Mengenal Aplikasi Samsung Smart Manager

Di Playstore saat ini sangat mudah dijumpai beragam jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan lagi kinerja smartphone, seperti misalnya aplikasi pembersih RAM hingga proteksi antivirus.

Faktanya, jumlah aplikasi sejenis yang sangat banyak itu malah menimbulkan kebingungan untuk pengguna terutama yang kurang paham dengan teknologi. Nah, untuk lebih mempermudah penggunanya Samsung punya solusi yang lebih praktis dengan memperkenalkan sebuah aplikasi bernama Samsung Smart Manager yang pertama kali muncul di Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S6 Edge.

Samsung smart manager-1

Dalam satu aplikasi Smart Manager dari Samsung ini menawarkan 4 fitur utama. Diantaranya Battery Manager, Storage Manager, RAM Manager dan Device Security Manager.

Samsung smart manager-2

Di Battery Manager, Anda bisa lebih mudah memantau pemakaian baterai dan mengetahui estimasi daya tahan baterai saat digunakan sehari-hari. Bahkan, dengan mudah Anda juga dimungkinkan untuk melihat aplikasi apa yang paling menyedot baterai saat layar non aktif. Di sini pun bisa ditemukan opsi untuk penghematan baterai dengan menyalakan opsi Power saving mode atau Ultra Power Saving Mode.

Samsung smart manager-3

Fitur selanjutnya adalah storage manager. Fitur ini tidak hanya menyediakan informasi mengenai penggunaan memori internal smartphone saja. Tapi, ada fitur pintar lain yang ditawarkannya yaitu fitur pembersih otomatis data-data yang dianggap tidak penting yang ada di smartphone. Hanya dengan sekali klik langsung bisa melegakan memori internal smartphone. Selain itu, pengguna juga bisa dengan bebas menghapus file atau data yang sudah tidak diinginkan yang ada di memori internal smartphone lewat opsi User Data.

Samsung smart manager-4

Untuk membebaskan smartphone dari masalah lemot, fitur RAM Manager akan menampilkan informasi aplikasi apa saja yang sedang aktif berjalan di smartphone. Jika melihat satu aplikasi yang menyedot RAM paling banyak, pengguna bisa langsung menutup aplikasi tersebut. Atau, dengan memilih opsi “END All” semua aplikasi yang berjalan akan ditutup semua dan kinerja smartphone Anda akan kembali gegas seperti semula dengan cara yang sangat mudah.

Samsung smart manager-5

Yang terakhir adalah Device Security Manager. Seperti namanya, fitur ini menawarkan fitur pengaman. Device Security Manager didukung solusi Anti-Malware dari Intel Security dan McAfee untuk mengamankan smartphone dari bahaya virus atau Malware. Selain itu, tersedia juga hadir opsi untuk mengaktifkan fitur Samsung KNOX yang bisa dipilih untuk mengaktifkan sebuah zona pribadi dengan deretan aplikasi yang hanya bisa diakses oleh Anda saja.

Verified by MonsterInsights