada di tangan namun juga dapat menggunakan berbagai peralatan ataupun kendaraan seperti mounted laser machine gun ataupun mengendalikan AT-AT untuk membombardir lawan. Anda juga bisa bermain sebagai Luke Skywalker ataupun Darth Vader dan gameplay-nya pun berubah jadi Melee-based Close Quarter Combat.

Star Wars Battlefront ini baru akan resmi dirilis tanggal 17 November 2015 namun sekarang ini Anda sudah bisa memainkan versi Beta-nya.

 

3. Star Wars: Knights of the Old Republic II: The Sith Lords (2004)

Microsoft Windows, Xbox, Mac OS, Linux

kotor2

KotOR II ini mungkin memang sekilas terlihat seperti lanjutan dari KotOR pertama yang kami taruh di urutan pertama. Namun KotOR II tidak dibuat lagi oleh Bioware, melainkan Obsidian. Anda bisa mencari sendiri tentang hubungan ‘bromance’ antara Bioware dengan Obsidian di belantara Internet sana karena terlalu panjang untuk dijelaskan di sini.

Antara KotOR 1 dan 2 memang sebenarnya sangat mirip dari banyak segi. Namun banyak orang, termasuk kami, merasa KotOR 1 memang lebih kompleks dan asik untuk dimainkan. Pasalnya, KotOR pertama mengijinkan Anda untuk memilih ingin menjadi Sith ataupun Jedi. Sedangkan KotOR 2 tidak mmeberikan opsi tersebut, meski memang tetap mengikuti pakem multi-plot layaknya game-game besutan Bioware dan Obsidian.

Ending dari KotOR juga terasa kurang tuntas, tidak seperti pendahulunya. Meski demikian, KotOR 2 masih tergolong game yang baik. Jadi walaupun ada begitu banyak game Star Wars lain yang pernah dirilis, kami tidak bimbang menaruh game ini di urutan ketiga. Hanya saja, ketika ada dua game dengan judul yang sama namun berbeda serinya, kita akan cenderung untuk membandingkan keduanya. Sayangnya, KotOR pertama memang nyaris sempurna sehingga game seasik KotOR 2 pun harus mengakui kekurangannya.

 

4. Star Wars: Uprising (2015)

Android, iOS

starwarsuprisinglaserdodge

Sebenarnya kami sedikit ragu memutuskan mana yang lebih baik antara Star Wars: Uprising ini dengan The Old Republic yang ada di urutan nomor 5. Namun demikian, kami akhirnya memutuskan Uprising berada di posisi yang lebih tinggi hanya karena trend saat ini — yang mungkin akan berubah nanti — yang memang menunjukkan platform mobile sedang melesat kencang.

Namun demikian, Uprising memang benar-benar istimewa, apalagi jika dibandingkan dengan game-game di platform Android dan iOS. Game ini memang hanya bisa dibandingkan dengan game PC sekaliber Star Wars: The Old Republic di bawah.

Pertama, Uprising merupakan game Free to Play yang tentunya memiliki sistem In-App Purchase. Namun berbeda dengan game-game Free to Play Android dan iOS lainnya, ia benar-benar tidak mengemis ataupun memaksa Anda mengeluarkan dana. Jika Anda banyak bermain game-game Android dan iOS keluaran tahun 2015, Anda pasti tahu bahwa sebagian besar game tersebut menggunakan sistem Stamina, Energi, Heart, atau apapun namanya, yang membatasi Anda bermain setiap harinya (dengan harapan Anda mau membayar untuk bisa bermain lebih lama). Namun Uprising tidak memiliki sistem tersebut sehingga Anda bebas bermain kapanpun dan berapa lamapun Anda ingin bermain (paling tidak, hal tersebut yang kami temukan saat kami memainkannya dan semoga tidak akan berubah kedepannya.)

Kedua, Uprising merupakan RPG yang cukup kompleks dalam hal gameplay. Tidak banyak game mobile yang mengijinkan Anda mengganti-ganti skill, kebanyakan yang bisa Anda lakukan hanyalah meng-upgrade-nya. Namun Uprising mengijinkan hal tersebut. Selain itu, tentu saja masih banyak lagi yang ditawarkan Uprising yang benar-benar istimewa yang tidak mampu diberikan oleh game-game di platform mobile. Anda bisa mencobanya sendiri, dan, kami yakin, Anda akan segera sadar bahwa game ini memang superior di kelas mobile.

 

5. Star Wars: The Old Republic (2011)

Microsoft Windows

starwars-tor

Star Wars: TOR merupakan game MMO pertama dari Bioware. Namun, The Old Republic mampu menawarkan keistimewaan tersendiri yang tidak mampu diberikan oleh game-game MMO lainnya. Apalagi, TOR berubah jadi Free-to-Play dari sistem langganan berbayarnya di awal masa rilisnya.

