[IFA 2015] Philips Ambilux: TV 4K dengan Proyektor Terintegrasi

Di IFA 2015 Philips berhasil menyedot perhatian dengan mengumumkan TV 4K perdananya yang diberi nama Philips Ambilux.

Philips Ambilux-1

TV ini sangat unik karena bisa memproyeksikan semua visual yang diputar di TV ke bidang yang ada di belakangnya. Ini berkat hadirnya 9 buah proyektor mini yang telah ditanam di balik panelnya. Pada prakteknya, proyektor mini di Philips Ambilux hadir hanya untuk menghasilkan trik visual saja dan bukan digunakan untuk menikmati konten yang ada di TV.

Philips AmbiLux-2

svg%3E

Visual yang dihasilkan proyektor tersebut tujuannya untuk menciptakan suasana pencahayaan di ruangan agar pengguna bisa menikmati pengalaman menonton yang lebih baik. Bahkan, saat memutar sebuah video klip dan memilih mode Ambilight Music yang dimilikinya, proyeksi visual tingkat pencahayaan dari proyektor dapat menyesuaikan irama musik yang diputar.

Dari sisi ukuran, Philips Ambilux TV hadir dalam ukuran 65 inci dengan panel 4K (3840 x 2160 pixel) yang dirancang nyaris tanpa bingkai. Tata suaranya diperkuat speaker 30W dengan dukungan DTS dan telah dilengkapi 4 port HDMI 2.0 dan 3 port USB 3.0 untuk terhubung ke perangkat lain.

TV ini juga menjalankan sistem operasi Android TV dengan dukungan memori internal 16GB yang cukup lapang untuk diisi beragam aplikasi atau game dari Google Play Store. Selain itu, dalam paket pembeliannya Philips Ambilux TV juga telah disertai dengan remote yang telah dilengkapi dengan keyboard QWERTY, swipe pad, dan mendukung perintah suara.

Philips belum merilis harga resmi dari Philips Ambilux ini. Rencananya, Philips Ambilux akan mulai dipasarkan di kuartal empat tahun 2015.