Apple iPhone 6s dan 6s Plus: Pertama dengan Fitur 3D Touch, Mampu Rekam Video 4K

Melanjutkan tradisinya, Apple kini secara resmi mengumumkan generasi terbaru iPhone 6 yaitu iPhone 6s dan 6s Plus. Selain menawarkan peningkatan performa, sederetan fitur inovatif juga turut hadir melengkapinya.

iphone 6s-1

Performa lebih kencang
iPhone 6s A9-1
Sentuhan pembaruan pertama yang dibawa oleh Apple iPhone 6s dan 6s plus adalah SoC baru yang lebih kencang. SoC A9 yang diusungnya kini menjanjikan performa CPU yang 70% lebih cepat dari SoC A8 yang digunakan iPhone 6. Performa grafisnya pun turut meningkat hingga 90% lebih cepat. S0C A9 ini juga dipadukan dengan co-prosesor motion M9 terbaru yang akan terus berkerja untuk memantau jumlah langkah kaki Anda dan membantu Siri untuk selalu aktif.

Kamera Lebih Baik, mampu rekam video 4K
iPhone 6s 4K-1

iPhone 6s dan 6s Plus kini dilengkapi dengan kamera 12 megapixel, menggantikan sensor 8 megapixel yang digunakan iPhone 6 dan 6 plus. Selain menjajikan hasil foto yang lebih baik, iPhone 6s dan 6s Plus juga menjadi iPhone pertama yang mampu menghasilkan foto panorama hingga resolusi 63 megapixel dan bisa merekam video hingga resolusi 4K (3840 x 2160 pixel).

iPhone 6s retina flash-1

Untuk Anda yang gemar selfie, kamera depannya kini meningkat dari sensor dengan resolusi 1.2 megapixel ke sensor 5 megapixel. Agar foto selfie Anda maksimal, iPhone 6s dan 6s Plus dilengkapi dengan fitur Retina Flash yang secara otomatis akan meningkatkan tingkat pencahayaan layarnya hingga 3 kali lebih terang untuk menerangi wajah Anda.

Selain itu, kemampuan memotretnya juga mendapat dukungan kendali exposure, mode timer, deteksi wajah dan fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang hanya tersedia untuk Apple iPhone 6s Plus. Satu tambahan fitur baru yang turut diperkenalkan Apple adalah Live Photos. Dengan fitur ini Anda bisa menghasilkan satu foto yang diawali dengan sebuah rekaman video berdurasi singkat.

Layar tambah canggih dengan 3D Touch
Kecanggihan Apple iPhone 6s dan 6s Plus selanjutnya dapat dijumpai di sektor layarnya. Untuk pertama kalinya, Apple menyematkan teknologi baru di layar retina HD iPhone yang diberi nama 3D Touch.

svg%3E

Teknologi terbaru dari layar Multi-touch ini memungkinkan layar bisa merasakan seberapa keras jari Anda menekan layarnya. Selain bisa merespon gestur multi-touch seperti mengetuk, menyapu, dan mencubit layarnya, 3D Touch juga menawarkan 2 respon tambahan yaitu Peek dan Pop.

peek and pop-1

Peek dan Pop memungkinkan pengguna untuk bisa melihat semua jenis konten dan bisa langsung diakses tanpa harus membuka konten tersebut. Sebagai contoh, di aplikasi email dengan menekan layar tidak terlalu keras Anda bisa langsung mengintip isi konten pesan yang ada di inbox email. Jika ingin membukanya, Anda hanya perlu tekan sedikit lebih keras untuk membuka keseluruhan konten email tersebut.

peek and pop-2

Pada prakteknya, teknologi 3D Touch ini juga memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan banyak hal dengan lebih cepat berkat dukungan Quick Actions. Misalnya, saat di tampilan layar utama Anda bisa menekan ikon aplikasi panggilan telepon. Lalu akan muncul daftar kontak yang sudah Anda buat sebelumnya agar bisa melakukan panggilan tanpa harus lagi mengakses aplikasi daftar kontak.

Untuk lebih jelasnya berikut video mengenai teknologi 3D Touch

Seperti iPhone 6 sebelumnya, iPhone 6s dan 6s Plus tetap hadir dengan layar 4.7 inci yang resolusinya 1334 x 750 pixel untuk iPhone 6s dan layar 5.5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixel untuk iPhone 6s Plus. iPhone 6s dan 6s Plus juga hadir dengan satu warna baru yaitu Rose Gold.

iphone 6s warna-1

iPhone 6s dan 6s Plus akan tersedia mulai 25 September 2015. Keduanya akan tersedia dalam kapasitas 16GB, 64GB, dan 128GB. Untuk iPhone 6s harganya dibanderol mulai dari US$649 untuk model 16GB atau sekitar Rp9.200.000. Belum ada info kapan keduanya akan hadir di Indonesia.