Meski memang, ada begitu banyak keterbatasan yang harus Anda relakan jika ingin bermain tanpa bayar di sini. Mungkin dalam aspek monetisasi inilah yang membuat kami lebih salut dengan Uprising ketimbang TOR. Namun, Free-to-Play berarti Anda bisa mencobanya kapanpun dan Anda bisa menentukan mengenai pengeluaran Anda nantinya. Jika Anda suka, Anda bisa berlangganan, jika tidak, Anda tidak kehilangan sepeserpun.

Layaknya game Bioware, TOR juga begitu detil dalam hal storytelling — aspek inilah yang memang membuat Bioware begitu istimewa dibanding game developer lain — yang biasanya tidak diperhatikan atau malah diacuhkan sepenuhnya di game-game MMO. TOR menyuguhkan voice acting, multi-plot, dan alur cerita yang begitu asik untuk dinikmati.

Dari sisi gameplay, well, TOR memang tidak terlalu istimewa di sini namun tetap saja kami harus mengacungi jempol di aspek ini. Formula quest MMO mainstream seperti bunuh monster sejumlah tertentu, kumpulkan bahan, dan yang lain-lainnya akan banyak Anda temui di sini. Namun, tetap saja, game ini tetap dapat membuat kami ketagihan bermain selama berbulan-bulan.

 

6. Star Wars: The Force Unleashed (2008)

svg%3E

PlayStation 2, PlayStation 3, Wii, Xbox 360, iOS, mobile phone, N-Gage, Nintendo DS, PlayStation Portable, Microsoft Windows, Mac OS X

starwars-theforceunleashed

Star Wars: TFU memang bukan game Star Wars pertama berupa Action Beat ‘Em-Up. Masih ada beberapa game Star Wars dengan gameplay yang serupa yang lebih klasik dan legendaris seperti seri Star Wars: Jedi Knight yang lebih digemari oleh para gamer oldies. Bagi Anda yang memang penggemar fanatik Star Wars, Anda wajib memainkan kedua seri game Star Wars Action ini: The Force Unleashed (1&2) dan Jedi Knight (1&2). Pasalnya kedua seri ini mengungkapkan cerita-cerita penghubung antara episode satu dengan yang lainnya yang tidak diangkat di filmnya. Karena itu, Anda, yang memang ingin mengikuti cerita lengkap semesta Star Wars, harus memainkannya.

Untuk The Force Unleashed sendiri, kami memilihnya karena grafisnya sudah cukup modern, tidak seperti Jedi Knight, dan juga ceritanya sangat menarik. Anda akan bermain sebagai Starkiller, murid Darth Vader dengan setting waktu di antara Episode III dan Episode IV. Feel pertarungannya terasa mantap dan solid, meski memang akan terasa sedikit membosankan setelah berulang-ulang-ulang-ulang kali dilakukan… Tingkat kesulitannya pun tidak terlalu tinggi sehingga mungkin akan kurang ‘greget’ bagi Anda yang suka tantangan.

Meski dengan sekian banyak kekurangannya, game ini tetap saja sangat berkesan dan memuaskan angan kami melempar-lempar para Stromtrooper.

7. Star Wars: Commander (2014)

Android, iOS

starwars-commander

Sebenarnya bukan Commander saja game Star Wars bergenre RTS (Real-Time Strategy). Ada dua game RTS Star Wars klasik yang bisa Anda coba: Star Wars Empire at War (2006) dan Star Wars Galactic Battle Ground Saga (2001). Sayangnya, kedua game tersebut memang sudah terlalu tua sehingga ada beberapa faktor yang membuat kami memilih versi mobile ini.

Pertama, Galactic Battle Ground terlalu tua untuk memiliki mode multiplayer sedangkan Empire at War tadinya memiliki network multiplayer namun sekarang sudah dinonaktifkan. Kedua, Commander terbilang kompleks untuk ukuran game mobile. Mungkin, pengandaian ini sedikit terlalu jauh, namun jika Anda bisa membayangkan Clash of Clans rasa Star Wars, Anda mungkin bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang Star Wars: Commander.

 

8. Star Wars Rebels: (Recon) Missions (2015)

Android, iOS

Star-Wars-Rebels-Recon

Satu lagi game Star Wars mobile yang masuk list kami, Star Wars Rebels: (Recon) Missions (versi Android tidak ada kata ‘Recon’ di judulnya). Game Side-Scrolling Platformer Shooter yang satu ini mencuri perhatian kami saat pertama kali kami melihat screenshotnya.

Grafisnya sangat mulus untuk kelas mobile dan pergerakannya pun luwes dan lincah. Game yang diangkat dari serial TV Star Wars Rebels ini memang cukup menghibur namun juga menantang. Belum lagi, faktanya, memang tidak banyak game platformer Side-Scrolling 3D yang seluwes ini di platform mobile.

Sayangnya, game ini hanya mengijinkan Anda bermain 6 level tanpa bayar. Untuk memainkan 30 tambahan level, Anda harus merogoh kocek Anda.

 

9. Star Wars: Republic Commando (2005)

Xbox, Microsoft Windows

swrcd_5

Game FPS klasik yang satu ini kami masukkan di sini jika Anda tidak suka game FPS multiplayer. Pasalnya, Republic Commando sekarang sudah tidak lagi mendukung network multiplayer. Jadi, yang bisa Anda lakukan adalah memainkan Single Player Campaign-nya.

Meski demikian, game lawas ini cukup asik dimainkan. Feel menembaknya memang tidak seasik game-game modern namun ia sempat membuat kami lupa waktu saat memainkannya. Satu aspek yang membuatnya asik dimainkan adalah aspek taktis-nya. Di sini Anda bisa mengatur strategi 3 karakter NPC yang menemani Anda mengalahkan musuh-musuh. Sayangnya, aspek ini tidak hanya jadi kelebihan — karena Anda akan sangat sulit mengalahkan musuh tanpa taktik — namun juga kekurangan karena AI-nya yang pas-pasan.

 

10. Star Wars: TIE Fighter (1994)

Microsoft Windows, DOS, Mac OS

starwars-tiefighter

Inilah game paling lawas yang ada di daftar ini. Meski begitu, game ini begitu legendaris dan fenomenal di jamannya. Game Space Flight Simulator ini merupakan sequel dari Star Wars: X-Wing. Di sini Anda akan bermain sebagai seorang pilot pesawat Imperial yang mengambil setting waktu di antara Episode V dan Episode 6. Di sini, Anda bisa memilih sudut pandang first person ataupun third person dalam mengemudikan pesawat jet luar angkasa.

Walaupun judulnya TIE Fighter, Anda juga bisa mengendarai TIE Bomber, TIE Interceptor, dan TIE Advanced dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tiap pesawat akan membutuhkan taktik dan pendekatannya sendiri. Walaupun grafisnya termasuk buruk untuk ukuran saat ini, tapi konsepnya sungguh mengasyikkan. Misi yang diberikan tidak hanya terbatas menyerang armada musuh saja, tapi juga melindungi pesawat induk atau menghancurkan kargo penting musuh.

Mengesampingkan kualitas grafisnya yang jadoel, game ini tetap menyenangkan untuk dimainkan.

11. LEGO Star Wars: The Complete Saga

Wii, PlayStation 3, Nintendo DS, Xbox 360, Android, Microsoft Windows, iOS, Mac OS

lego-starwars

Anda ingin mengenalkan trilogi Star Wars + Prequel-nya ke anak atau adik Anda? Tidak ada yang lebih cocok dari game yang satu ini — selain mengajak mereka menonton filmnya, tentu saja.

Game ini menceritakan ulang duo trilogi Star Wars dari Episode I sampai VI dengan gaya LEGO yang unyu dan lucu yang dikombinasikan dengan gameplay ala game LEGO pada umumnya. Ia memang sangat mudah dimainkan karena memang ditujukan untuk kaum muda (walau kami juga tidak akan menyalahkan Anda jika Anda bisa bersenang-senang dengannya). Plus, Anda bisa memainkan game ini berdua sembari bersenang-senang dan mengajarkan generasi muda tentang legenda sci-fi paling epik yang pernah ada.

 

12. Angry Birds Star Wars 2

Android, iOS

angrybirds-starwars

Ya ampun.. Ngapain ada game Angry Birds nangkring di sini? Well, kami seringkali berada di situasi bosan tingkat akut di lokasi antah berantah (baca: di salon, toko sepatu, di ruang tunggu rumah sakit, di rumah mertua, di kelurahan, dan lainnya)

Kami juga kadang hanya ingin menghabiskan waktu dengan hal-hal yang riang tanpa perlu banyak berpikir. Plus, Angry Birds Star Wars ini sebenarnya hasil kawin silang yang cukup berhasil. Anda tetap mendapatkan basis gameplay ala Angry Birds namun dengan tema, seperti skill, grafis, suara, ala Star Wars. Kami yakin tidak sedikit dari Anda yang penasaran bagaimana jadinya jika burung-burung pemarah itu mendapatkan lightsaber, menggunakan Force, pistol laser, dan senjata lain untuk mengalahkan para babi ^,^

 

Verified by MonsterInsights